8/23/2023

Mengenal SAT Reasoning Test, Struktur Tes, Skor, Cara Pendaftaran dan Biayanya

Memiliki hasil nilai tes kemahiran dalam berbahasa Inggris masih menjadi persyaratan wajib untuk dapat berkuliah di luar negeri khususnya yang menempuh jalur beasiswa. Sebut saja TOEFL, IELTS, GRE, dan SAT sebagai tes kemahiran untuk berkuliah. 

Nah, jenis ujian yang disebut paling akhir, SAT, inilah yang akan saya bahas pada artikel kali ini. Sebenarnya apakah SAT itu, struktur tesnya dan sistem penskorannya, simak yaa ulasannya berikut ini.

Pixabay
Apa itu SAT?
SAT ( Scholastic Assessment Test) merupakan tes berbasis kertas yang lazim digunakan oleh banyak universitas dan perguruan tinggi terutama di Amerika Serikat dalam penerimaan mahasiswa baru. Tes ini diciptakan oleh College Board, sebuah lembaga yang ada di Amerika Serikat. 

Saat ini, SAT yang merujuk pada singkatan Scholastic Assessment Test sering disebut sebagai SAT Reasoning Test. Adapun tujuan dari SAT ini adalah untuk mengevaluasi pengetahuan sekolah menengah dan menguji keterampilan yang diperlukan untuk menempuh perguruan tinggi. 

Struktur SAT
Ada dua bagian utama dari SAT yaitu dua bagian utama dan bagian opsional. Dua bagian utama tersebut meliputi Tes Membaca, Tes Menulis & Bahasa dan Uji Matematika dan bagian opsional yaitu esai SAT. 

Tes Membaca: 65 menit
Tes membaca bertujuan untuk mengevaluasi kemampuan dalam  memperhatikan, memproses, dan menggunakan informasi yang baru. Dalam tes membaca ini, tidak melibatkan menghafal kata atau fakta, dan peserta tes tidak perlu memiliki pengetahuan sebelumnya tentang topik yang diujikan. Adapun topik tes dapat berupa sastra atau informasi tertentu.

Durasi ujian membaca (reading) adalah 65 menit dengan 52 soal pilihan ganda. Ada tiga kategori tipe pertanyaan yang diujikan diantaranya sebagai berikut :
  • pertanyaan yang mengevaluasi kemampuan untuk memahami apa yang dikatakan suatu bagian secara langsung atau tidak langsung
  • pertanyaan yang mengevaluasi kemampuan untuk memahami bagaimana pesan atau ide disampaikan
  • pertanyaan yang mengevaluasi kemampuan untuk menarik kesimpulan dan membuat hubungan antara berbagai paragraf, ide, atau grafik (misalnya bagan, tabel)

Tes Menulis (writing)
Tes menulis bertujuan mengevaluasi kemampuan dalam menemukan dan memperbaiki kesalahan guna meningkatkan kualitas teks secara keseluruhan. Teks yang diujikan dapat berupa naratif, argumentatif, atau deskripsi.

Prinsip tes menulis sama dengan tes membaca sebelumnya yaitu tidak diperlukan pengetahuan sebelumnya tentang topik tes yang diujikan.

Durasi pengerjaan soal menulis adalah 35 menit dalam 44 soal pertanyaan pilihan ganda. Topik utama  biasanya berasal dari bidang - bidang seperti karier, sains, humaniora, dan sejarah atau studi sosial.

Soal piliah ganda menulis dapat dibagi menjadi dua kategori utama yaitu sebagai berikut :
  • pertanyaan yang mengevaluasi kemampuan untuk meningkatkan aliran ide dan cara pengorganisasiannya, serta efektivitas dan kejelasan bahasa
  • pertanyaan yang mengevaluasi kemampuan untuk mengidentifikasi dan memperbaiki kesalahan terkait tata bahasa, struktur, tanda baca, dan penggunaan kata.

Tes Matematika 
Tes matematika bertujuan untuk mengevaluasi skemampuan dalam praktik matematika, aljabar, dan alat strategis untuk memecahkan masalah. Kinerja pada bagian ini akan mencerminkan kemampuan dalam memecahkan masalah di kelas Sains atau Matematika khususnya di perguruan tinggi atau dalam kehidupan profesional dan pribadi di masa depan.

