8/29/2023

ANBK 2023 jenjang SMA/ SMK/ SMALB/ Paket C Sederajat Gelombang 1 Memasuki Hari Terakhir, Subtes ini yang Diujikan

Pelaksanaan ANBK 2023 jenjang SMA/ SMK/ SMALB/ Paket C sederajat gelombang pertama sudah memasuki hari kedua (29/08/2023). Pada hari kedua ini ada dua subtes yang siswa kerjakan diantaranya numerasi dan survei lingkungan belajar. Sebelum melakoni untuk mengerjakan subtes numerasi dan survey lingkungan belajar, para peserta asesmen mengerjakan latihan soal terlebih dahulu dengan durasi waktu 10 menit.

Image by Gerd Altmann from Pixabay

Ada beberapa instruksi dalam pelaksanaan asesmen hari Selasa, 29 Agustus 2023. Melansir dari halaman user admin web anbk, terdapat enam poin yang menjadi tahapan dari pelaksanaan asesmen hari kedua tersebut diantaranya :

1. Proktor menjalankan dan melakukan login ke browser melalui exambrowser. 
2. ID Proktor sendiri akan diaktifkan pada pukul 06.30 waktu setempat.
3. Setelah berhasil masuk ke Dashboard browser, masuk ke menu status tes dan pilih Daftar tes. 
4. Adapun daftar tes yang dipilih adalah UTMANBKA23H2 dan kemudian pilih sesuai dengan sesi-nya. 
5. Proktor selanjutnya dapat menekan rilis token. 
- Token sesi pertama akan dibuka pada pukul 07.20 waktu setempat
- Token sesi kedua akan dibuka pada pukul 10.30 waktu setempat.
- Token sesi 3 akan dibuka pada pukul 14.10 waktu setempat.

6. Setelah token dirilis, masuk ke menu kelompok tes. 

Mengaktifkan Peserta Asesmen
Untuk mengaktifkan peserta login tes, klik status tes, lalu pilih pada peserta tes yang tidak aktif dan tampilkan. Peserta tes yang belum aktif tersebut akan langsung tampil pada bagian bawah layar. Selanjutnya centang semua siswa yang belum aktif dan pilih Assign All

Setelah semua peserta login diaktifkan, maka instruksikan peserta untuk mulai melakukan login masuk melalui browser perangkat mereka masing- masing.

Subtes Ujian Hari Kedua ANBK 2023 Gelombang 1
Pada pelaksanaan anbk 2023 hari kedua gelombang 1 ini, siswa akan mengerjakan 3 subtes yaitu 
- Subtes 1 adalah Latihan dengan durasi 10 Menit,
- Subtes 2 adalah Numerasi dengan surasi 90 Menit,
- Subtes 3 adalah Survei Lingkungan Belajar dengan durasi 30 Menit;

Pada setiap subtes akan terdapat jeda antartes 1 menit yang ditandai dengan tombol MULAI berwarna biru.  Peserta dapat keluar dari halaman tes dengan memastikan kembali ke HALAMAN LOGIN. 

Fitur Baru di ANBK 2023
Pada pelaksanaan ANBK tahun 2023 ini,  terdapat validasi data peserta Asesmen Nasional melalui unggah foto peserta didik yang menjadi sampel AN. Hal ini sebagai langkah meningkatkan kualitas dan integritas penyelenggaraan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Tahun 2023. 

Setiap satuan pendidikan dapat mempersiapkan pas foto peserta didik yang terpilih menjadi sampel AN dan mengunggah pas foto peserta didik yang terpilih menjadi sampel AN pada laman https://anbk.kemdikbud.go.id/ pada menu Asesmen Nasional – Kartu Login. Selain itu satuan pendidikan penyelenggaran anbk juga dapat mengaktifkan kamera pada saat pelaksanaan anbk baik gladi bersih maupun utama, dan wajib bagi satuan pendidikan yang perangkat komputernya tersedia kamera. 

Demikian informasi Pelaksanaan ANBK 2023 jenjang SMA/ SMK/ SMALB/ Paket C sederajat gelombang pertama hari kedua. Semoga informasi ini membantu teman- teman yang bertugas dalam pelaksanaan ANBK 2023 ini. 

Terima Kasih.

No comments:

Post a Comment