8/10/2023

Mengapa Matematika Begitu Penting? Inilah Alasannya

Kita menggunakan matematika setiap hari dalam setiap aspek kehidupan kita, baik di sekolah, di rumah, maupun di lingkungan kita dalam berbagai kepentingan. Satu hal yang membuat matematika menjadi begitu istimewa adalah matematika dapat dianggap sebagai baahsa universal yang memiliki arti sama di seluruh dunia. Melalui Matematika, kita dapat beranjak menuju ide- ide dan inovasi baru. 

Mengapa Matematika begitu penting?
Matematika tidak dapat terlewatkan dalam kehidupan sehari- hari dan digunakan untuk berbagai keperluan seperti mengukur, memecah, menghitung, dan sebagainya. 

Matematika juga berkaitan dengan literasi keuangan yang menjadi sebuah keterampilan penting yang harus dikuasai oleh setiap orang. Dengan ilmu matematika, tentunya tidak akan kesulitan lagi untuk menghemat pengeluaran, membuat keputusan berkaitan dengan perencanaan keuangan maupun dalam menganggarkan sesuatu. 

Source : Pixabay

Matematika juga berkaitan dengan banyak manfaat lain seperti meningkatkan pemahaman dan pengaturan emosi, memori dan keterampilan pemecahan yang baik. 

Salah satu pertanyaan yang umum dilontarkan oleh para siswa baik pada jenjang sekolah dasar, sekolah menengah pertama, maupun sekolah menengah atas, adalah kapan menerapkan keterampilan matematika yang sudah dipelajari.

Manfaat Matematika
Matematika dapat mengasah agar kita dapat berpikir secara kritis, hingga dapat mencapai sukses secara profesional, emosional maupun kognitif. Secara lengkap, berikut ini adalah beberapa manfaat dalam mempelajari matematika bagi para siswa.

Matematika dapat meningkatkan kemampuan otak
Matematika memungkinkan kita untuk melatih otak kita dengan baik. Berbagai penelitian pun menunjukkan bahwa rutin belajar matematika dapat membuat otak sehat dan berfungsi dengan baik.

Matematika dapat membantu memecahkan masalah.
Seringkali berbagai permasalahan di kehidupan sehari- hari dapat dipecahkan dengan matematika. Terbiasa mengerjakan soal matematika akan meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dengan cara menganalissi informasi penting dan kemudian memanipulasinya untuk menemukan solusi. Pasalnya, solusi kehidupan nyata ditemukan dengan matematika dan logika.

Matematika mendukung penalaran logis dan analitis
Konsep matematika lebih dari sekedar angka, namun lebih kepada pencarian solusi atas masalah. Berbagai persamaan dalam soal dapat dicari jawabannya dengan metode yang baik dan kemungkinannya ada lebih dari satu cara untuk menyelesaikannya. OLeh karena itu, penalaran logis dan pemikiran analitis akan meningkat seiring dengan keterampilan matematika. Keterampulan logika matematika sangat diperlukan di semua jenjang pendidikan. 

Matematika membantu mengembangkan pemikiran dan kreatifitas 
Matematika seringkali mengajarkan penyelesaian masalah dengan lebih dari satu cara. Hal ini tentu saja membutuhkan kreatifitas dan fleksibilitas dalam menemukan solusi.

Matematika akan menuntun karir
Berbagai macam karir membutuhkan konsep matematika seperti arsitek, akuntan, ahli statistik maupun ilmuwan. Seperti halnya CEO yang menggunakan matematika untuk menganalisis keuangan maupun desainer grafis yang menggunakan matematika untuk mengetahui skala dan proporsi sesuai desain mereka. 

Matematika mempertajam ingatan
Belajar  matematika dapat menajamkan ingatan. Belajar matematika mental yang dimulai di sekolah dasar misalnya, akan memungkinkan para siswa dapat menghafal tips dan trik yang dapat membantu mereka menyelesaikan soal. Hingga dewasa, mereka akan dapat tetap menggunakan keterampilan matematika dan menjaga ingatan mereka tetap tajam. 

Matematika mengajarkan ketekunan
Matematika akan mengajarkan ketekunan kepada anak. Saat mereka dapat menguasai konsep baru,  maka mereka dapat meneruskannya dengan mempelajari konsep dengan tingkatan yang lebih sulit. Itulah yang akan membuat mereka lebih tekun dalam belajar. 

Itulah alasan mengapa matematika begitu penting dalam kehidupan kita. Kita tidak akan terlepas dengan matematika meskipun pada awalnya bertanya- tanya untuk apakah ilmu matematika itu. Semoga alasan- alasan di atas dapat menjawab pertanyaan- pertanyaan yang berkecamuk. Bagaimana pendapat teman- teman tentang Matematika? pentingkah? Yuk tuliskan di kolom komentar ya...

Semoga bermanfaat.  

No comments:

Post a Comment