8/17/2023

Mengenal Ageman Songkok Singkepan Ageng, Pakaian Adat yang dikenakan Presiden Jokowi pada Upacara HUT RI Ke-78 Tahun 2023

Tanggal 17 Agustus menjadi hari yang istimewa bagi bangsa Indonesia, pasalnya, merupakan hari kemerdekaan yang menjadi puncak perjuangan bangsa Indonesia dalam melawan penjajahan di bumi pertiwi. Oleh karena itu, setiap tanggal 17 Agustus, selalu diperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI. 

Sumber : Kompas.com


Pada tahun 2023 ini, seperti tahun- tahun sebelumnya, Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-78 dirayakan di istana merdeka, dimana prosesi pengibaran bendera dan acara- acara kemeriahan kemerdekaan dilangsungkan secara istimewa. 

Salah satu yang menjadi perhatian kita semua adalah baju adat dipakai oleh Presiden kita yaitu Bapak Joko Widodo (Jokowi). Beliau setiap tahunnya selalu memakai pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia, dan tidak terkecuali pada tahun ini, pak Jokowi mengenakan pakaian adat Ageman Songkok Singkepan Ageng. Dikenakannya pakaian adat pada setiap perayaan HUT Kemerdekaan RI di Istana Negara ditujukan untuk menunjukkan bahwa bangsa Indonesia merupakan bangsa yang kaya. 

Nah, sebenarnya berasal dari manakah pakaian adat Ageman Songkok Singkepan Ageng tersebut? Yuk simak tulisan ini hingga akhir yaa...

Pakaian adat Ageman Songkok Singkepan Ageng merupakan pakaian kebesaran yang digunakan oleh Raja Pakubuwono Surakarta Hadiningrat pada acara Enggar Enggar soho Tedhak Loji. Acara tersebut merupakan sebuah acara dimana raja keluar dari keraton dengan menaiki kereta kuda untuk melihat dan meninjau kondisi rakyatnya. 

Dalam acara tersebut, raja juga membagikan sedekah kepada rakyatnya sebagai wujud cinta kasihnya kepada rakyat yang  mana istilah tersebut dikenal dengan nama Turuba.

Baju adat yang dikenakan oleh Presiden pada perfayaan HUT RI ke-78 di istana negara menggambarkan kebangsawanan dan kedudukan tinggi. Hal tersebut tercermin dari nama pakaian, yaitu ageman yang berarti pakaian kebesaran seorang bangsawan dan singkepan ageng yang berarti bentuk kerah besar sebagai ciri khas pakaian tersebut. 

Pakaian adat Ageman Singkepan Ageng memiliki beberapa bagian yaitu Baju Ageman dan Singkepan Ageng. Baju Ageman merupakan potongan baju yang dibuat panjang dan longgar dengan hiasan motif tradisional berupa bordir yang rumit. 

Selain itu terdapat juga bagian lainnya yaitu Singkepan Ageng yang berupa bentuk kerah besar dan melengkung pada bagian leher dan dada. Bagian ini menjadi ciri khas dari pakaian adat yang dikenakan. Melengkapi Baju Ageman dan  Singkepan Ageng, terdapat pula Songkok sebagai tutup kepala. Songkok yang dikenakan tersebut berwarna gelap dengan bentuk yang khas. 

Itulah tentang pakaian adat Ageman Songkok Singkepan Ageng yang dikenakan oleh Bapak Presiden Jokowi pada perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-78 tahun 2023 di Istana Merdeka. 

Teman- teman sudah tidak penasaran lagi yaa... Semoga bermanfaat. 

No comments:

Post a Comment