8/29/2023

Teks Laporan Percobaan, Pengertian, Ciri- Ciri, Struktur, Unsur Kebahasaan dan Contohnya

Laporan didefinisikan sebagai teks yang menyajikan informasi tentang sesuatu sebagaimana adanya dengan melaporkannya dalam bentuk hasil observasi dan analisis yang sistematis. Dari definisi tersebut, teks laporan percobaan merupakan teks yang menceritakan tentang percobaan yang dilakukan oleh peneliti. Teks  laporan percobaan digunakan untuk melaporkan hasil percobaan , karya ilmiah, atau laporan hasil praktikum. Adapun tujuan dari teks laporan percobaan adalah untuk memberikan informasi kepada orang lain tentang hasil percobaan yang telah dibuat. 

Gambar oleh Hermann Traub dari Pixabay

Teks laporan percobaan memiliki ciri- ciri yang spesifik diantaranya laporan yang bersifat fakta, objektif, hasil yang lengkap dan sempurna serta tidak melibatkan unsur- unsur yang menyimpang seperti propaganda. Selain itu, teks laporan percobaan juga disusun dengan sajian yang menatrik, baik dalam hal tata bahasa yang jelas, isi yang valid, termasuk susunan teks yang logis. 

Struktur Teks
Seperti halnya teks- teks lainnya, teks laporan percobaan memiliki struktur teks tertentu, diantaranya sebagai berikut :
  • Memiliki pernyataan umum yang berisikan gambaran serta tujuan sesuatu yang dibahas secara rinci dan detail.
  • Memiliki uraian yang berisikan alat dan bahan serta langkah- langkah atau prosedur percobaan, hasil maupun kesimpulan tentang sesuatu yang dibahas tersebut.

Ciri- ciri kebahasaan Teks Laporan Percobaan 
Teks laporan percobaan memiliki ciri- ciri kebahasaan yaitu :
  • Memperkenalkan aspek umum atau kelompok 
  • Menggunakan kata tugas hubungan logisuntuk menjaga tulisan agar tetap koheren. Kata tugas yang dimaksud seperti kata ketika, maka, sehingga, dan sebagainya
  • Menggunakan kalimat aktif
  • Menggunakan kata kerja aktif untuk menggambarkan proses dan aksi
  • Menggunakan istilah teknis tertentu.

Contoh Teks Laporan Percobaan 

Tanaman Hidroponik

Tanaman hidroponik dalam dunia pertanian dianggap sebagai terobosan baru untuk menanam tanaman tanpa melibatkan unsur media tanah, dan menggantinya dengan media air. Adapun penanaman menggunakan sistem hidroponik pada dasarnya sama dengan penanaman melalui media tanah. 

Alat dan Bahan 
Tunas Tanaman 
Media hidroponik 
air 

Langkah- langkah
Pindahkan tunas tanaman yanhg telah melewati proses pembenihan pada media hidroponik. 
Masukkan air ke dalam media hidroponik dan letakkan pada tempat yang tinggi atau digantung.

Hasil 
Melalui cara di atas, tanaman yang ditanam dengan media hidroponik adan lebih menghemat air, karena tidak perlu disiram tiap hari. Selain itu tanaman juga dapat menambah nilai estetika sebagai hiasan rumah.

Kesimpulan 
Tanaman hidroponik dapat digunakan sebagai tanaman hias yang dapat mempercantik rumah, disamping juga menghemat penggunaan air. 

Itulah tentang teks laporan percobaan, ciri- ciri, struktur, unsur kebahasaan dan contohnya. Semoga pembahasan materi di atas dapat membantu teman- teman dalam belajar bahasa Indonesia khususnya untuk materi teks laporan percobaan. 

Semoga Bermanfaat. 


No comments:

Post a Comment