9/30/2023

Mengenal Perubahan Biologi, Pengertian dan Contohnya

Perubahan energi yang terkandung dalam materi dapat menyebabkan perubahan materi. Perubahan tersebut dapat diakibatkan beberapa faktor misalnya, pendinginan, pemanasan maupun faktor lainnya. Sesuatu dapat disebut berubah apabila berubah massanya, volume atau berubah menjadi materi lainnya. Adapun contoh dari perubahan - perubahan materi dalam kehidupan sehari- hari adalah besi berkarat, kapur barus yang menyublim, es yang mencair, air yang mendidih dan menjadi uap, dan sebagainya. 

Perubahan biologi adalah salah satu dari jenis perubahan materi yang terjadi selain perubahan fisika dan perubahan kimia. Perubahan biologi merupakan salah satu bentuk perubahan wujud yang disebabkan oleh organisme biotik. Organisme- organisme biotik yang berperan dalam perubahan biologi adalah jamur, bakteri dan lumut. Perubahan biologi memiliki ciri khusus yaitu adanya penambahan substansi (irreversible) dan menghasilkan zat baru. 

Perubahan biologi seringkali ditemukan dalam kehidupan kita sehari- hari, seperti proses fotosintesis, pembusukan, pelapukan dan proses fermentasi. 

Image by 2023852 from Pixabay


Fotosintesis 
Fotosintesis didefinisikan sebagai suatu proses pembentukan karbohidrat (membuat makanan sendiri) oleh tumbuhan. Namun, tidak semua tumbuhan mampu melakukan proses fotosintesis. Tumbuhan yang memiliki klorofil (zat hijau daun) yang mampu membuat makanan sendiri. 

Proses fotosintesis berlangsung dengan mengolah air dan karbondioksida dengan bantuan sinar matahari dan menghasilkan oksigen serta karbondioksida. 

Pembusukan 
Proses pembusukan pada makanan terjadi karena adanya mikroorganisme yang menyebabkan makanan membusuk. Makanan yang mengalami pembusukan akan mengalami perubahan seperti mengeluarkan bau, berlendir dan kadang mengeluarkan gas. Contoh dari peristiwa pembusukan adalah pembusukan pada roti yang ditandai dengan jamur- jamur di permukaan atau sekitar roti. 

Pelapukan 
Pelapukan merupakan peristiwa perubahan bentuk dan sifat benda yang dapat disebabkan makhluk hidup maupun benda mati. Pelapukan yang disebabkan oleh makhluk hidup disebut pelapukan biologis. Contoh makhluk hidup yang berperan sebagai agen pelapukan adalah rayap, bakteri, dan jamur. 

Pelapukan yang disebabkan oleh perubahan kegiatan fisis disebut pelapukan fisik atau mekanik. Faktor yang menyebabkan pelapukan fisik diantaranya suhu, tekanan, hujan, sinar matahari, angin dan gelombang laut.

Sementara pelapukan yang diakibatkan oleh zat kimia dapat menyebabkan penguraian pada struktur benda. Peristiwa tersebut dikenal sebagai pelapukan kimia. Contoh dari pelapukan kimia adalah reaksi antara batuan dan kapur air.

Demikian tentang perubahan biologi baik secara definisi maupun contoh- contohnya. Semoga pembelajaran ini memudahkan teman- teman yang belajar materi IPAS SMK kelas 10 semester 1 Kurikulum Merdeka. 

Semoga Bermanfaat.

Salam. 

No comments:

Post a Comment