Ada dua sub bagian tes matematika ini yaitu sebagai berikut :
  • Tes matematika dengan kalkulator dengan durasi 55 menit untuk menjawab 38 soal.
  • Tes Matematik Tanpa Kalkulator dengan durasi 25 menit untuk menjawab 25 soal.

Dari seluruh soal dalam Tes Matematika, sekitar 80% adalah pilihan ganda. Terdapat tiga kategori utama dalam soal Matematika SAT yaitu

  • Pertanyaan yang mengevaluasi kemampuan untuk bekerja dan memecahkan persamaan aljabar.
  • Pertanyaan yang mengevaluasi kemampuan untuk bekerja dengan grafik, tabel, rasio, persentase, dan alasan untuk memecahkan masalah dunia nyata
  • Pertanyaan yang mengevaluasi kemampuan untuk bekerja dengan persamaan dan fungsi matematika yang lebih kompleks.

Esai SAT: 50 menit
Tes esai SAT bersifat opsional. Tes yang memiliki durasi 50 menit ini bertujuan untuk mengevaluasi kemampuan Anda dalam menggunakan bahasa dan keterampilan analitis untuk menulis esai. 

Tes esai mencakup penjelasan bagaimana peserta ujian menulis suatu bagian atau teks pendek membangun argumen mereka. Adapun Topik tulisan bersifat umum, sehingga tidak diperlukan pengetahuan sebelumnya.

Penilaian dari tes esai SAT adalah sebagai berikut :
  • Seberapa baik peserta tes  memahami sebuah teks dan poin utamanya (baik langsung maupun tersirat)
  • seberapa baik peserta tes menganalisis satu atau beberapa poin atau argumen (misalnya bagaimana poin atau argumen tersebut diungkapkan, metode apa yang digunakan)
  • seberapa baik peserta tes dapat menyusun dan menulis esai Anda (misalnya struktur paragraf, menghubungkan ide, penggunaan tata bahasa)

Skor SAT
Total skor SAT berkisar antara 400 dan 1,600 yang terdiri atas
  • Bagian Membaca dan Menulis : 200-800
  • Bagian matematika: 200-800
  • Bagian esai: tiga skor yang berkisar antara 2-8. Skor untuk bagian esai, yang bersifat opsional, diberikan secara terpisah dan tidak mempengaruhi skor lainnya.

Setiap perguruan tinggi kemungkinan menentukan standar skor SAT bagi para calon mahasiswanya. Sebagai contoh, berikut gambaran umum skor dari perguruan tinggi
  • 1.050 (sekitar 500 di kedua bagian) adalah skor SAT rata-rata
  • 1.100–1.200 (sekitar 550-600 di kedua bagian) adalah skor SAT di atas rata-rata
  • 1,250–1,350 (sekitar 650 per bagian) dianggap sebagai skor SAT yang baik
  • 1.300–1.450 dianggap sebagai skor SAT yang sangat bagus
  • 1.400–1.500 dianggap sebagai skor SAT yang bagus
 
Bagaimana cara mendaftar SAT?
Pendaftaran tes SAT biasanya dilakukan  5 minggu sebelum tes berlangsung. Hal ini akan memberikan cukup waktu untuk keterlambatan pendaftaran atau apabila terdapat perubahan pada kesalahan registrasi yang dilakukan.

Jadwal SAT
Jadwal SAT untuk tahun 2021-2023 dapat dilihat melalui web resmi college board

Test centre
Ada beberapa pusat tes (test centre) di Indonesia diantaranya tersebar di beberapa kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Medan, Salatiga, Denpasar, dan sebagainya. Tempat tes sesuai domisili teman- teman dapat dilihat melalui laman test centre SAT. 


Biaya SAT
Biaya pendaftaran SAT adalah 55 USD di AS, tetapi mungkin ada tambahan biaya di negara lain.

Itulah informasi tentang SAT, struktur tes, skor, cara pendaftaran dan biayanya. Semoga informasi di atas membantu teman- teman yang berencana mengikuti tes ini. Salam. 

No comments:

Post a Comment