9/17/2023

Materi IPAS Kelas 10 SMA - SMK: Pencemaran Udara, Pengertian, Penyebab dan Dampak Bagi Lingkungan

Udara merupakan salah satu komponen penting yang paling berpengaruh terhadap kelangsungan kehidupan biotik di muka bumi. Udara mengandung senyawa- senyawa dalam bentuk gas yang dibutuhkan oleh seluruh makhluk hidup, seperti oksigen. 

Udara yang bagus akan berpengaruh terhadap kualitas kehidupan makhluk hidup, sebaliknya kualitas udara yang buruk akan berpengaruh terhadap kesehatan manusia dan hewan. Kualitas udara yang buruk disebabkan oleh pencemaran udara.

Gambar oleh Sathish kumar Periyasamy dari Pixabay

Pencemaran udara merupakan suatu kondisi udara yang mengandung subtansi baik fisik maupun biologi, senyawa kimia yang berakibat buruk terhadap kesehatan makhluk hidup baik manusia, hewan dan tumbuhan. Ada beberapa polutan yang merupakan penyebab dari pencemaran udara diantaranya sebagai berikut,

Karbon Monoksida (CO) 
Karbon monoksida (CO) merupakan polutan hasil dari pembakaran yang tidak sempurna pada kendaraan bermotor. Karbon monoksida tidak memiliki bau dan rasa, namun apabila gas ini terhirup oleh manusia, maka hemoglobin yang berfungsi mengangkut oksigen dalam darah akan diikat oleh gas tersebut sehingga menyebabkan kurangnya kadar pasokan oksigen. 

Karbon dioksida (CO2) 
Karbon dioksida (CO2) merupakan gas yang diperlukan dalam proses fotosintesis. Meskipun berguna dalam proses fotosintesis, kadar CO2 yang terlalu banyak akan menyebabkan pemanasan global karena gas tersebut dapat menghalangi pemancaran panas dari bumi hingga panas kembali dipantulkan ke bumi kembali. Peristiwa ini juga dikenal sebagai efek rumah kaca. 

Kloroflourokarbon (CFC)
Gas CFC merupakan gas yang banyak dipergunakan dalam industri, seeprti pengembang busa, pendingin AC dan lemari es, dan bahan penyemprot parfum maupun hairspray. Gas CFC akan beraksi dengan ozon yang akibatnya membentuk lubang ozon. Ozon sendiri merupakan pelindung bumi dari sinar ultraviolet. Sinar ultraviolet yang menembus bumi akan berdampak pada kesehatan manusia seperti kanker dan menurunnya kekebalan tubuh. Selain itu bagi lingkungan, sinar ultraviolet juga akan menyebabkan matinya alga yang akan merusak ekosistem laut.

Sulfur Oksigen (SO)
Sulfur oksigen dapat menyebabkan hujan asam apabila bereaksi dengan uap air di udara. Hujan asam yang turun kebumi dapat menyebabkan kerusakan pada berbagai perabotan yang terbuat dari besi dan kayu. Hujan asam juga dapat menyebabkan matinya tumbuhan  dan hewan. Sulfur oksida bagi kesehatan manusia dapat mengakibatkan gangguan pada pernapasan yaitu penyempitan saluran pernapasan. 

Nitrogen Dioksida (NO2)
Nitrogen Oksida (NO) dihasilkan oleh pembakaran bahan bakar kendaraan bermotor. Gas nitrogen dioksida memiliki bau yang tajam dan berwarna cokelat kemerahan. NO2 sangat berbahaya bagi manusia, pasalnya, dapat menyebabkan gangguan napas, dan sumber karsinogen sebagai pemicu kanker. 

Dampak Pencemaran Udara
Adapun dampak yang ditimbulkan dari pencemaran udara adalah sebagai berikut :
  • Munculnya gangguan pada kesehatan manusia seperti gangguan pernapasan batuk dan penyakit pernapasan.
  • Terjadinya pemanasan global yang menyebabkan perubahan pola iklim yang tidak menentu. Hal ini menyebabkan peningkatan suhu global dan mencairnya es kutub.
  • Efek hujan asam menyebabkan gangguan pada pertumbuhan tanaman.
  • Pelapukan dan korosi terjadi pada bangunan
  • Pemudaran warna cat bangunan

Demikian Materi IPAS Kelas 10 SMA - SMK: Pencemaran Udara, Pengertian, Ciri- Ciri dan Dampak  Bagi Lingkungan. Semoga materi ini membantu teman- teman dalam mempelajari materi pencemaran udara. 

Selamat belajar.

No comments:

Post a Comment