8/24/2023

Pendaftaran Program Beasiswa Kepemimpinan TELADAN Tanoto Foundation 2024 Dibuka Hingga 1 Oktober 2023, Cek Syarat dan Jadwal Seleksinya

Program Beasiswa Kepemimpinan TELADAN Tanoto Foundation 2024 Dibuka Hingga 1 Oktober 2023. Beasiswa untuk mahasiswa program sarjana reguler semester pertama tersebut dikhususkan untuk mahasiswa yang memiliki prestasi, berpengalaman dalam organisasi serta memiliki jiwa kepemimpinan yang baik.

Program Beasiswa Kepemimpinan TELADAN 2024


Program TELADAN merupakan program yang diinisiasi oleh Tanoto Foundation ditujukan untuk generasi unggul dan pemimpin masa depan untuk mengusung dampak positif bagi Indonesia. 

Ada sembilan perguruan tinggi yang bermitra dengan Program TELADAN Tanoto Foundation diantaranya Universitas Indonesia, IPB University, ITB, Universitas Brawijaya, Universitas Hasanudin, Universitas Diponegoro, Universitas Gadjah Mada, Universitas Riau, Universitas Sumatra Utara dan Universitas Mulawarman. 

Manfaat Program Beasiswa TELADAN Tanoto Foundation
Disitat dari laman resminya, Bagi mahasiswa yang terpilih dalam Program Beasiswa TELADAN akan mendapatkan berbagai keuntungan dan dukungan dalam berbagai bidang, yaitu dukungan pengembangan Kepemimpinan yang mengembangkan pengetahuan dan kemampuan kepemimpinan secara terstruktur dan berkesinambungan dalam tiga tahap yaitu kepemimpinan diri pada semester 2 hingga 4, kepemimpinan terhadap lainnya pada semester 5 sampai 6 dan persiapan untuk tahap profesional pada semester 7 hingga 8. Ketiganya mencakup pengetahuan baru, pengembangan diri sebagai pemimpin, pembelajaran berbasis proyek, serta persiapan pengembangan karier, yang disertai dengan kesempatan berkontribusi kembali untuk masyarakat.

Selain itu, terdapat dukungan Pengembangan TELADAN yang terdiri dari dukungan untuk mengikuti kegiatan pengayaan. Adapun kegiatan- kegiatan tersebut meliputi :
  1. Tanoto Scholars Association (TSA) yang hadir di setiap perguruan tinggi mitra Tanoto Foundation sebagai wadah/komunitas untuk Tanoto Scholars bertemu dan berinteraksi sebagai satu keluarga baru
  2. Pay It Forward Initiative: salah satu kegiatan yang dilakukan oleh TSA untuk memberikan dampak positif secara langsung dan terus-menerus kepada komunitas/masyarakat di sekitar tempat tinggal Tanoto Scholars
  3. Tanoto Scholars Gathering (TSG): aktivitas tahunan yang mempertemukan Tanoto Scholars dari semua perguruan tinggi mitra untuk melakukan kegiatan pengembangan diri, sebagai transisi dari tahapan Lead Self ke Lead Others
  4. Tanoto Student Research Award (TSRA): kegiatan tahunan berupa dukungan dana dan pelatihan riset bagi mahasiswa di perguruan tinggi mitra, dan terbuka untuk mahasiswa di perguruan tinggi mitra tersebut
  5. Internship: kesempatan bagi Tanoto Scholars untuk mendapatkan pengalaman magang di Tanoto Foundation, di kelompok perusahaan Royal Golden Eagle (RGE), ataupun di industry mitra lainnya
  6. Sponsorship: kesempatan bagi Tanoto Scholars untuk mendapatkan dukungan finansial tambahan dalam rangka mengikuti kompetisi, konferensi, maupun sertifikasi pengembangan kompetensi untuk persiapan karir baik di dalam maupun di luar negeri
  7. Global Experiences Program: kesempatan bagi para Tanoto Scholars yang berprestasi untuk mendapatkan pengalaman global dan membangun jejaring internasional melalui program jangka pendek di dalam dan di luar negeri, seperti summer course, exchange program, volunteering, dan lainnya.

Selain kedua manfaat di atas, Beasiswa Tanoto juga akan memberikan biaya kuliah secara penuh yang dibayarkan kepada mitra perguruan tinggi. Disamping itu, akan diberikan juga  tunjangan biaya hidup kepada penerima beasiswa. 

Keuntungan lain dari beasiswa Tanoto Foundation adalah tersedianya jaringan alumni penerima beasiswa yang saling terkoneksi untuk sama- sama memberikan inspirasi dan kegiatan pengembangan profesional dan peningkatan kapasitas sesuai dengan kebutuhan perkembangan dunia. 

Syarat Pendaftaran 
Untuk mendaftar ada beberapa syarat yang diperlukan yaitu :
  1. Warga Negara Indonesia (WNI) dan terdaftar sebagai mahasiswa reguler (S1) semester pertama di salah satu perguruan tinggi mitra program TELADAN.
  2. Memiliki komitmen  untuk mengikuti Program Pengembangan Kepemimpinan selama masa Program TELADAN (Semester 2 – Semester 8).
  3. Menunjukkan potensi kepemimpinan yang kuat serta berkomitmen untuk berkontribusi pada masyarakat dan pembangunan bangsa.
  4. Mampu berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia dengan baik, kemampuan berbahasa Inggris dan bahasa internasional lainnya akan menjadi nilai tambah.
  5. Memiliki prestasi akademik (minimum nilai rata-rata rapor Kelas XII SMA/SMK/MA adalah 8 dari skala 10) dan non-akademik seperti pengalaman organisasi kesiswaan, komunitas sosial, atau terkait lainnya.
  6. Sedang tidak menerima beasiswa atau mengikuti program dukungan finansial lainnya, dan bersedia tidak menerima beasiswa atau program finansial lainnya ataupun program pengembangan kepemimpinan sejenis apabila terpilih dalam program TELADAN.

Timeline Pendaftaran
  • 17 Agustus-1 Oktober 2023 : Pendaftaran
  • 6-10 Oktober 2023 : Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi: 
  • 12-18 Oktober 2023 : Seleksi Tahap 1
  • 1-7 November 2023 : Pengumuman Hasil Tahap 1
  • 13-15 November 2023 : Seleksi Tahap 2
  • 21-26 November 2023 : Pengumuman Hasil Tahap 2
  • 4-22 Desember 2023 : Seleksi Tahap 3
  • 25-31 Januari 2024 : Pengumuman Akhir


Bagi teman- teman yang berminat mendaftar beasiswa ini, dapat melakukan pendaftaran diri secara online pada website Tanoto Foundation .

Semoga Bermanfaat.

No comments:

Post a Comment