9/25/2023

Butuh Referensi Konten Digital Pendidikan? Laman Web Kemdikbudristek ini Akan Membantu

Bagi teman- teman yang sedang membutuhkan akses informasi berkaitan dengan bidang pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi dengan cepat, tepat dan akurat, maka layanan ini wajib dicoba. Layanan tersebut adalah repositori institusi kementrian pendidikan kebudayaan, riset dan teknologi republik Indonesia. 

Gambar oleh Kranich17 dari Pixabay

Layanan tersebut menyediakan akses terbuka secara online kapada masyarakat berkaitan dengan informasi yang mencakup bidang pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi yang telah dihasilkan oleh seluruh unit kerja di lingkungan Kemendikbudristek.  Layanan ini sangat tepat buat teman- teman yang sedang melakoni penyusunan karya tulis, skripsi, tesis yang sedang mencari sumber- sumber relevan berkaitan dengan topik yang ditulis. 

Seperti dilansir dari web resminya, Repositori institusi Kemendikbudristek merupakan sarana yang digunakan oleh perpustakaan Kemendikbusristek dalam mengumpulkan seluruh karya dalam berbagai format untuk dapat digunakan dan diakses secara luas oleh masyarakat. Layanan ini menyediakan ribuan koleksi Repositori yang dapat diunduh secara gratis tanpa melakukan login. 

Adapun seluruh materi dalam Repositori Institusi Kemendikbudristek menggunakan lisensi Creative Common CC BY-NC 4.0 dimana informasi yang diperlukan dan digunakan harus mencantumkan atribut sumber dan tidak dalam tujuan komersial. Jadi, dalam penggunaan seluruh dokumen yang dapat diunduh nantinya, tetaplah pencantuman atribut merupakan hal yang utama dan penting. 

Untuk dapat mengunduh berbagai sumber yang dibutuhkan, silahkan buka repositori institusi Kemendikbudristek di laman https://repositori.kemdikbud.go.id/view/subjects/.

Pada bagian bilah kiri laman, silahkan pilih "Browse" lalu pilih opsi pencarian berdasarkan tahun (browse by years), pencarian berdasarkan subject (browse by subjects), pencarian berdasarkan divisi (browse by divisions) maupun pencarian berdasarkan pengarang atau penulis (browse by authors). 

Pada pencarian berdasarkan berdasarkan tahun, teman- teman dapat menemukan hasil karya dalam rentang waktu tahun 1917 hingga tahun 2023 ini. Sementara itu pada pencarian berdasarkan subject, maka dapat ditemukan daftar atau list subjek mulai dari subjek pendidikan yang mencakup bahasa dan kesusastraan, buku sekolah, guru dan tenaga kependidikan, kebijakan umum kemdikbud, teknologi informasi dan sebagainya. 

Pada bagian divisions, maka dapat ditemukan berbagai sumber yang berasal dari daerah- daerah di Indonesia. 

Pencarian pengarang atau penulis memungkinkan pembaca untuk melakukan pencarian hasil karya berdasarkan pengarang atau penulis karya tersebut. Terdapat indeks A hingga Z yang akan memudahkan pencarian berdasarkan nama pengarang atau penulis.

No comments:

Post a Comment