9/09/2023

Seleksi CPNS 2023, Inilah Instansi yang Mensyaratkan Sertifikat TOEFL, Yuk Persiapkan

Pendaftaran Seleksi CPNS 2023 akan dilaksanakan pada bulan September ini. Disamping persyaratan umum, setiap instansi memiliki persyaratan khusus sebagai kelengkapan dokumen yang harus diunggah saat pendaftaran seperti sertifikat TOEFL. Berdasarkan pendaftaran pada tahun- tahun sebelumnya, beberapa instansi memang mengharuskan untuk melengkapi persyaratan pendaftarannya dengan Sertifikat TOEFL ini. 

Gambar oleh fancycrave1 dari Pixabay

Apa saja instansi yang mewajibkan tes TOEFL sebagai salah satu syarat pendaftaran pada seleksi CPNS 2023, Berikut ini rincian beberapa kementrian yang pada tahun ini juga mensyaratkan sertifikat TOEFL untuk pelamarnya.

Kementrian Luar Negeri
Kementrian Luar Negeri (Kemenlu) mewajibkan bukti sertifikat TOEFL dalam seleksi CPNS di instansinya. Dalam formasi Diplomat, misalnya, setiap pelamar haruslah memiliki skor TOEFL minimal 550.  Sementara itu untuk formasi Pranata Informasi Diplomatik wajib memiliki sertifikat TOEFL dengan skor 475. Sedangkan untuk jabatan pelaksana lainnya, pelamar dipersyaratkan memiliki skor TOEFL 450.

Kementrian Dalam Negeri
Kementrian Dalam Negeri juga mengharuskan bukti sertifikat tes TOEFL untuk diunggah. Adapun skor yang diwajibkan adalah minimal 450.

Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral 
Para pelamar di Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) wajib memiliki sertifikat TOEFL dengan skor minimal 450.

Lampiran sertifikat wajib untuk semua pelamar di Kementrian ESDM kecuali untuk jabatan Pengamat Gunung Api, Mualim Kapal, Penyandang Disanbilitas dan putra/ putri Papua/ Papua Barat.

Kementrian Perindustrian 
Bagi pelamar formasi untuk kebutuhan guru dan dosen, Kementrian Perindustrian (Kemenperin) wajib melampirkan sertifikat TOEFL yang masih berlaku dengan skor minimal 475. Sementara itu untuk pelamar pada unit kerja Direktorat Jenderal ketahanan, Perwilayahan dan Akes Industri Internasional, skor TOEFL yang dipersyaratkan adalah 500.

Kementrian Kesehatan 
Sertifikat TOEFL pada seleksi CPNS di Kementrian Kesehatan diperuntukkan untuk jabatan dosen asisten ahli.

Kementrian Komunikasi dan Informatika
Kemkominfo mengharuskan setiap pelamarnya untuk mengunggah sertifikat TOEFL dengan skor minimal 450 atau IELTS dengan skor 4 dan TOEIC dengan skor 605. Syarat sertifikat TOEFL ini terkecuali bagi putra putri Papua dan Papua Barat. 

Badan Kepegawaian Negara
Seluruh pelamar pada semua jabatan diwajibkan mengunggah lampiran sertifikat TOEFL dengan skor minimal 450.

Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) 
Syarat sertifikat TOEFL disertakan dengan skor minimal 450 sebagai tambahan penilaian pada seleksi di Kemetrian PUPR.

Kementrian BUMN
Kementrian BUMN juga merupakan kementrian yang mengharuskan pelamarnya melampirkan sertifikat TOEFL. Adapun skor minimal yang dipersyaratkan adalah 450. 

Kementrian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi 
Setiap pelamar di Kementrian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi  (Kemenkomarves) wajib melalmpirkan sertifikat TOEFL dengan skor minimal 450. Sertifikat TOEFL dengan skor tersebut diperuntukkan kepada semua jabatan terkecuali Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dengan skor minimal 550. 

Demikian Kementrian - Kementrian yang mensyaratkan sertifikat TOEFL untuk para pelamarnya. Yuk disiapkan ya dan jangan lupa untuk belajar materi TOEFL di AhzaaNet saja...

Semoga Sukses.

No comments:

Post a Comment