8/05/2023

Mengenal Uji kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI), Persyaratan Terbaru dan Wajib Beasiswa Unggulan 2023

Pendaftaran Beasiswa Unggulan 2023 sudah digulirkan per tanggal 3 Agustus 2023 yang lalu. Pendaftaran yang akan ditutup tanggal 17 Agustus 2023 tersebut merupakan program pembiayaan pendidikan dari pemerintah Indonesia kepada putra- putri terbaik bangsa. 

Beasiswa tersebut memberikan biaya pendidikan untuk jenjang S1 hingga S3. Ada beberapa persyaratan yang harus diketahui oleh para pendaftar, salah satunya yang terbaru dan wajib adalah adanya  Sertifikat Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) yang diterbitkan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbudristek. 

Photo by Jonas Jacobsson on Unsplas

Persyaratan ini termasuk dalam persyaratan yang wajib dipenuhi baik untuk tujuan perguruan tinggi di dalam negeri maupun luar negeri. Nah, sebenarnya apakah sih UKBI itu? Bagaimana cara Memerolehnya? Simak yaa ulasannya berikut ini.

Apa Itu UKBI?
Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) adalah tes yang mengukur kemampuan seseorang dalam berbahasa Indonesia secara lisan dan tulis. UKBI dikembangkan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 


Tes ini terdiri dari lima bagian, yaitu mendengarkan, membaca, menulis, berbicara, dan merespons kaidah. UKBI dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti seleksi penerimaan mahasiswa baru, pegawai negeri sipil, dan profesi tertentu.

Manfaat Tes UKBI
Beberapa manfaat tes UKBI diantaranya berikut ini,
  • UKBI dapat digunakan untuk mengukur kemampuan berbahasa Indonesia seseorang.
  • UKBI dapat digunakan sebagai syarat untuk mengikuti seleksi penerimaan mahasiswa baru, pegawai negeri sipil, dan profesi tertentu.
  • UKBI dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Indonesia seseorang.

Pelaksanaan Tes UKBI
Tes UKBI dilaksanakan secara daring. Para peserta tes dapat mengikuti tes di rumah atau di tempat lain yang memiliki akses internet. Tes UKBI terdiri dari lima bagian, yaitu mendengarkan, membaca, menulis, berbicara, dan merespons kaidah. Setiap bagian tes memiliki waktu yang berbeda-beda.

Sertifikat Tes UKBI
Setelah mengikuti tes UKBI, para peserta tes akan mendapatkan sertifikat. Sertifikat UKBI ini berlaku selama dua tahun. Sertifikat UKBI dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti seleksi penerimaan mahasiswa baru, pegawai negeri sipil, dan profesi tertentu.

Predikat Tes UKBI

Tes UKBI memiliki beberapa  predikat yang menunjukkan tingkat kemampuan berbahasa Indonesia seseorang. Semakin tinggi predikat yang diperoleh, maka semakin tinggi pula kemampuan berbahasa Indonesia seseorang. Berikut rinciannya,
  1. Istimewa (725-800)
  2. Sangat Unggul (641-724)
  3. Unggul (578-640)
  4. Madya (482-577)
  5. Semenjana (405-481)
  6. Marginal (326-404)
  7. Terbatas (251-325)


Persyaratan Tes UKBI
Untuk mengikuti tes UKBI, para peserta tes harus memenuhi persyaratan berikut:
  • Perangkat komputer atau laptop yang memiliki fitur kamera dan dilengkapi dengan penguat pendengaran (head seat/earphone).
  • email yang aktif.
  • Akses internet yang stabil dengan kecepatan minimal 10 Mbps.
  • Foto kartu identitas yang berlaku.
  • Pasfoto digital.

Para peserta tes dapat mendaftar tes UKBI secara online melalui laman https://ukbi.kemdikbud.go.id. Pendaftaran tes UKBI biasanya dibuka setiap bulan.

Itulah tentang UKBI, persyaratan terbaru dan wajib Beasiswa Unggulan 2023. Semoga informasi ini bermanfaat. 

Salam.

No comments:

Post a Comment