8/24/2023

Beasiswa GIST 2023 Dibuka, Bisa Kuliah di Korea Gratis, Inilah Syarat dan Tata Cara Pendaftarannya

Buat teman- teman yang ingin berkuliah di Korea secara gratis, ada informasi menarik nih, pasalnya, Gwangju Institute of Science and Technology (GIST) membuka peluang bagi mahasiswa internasional termasuk Indonesia untuk berkuliah disana melalui program beasiswa.

Dikutip dari laman resminya, gist.ac.kr, beasiswa yang disediakan akan menanggung pendanaan seperti biaya kuliah penuh, biaya matrikulasi, riset, cek kesehatan, asuransi nasional Korea (60 %) , uang saku, uang makan hingga biaya penerbangan ke Korea satu kali. 

Photo by Hello I'm Nik on Unsplash

Persyaratan Pendaftaran Beasiswa GIST 2023
Untuk mendaftar beasiswa kuliah dalam program GIST Scholarship 2023, ada beberapa persyaratan yang dibutuhkan diantaranya:
  1. Memiliki kemampuan kecakapan Bahasa Inggris yang dibuktikan dengan sertifikat tes kecakapan seperti TOEFL iBT dengan skor 60, TOEFL PBT dengan nilai skor 550, IETS dengan nilai 6,5, TOEIC dengan skor 650 atau New TEPS dengan nilai skor 285. 
  2. Bagi pelamar doktoral, harus memiliki salinan resmi ijazah dan magister dari kampus.
  3. Kandidat memiliki dokumen resmi dengan lampiran apostille atau sertifikat kedutaan Korea (diutamakan).
  4. Kandidat memiliki surat rekomendasi secara online langsung dari pemberi rekomendasi sebelum batas waktu pendaftaran dan surat rekomendasi dari ketua jurusan di kampusterakhir sebagai syarat untuk pembebasan biaya matrikulasi.
  5. Mengumpulkan fotokopi paspor pemohon

Tata Cara Pendaftaran Beasiswa GIST 2023
  • Untuk mendaftar, kandidat dapat membuka formulir pendaftaran melalui laman https://service.gist.ac.kr/admission/graduate/foreigner dan melakukan pilihan bidang studi, mengisi kolom pendaftaran dan mengunggah dokumen pendaftaran.
  • Pihak International Admission Coordinator GIST akan meninjau lamaran dan dokumen yang diunggah. Status kandidat dapat diperiksa secara berkala pada menu My Status.
  • Pihak kampus akan memberikan pemberitahuan hasil pendaftaran sekitar tanggal 30 November 2023 dan apabila diterima, kandidat diberikan waktu untuk merespon paling lambat 15 hari setelah hasil seleksi dikabarkan. 
  • Lakukan pendaftaran mahasiswa baru di GIST dan terima paket Certificate of Admission, Certificate of Financial Sponsorship serta Letter of Invitation.
  • Lakukan pendaftaran visa pelajar di Kedutaan Besar Korea Selatan di Indonesia dengan melampirkan Certificate of Admission.
  • Setelah Visa diterima, selanjutnya hubungi staf Section of International Relations (SIR) dan staf di sekolah atau departemen untuk membantu keberangkatan ke KOrea. 

Timeline Pendaftaran
  • 14 Oktober 2023 : Batas waktu Pendafataran 
  • 9 Desember 2023 : Pemberitahuan hasil pendaftaran
  • Awal Januari 2024 : Pendaftaran mahasiswa yang diterima
  • Awal Maret 2024 (Spring) : Awal Kuliah

Demikian informasi pendafatarn Beasiswa GIST Scholarship 2023. Informasi lengkap dapat dibaca melalui laman gist.ac.kr . Selamat berjuang yaa...

No comments:

Post a Comment