9/23/2023

Kapan Survei Lingkungan Belajar (Sulingjar) SMP/ MTs Dilaksanakan? Inilah Jadwal Lengkapnya

Sulingjar merupakan alat ukur yang diperuntukkan untuk memberikan evaluasi dan pemetaan terkait aspek pendukung kualitas pembelajaran di lingkungan satuan pendidikan. Sulingjar berisikan pertanyaan - pertanyaan yang disesuaikan dengan perspektif masing- masing responden. Setiap jawaban dari masing- masing responden akan dapat memengaruhi gambaran umum iklim belajar dan iklim satuan pendidikan. 

Image by Gerd Altmann from Pixabay

Meskipun diisikan oleh guru dan kepala sekolah, namun, hasil dari Sulingjar tersebut tidak dilaporkan sebagai hasil individu mereka melainkan hasilnya dilaporkan sebagai hasil dari satuan pendidikan. Hasil Sulingjar tersebut kemudian akan dijadikan bagian dari data profil pendidikan dan rapor masing- masing satuan pendidikan dan pemerintah daerah yang memberikan gambaran kualitas atau mutu pendidikan masing- masing. 

Survei lingkungan belajar (sulingjar) untuk jenjang SMP/ MTs akan dilaksanakan mulai tanggal 25 September 2023. Sulingjar tersebut akan dapat dikerjakan selama dua minggu melalui pengerjaan secara daring tanpa pengawasan. Selain itu, guru dan kepala sekolah akan dapat mengerjakannya dimana saja asalkan terdapat akses internet. Berikut jadwal lengkap dari pelaksanaan Sulingjar SMP/ MTs tahun 2023. 

Jadwal Sulingjar SMP/ MTs
Dikutip dari Dashboard Sulingjar, proses pelaksanaan Sulingjar untuk jenjang SMP/ MTs adalah sebagai berikut :
  • 22 September 2023 : Cut Off data peserta Sulingjar 
  • 24 September 2023 : Cetak Kartu Login 
  • 25 September - 8 Oktober 2023 : Pelaksanaan Sulingjar

Cara Pengisian Survei
Untuk mengisikan survei, guru dan kepala sekolah harus mendapatkan kartu login dari Operator Dapodik. Kemudian lakukan login user ke laman https://surveilingkunganbelajar.kemdikbud.go.id/.
 
Pada halaman login Sulingjar, Isikan NPSN dan Token sesuai dengan yang tertulis pada kartu login. Inputkan NIK yang terdaftar pada pendataan DAPODIK/EMIS. 

Selanjutnya ketikkan tanggal lahir sesuai dengan yang tertulis pada kartu login dan klik tombol ‘Login”. Ketika login berhasil, web aplikasi akan memastikan data yang disajikan sesuai. Untuk memulai mengisikan survei, klik tombol “Mulai”. 

Jumlah Pertanyaan
Ada sekitar 129 pertanyaan maupun pernyataan yang mesti diisikan oleh setiap responden. Responden dapat mengisikannya sesuai dengan kondisi masing- masing. Sebagai tambahan informasi, survei dapat dikerjakan melalui smartphone atau komputer dekstop/ laptop. 

Demikian tentang survei lingkungan belajar (sulingjar) untuk jenjang SMP/ MTs yang akan dilaksanakan pada tanggal 25 September 2023.hingga 8 Oktober 2023 Semoga informasi ini bermanfaat untuk teman- teman yang akan mengerjakan survei ini. Selamat mengerjakan. 

Salam.

No comments:

Post a Comment