8/12/2023

Logo dan Tema Hari Pramuka ke-62 Tahun 2023, Berikut Link Downloadnya

Hari Pramuka yang ke -62 akan diperingati pada tanggal 14 Agustus 2023. Pada peringatan Hari Pramuka ke-62 tersebut, Kwartir Gerakan Pramuka telah mempublish tema dan logo untuk diusung, yaitu Sumber Daya Manusia yang Profesional dan Proporsional. 


Sementara itu, logo Hari Pramuka ke-62 tahun 2023, berdasarkan SK Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 068 Tahun 2023, dirinci sebagai berikut :
  • Angka 6 dan angka 2 yang menunjukkan angka 62 sebagai angka ulang tahun ke-62. 
  • Angka 6 berbentuk stilasi dari kelopak tunas dan angka 2 menopang logogram tunas yang merepresentasikan kesatuan yang kokoh. 
  • Terdapat pula logotype PRAMUKA dan tulisan tema "Sumber Daya Manusia yang Profesional dan Proporsional"

Logo 62 tahun Gerakan Pramuka tersebut dapat disosialisasikan dan digunakan dalam peringatan Hari Pramuka Tahun 2023 oleh seluruh jajaran Gerakan Pramuka. 

Gerakan Pramuka berawal dari gerakan kepanduan nasional Indonesia yang ditetapkan melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 238 tahun 1961 tertanggal 20 Mei 1961 yang selanjutnya ditegaskan melalui UU Republik Indonesia Nomor 12 tahun 2010. Dalam UU tersebut disebutkan bahwa Gerakan Pramuka merupakan organisasi yang dibentuk oleh, dari, dan untuk Pramuka sebagai perkumpulan berbadan hukum untuk menyelenggarakan pendidikan kepramukaan. 

Ada beberapa peristiwa penting yang mengiringi lahirnya Hari Pramuka tanggal 14 Agustus diantaranya sebagai berikut :
Hari Tunas Gerakan Pramuka yang merupakan pidato Presiden di hadapan tokoh dan pimpinan organisasi kepanduan tanggal 9 Maret 1961. 
Hari Permulaan Tahun Kerja, yaitu ditetapkannya tanggal 20 Mei sebagai tonggak kerja untuk pendidikan di lingkungan ketiga. Hal ini merujuk pada terbitnya Kepres Nomor 238 Tahun 1961 tanggal 20 Mei 1961 tentang Gerakan Pramuka sebagai satu- satunya organisasi kepanduan untuk menyelenggarakan pendidikan kepanduan di Indonesia dan pengesahan Anggaran Dasar (AD)Gerakan Pramuka. 

Hari Ikrar Gerakan Pramuka, yang merupakan pernyataan para wakil organisasi kepanduan di Indonesia untuk melebur dalam organisasi Gerakan Pramuka, di Istana OLahraga Senayan pada tanggal 30 Juli 1961.

Pelantikan Pengurus Pramuka yang terdiri atas Mapinas, Kwarnas dan Kwarnari di Istana Negara, disertai penganugerahan Panji- Panji Gerakan Pramuka pada tanggal 14 Agustus 1961. Selain itu juga diselenggarakan defile Pramuka sebagai pengenalan secara resmi Gerakan Pramuka kepada masyarakat Indonesia. Peristiwa terakhir inilah yang membuat tanggal 14 Agustus ditetapkan sebagai hari Pramuka. 

Buat teman- teman yang ingin mengunduh Logo dan Tema Hari Pramuka , berikut Link Unduhnya


Semoga Bermanfaat. 

No comments:

Post a Comment