8/02/2023

Beasiswa Unggulan Kemendikbudristek untuk Jenjang S1 Hingga S3 Dibuka 3 Agustus 2023, Inilah Kelebihannya

Beasiswa Unggulan 2023 Kementrian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi dibuka mulai 3 Agustus 2023. Melalui laman resmi Beasiswa Unggulan Kemdikbudristek, https://beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id, para pendaftar dapat memulai untuk melakukan registrasi pada tanggal yang ditentukan. 

Beasiswa Unggulan Kemdikbudristek merupakan beasiswa yang ditujukan kepada putra- putri terbaik bangsa Indonesia pada perguruan tinggi dari jenjang S1 hingga S3. Beasiswa ini terdiri atas Beasiswa Masyarakat Berprestasi, Beasiswa Pegawai Kemendikbudristek, Beasiswa Unggulan Penyandang Disabilitas, dan Beasiswa Penghargaan. Beasiswa Masyarakat Berprestasi merupakan Beasiswa Unggulan yang diberikan bagi masyarakat yang memiliki kemampuan intelektual, emosional, dan spiritual untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang sarjana, magister, dan doktor. Sementara itu Beasiswa Pegawai Kementrian adalah Beasiswa Unggulan yang diberikan bagi pegawai Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang magister dan doktor. 
Ilustrasi Beasiswa/ Source : Beasiswa Unggulan Kemdikbud


Ada beberapa keuntungan yang didapatkan bagi para penerima beasiswa Unggulan Kemendikbud Ristek untuk kategori masyarakat berprestasi diantaranya biaya pendidikan, biaya hidup, dan biaya buku. 

Biaya pendidikan selama kuliah yang meliputi Uang Kuliah Tunggal (UKT) pada perguruan tinggi negeri (PTN) maupun SPP pada perguruan Tinggi Swasta (PTS) akan ditanggung oleh Beasiswa Unggulan Kemendikbud. 

Selain itu, Beasiswa Unggulan Kemendikbud juga menanggung biaya bantuan hidup selama berkuliah yang besarannya dapat mencapai 1,4 juta per bulan. Beasiswa Unggulan Kemdikbud juga mengcover bantuan pengadaan buku selama kuliah. Besaran biaya buku antar- mahasiswa relatif sama antara satu dengan lainnya. 

Sementara itu beasiswa untuk Pegawai Kemendikbud Ristek jenjang S2 dan S3 mencakup biaya pendidikan, biaya hidup, biaya buku, biaya penelitian, tunjangan awal kuliah, transport tujuan studi pulang pergi dan dana pengembangan. 

Adapun untuk dapat mendaftar beasiswa Unggulan 2023 Kemendikbud Ristek 2023, ada beberapa persyaratan yang mesti dipenuhi. 

Persyaratan Umum Pendaftar 
Pendaftar diutamakan memiliki sertifikat yang membuktikan prestasi akademik atau non akademik tingkat internasional dan atau nasional. Pendaftar juga harus mendapatkan rekomendasi dari institusi terkait dan tidak sedang menerima beasiswa sejeni dari sumber APBN dan/ APBD dengan komponen pembiayaan yang sama. 

Pendaftar juga harus diterima pada perguruan tinggi negeri (PTN) dalam negeri yang berada di bawah binaan Kemendikbud Ristek dengan minimal akreditasi institusi dan program studi B atau sangat baik. Pendaftar juga masih aktif dan terdaftar pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti). 

Adapun persyaratan khusus tergantung pada jenis beasiswa Unggulan Kemedikbud Ristek 2023 yang dipilih oleh masing- masing pendaftar. 

Informasi selengkapnya tentang program Beasiswa Unggulan Kemendikbud 2023 dapat dilihat dan dicermati pada laman https://beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id

No comments:

Post a Comment