9/19/2023

Diktis Kemenag Buka Program Persiapan Studi Lanjut (PPSL) S1 - S2, Inilah Syarat Daftar dan Jadwal Pendaftarannya

Pendaftaran Program Persiapan Studi Lanjut (PPSL) bagi siswa MA/ SMA/ Sederajat dan mahasiswa S1 dibuka oleh Direktorat Perguruan Tinggi Islam Kementrian Agama (Diktis Kemenag). Program yang bertujuan untuk menyiapkan kuliah S1 bagi siswa MA/ SMA/ sederajat dan S2 (bagi mahasiswa yang menempuh S1) tersebut dibuka mulai tanggal 4 hingga 29 September 2023. 

Dilansir dari laman Kemenag, disampaikan bahwa program tersebut merupakan atensi terhadap minimnya jumlah masyarakat Indonesia yang melanjutkan pendidikannya ke jenjang perguruan tinggi. Indonesia bila dibandingkan dengan negara- negara maju seperti Kanada, Jepang, Israel, Korea Selatan dan Inggris,  masih tertinggal dalam hal jumlah warga yang berpendidikan tinggi.

https://beasiswa.kemenag.go.id/


Sebagai bagian dari Program Beasiswa Indonesia Bangkit, Program Persiapan Studi Lanjut (PPSL) akan berlangsung selama satu semester dengan beberapa keuntungan yang dapat diperoleh yaitu living cost dan biaya pendidikan serta bimbingan.

Adapun sistem dari PPSl sendiri adalah Blended Learning Online dimana pelaksanaannya dilakukan dengan sistem hybrid, secara asynchronous dan synchronous (online). Hal tersebut akan memudahkan siswa dalam mengakses  materi pelajaran sesuai dengan jadwal. 

Syarat Daftar PPSL
Syarat untuk mendaftar PPSL adalah sebagai berikut :
  1. Pendaftar merupakan warga negara Indonesia (WNI)
  2. Pendaftar merupakan siswa sekolah di bawah binaan Kemenag seperti MA/ MAK atau yang sederajat
  3. Untuk PPSL S2, pendaftar merupakan mahasiswa S1 minimal semester 7 pada tahun akademik 2023/ 2024.
  4. Pendaftar dari siswa/ guru/ tenaga kependidikan memiliki surat rekomendasi dari kepala satuan pendidikan dan bagi mahasiswa/ alumni PTK/ PBSB, mempunyai surat rekomendasi dari ketua prodi.
  5. Pendaftar menandatangani surat pernyataan di atas materai 
  6. Pendaftar memiliki sertifikat kemampuan bahasa Inggris dengan ketentuan sebagai berikut :
  7. Pendaftar PPSL S1 : Skor TOEFL iTP minimal 500, TOEFL iBT minimal 61 TOEFL CBT minimal 173, IELTS minimal 5,5 atau Duolingo English Test (DET) minimal 100
  8. Pendaftar PPSL S2: Skor tes TOEFL ITP minimal 525, TOEFL iBT minimal 80, TOEFL CBT minimal 214, IELTS minimal 6,0 atau Duolingo English Test (DET) minimal 115

Syarat Dokumen
Bagi yang berminat, dapat mendaftar melalui laman PPSL Kemenag https://beasiswa.kemenag.go.id/program-persiapan-studi-lanjut-ppsl/. Sebelum daftar, persiapkan beberapa dokumen untuk isian form online dan diunggah diantaranya :
  1. Isian Data Diri Pendaftar 
  2. Pas Foto
  3. Scan asli Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga
  4. Scan asli Sertifikat Kompetensi Bahasa Inggris yang dipersyaratkan dan masih berlaku
  5. Scan Asli Surat Pernyataan Komitmen dan Integritas
  6. Scan Asli Surat Rekomendasi
  7. Scan Asli Surat Pernyataan Belum Pernah Mengikuti Kegiatan
  8. Esai Motivasi

Timeline Pendaftaran
  • 28 Agustus - 22 September 2023 : Pendaftaran PPSL
  • 23 - 29 September 2023 : Seleksi Administrasi
  • 05 - 06 Oktober 2023 : Placement Test
  • 11 Oktober 2023 :  Pengumuman Kelulusan
  • 12 Oktober 2023 - 28 Februari 2024 : Pelaksanaan Program

Demikian informasi tentang Pendaftaran Program Persiapan Studi Lanjut (PPSL) bagi siswa MA/ SMA/ Sederajat dan mahasiswa S1 oleh Diktis Kemenag. Yuk segara daftar sebelum tenggat waktu habis. Keep it up...

Semoga Bermanfaat

Salam. 

No comments:

Post a Comment