9/04/2023

Mengenal Cara Perkembangbiakan Hewan Secara Generatif dan Vegetatif, Pengertian dan Contohnya

Perkembangbiakan secara generatif juga terjadi pada hewan, dimana perkembangbiakan tersebut dapat dilakukan dengan cara bertelur, melahirkan, dan bertelur melahirkan. Sementara itu, perkembangbiakan hewan secara vegetatif dilakukan tanpa melalui pembuahan. Perkembangbiakan secara vegetatif pada hewan dilakukan dengan fragmentasi dan tunas. Berikut uraian lengkapnya,

A. Perkembangbiakan Hewan secara Generatif

1. Perkembangbiakan generatif dengan bertelur
Perkembangbiakan secara generatif dengan bertelur dikenal juga dengan ovipar. Pada perkembangbiakan ini, embrio akan berkembang di dalam telur hingga menetas. Selanjutnya, induk akan mengeluarkan telur dan telur tersebut akan menetas diluar tubuh induknya. Perkembangbiakan hewan secara ovipar terjadi pada hewan seperti berikut ini,
  • Berbagai jenis ikan 
  • Kelompok amfibi
  • Berbagai jenis burung (unggas) ; ayam, itik, burung
  • Beberapa jenis reptil seperti ular kobra, kura- kura- buaya dan tokek.

2. Perkembangbiakan generatif dengan melahirkan
Perkembangbiakan hewan secara generatif dengan melahirkan disebut juga dengan istilah vivipar. Dalam prosesnya, hewan yang berkembangbiak dengan cara vivipar juga menghasilkan telur, namun bukan telur yang bercangkang. Telur tersebut juga tidak dikeluarkan dari hewan betina. Telur yang telah dibuahi akan tumbuh dan berkembang menjadi calon bayi. Selanjutnya, calon bayi tersebut akan tumbuh di dalam tubuh induknya hingga sempurna dan dilahirkan. 

Source : Pixabay


Hewan yang dilahirkan memiliki beberapa ciri tertentu seperti memiliki daun telinga, bernapas dengan paru- paru, dan memiliki puting susu. Hewan yang berkembangbiak dengan cara ini dikenal juga dengans ebutan mamalia. Adapun contoh dari hewan mamalia afdalah kelelawar, sapi, kerbau, kuda, kambing, kucing, dan paus. 

3. Perkembangbiakan generatif dengan bertelur- melahirkan
Perkembangbiakan hewan secara bertelur- melahirkan disebut juga dengan sebutan ovovivipar. Dalam prosesnya, hewan yang berkembangbiak dengan cara ini akan bertelur embrio akan berkembang di dalam tubuhnya hingga menetas. Selanjutnya individu baru akan keluar dari tubuh induk melalui proses menetas. 

Hewan- hewan yang berkembangbiak dengan cara ini adalah ular boa, ular piton, ular sanca, dan beberapa jenis kadal. Selain itu terdapat hewan laut seperti kuda laut, ikan hiu macan, dan beberapa jenis ikan pari. 

B. Perkembangbiakan Hewan secara Vegetatif
Perkembangbiakan hewan secara vegetatif merupakan perkembangbiakan hewan yang dilakukan tanpa melalui proses pembuahan. Perkembangbiakan hewan secara vegetatif pada hewan dilakukan secara fragmentasi dan tunas. 

a. Fragmentasi
Fragmentasi merupakan perkembangbiakan hewan dengan cara memotong bagian tubuhnya menjadi beberapa bagian dimana bagian- bagian tersebut dapat menjadi individu baru. Artinya, hewan- hewan dapat membentuk individu baru dari potongan tubuhnya. Fragmentasi terjadi pada perkembangbiakan hewan planaria, bintang laut, dan hewan spons.

b. Tunas
Perkembangbiakan hewan dengan tunas terjadi dari tumbuhnya tunas dari tubuh induk dan berkembang menjadi individu yang baru. Contoh hewan yang berkembang biak dengan cara tunas adalah anemon laut, ubur- ubur dan Hydra. 

Demikian Cara Perkembangbiakan Hewan Secara Generatif dan Vegetatif, Pengertian dan Contohnya. Materi ini dapat ditemukan pada pembelajaran IPA/ IPAS di jenjang sekolah dasar. Selamat belajar dan semoga bermanfaat.

Salam.

No comments:

Post a Comment