8/16/2023

Cara Membuat Surat Lamaran Pekerjaan, Materi Bahasa Indonesia Kelas XII SMA/ SMK

Surat Lamaran pekerjaan merupakan salah satu syarat yang dibuat ketika seseorang akan melamar pekerjaan. Oleh karena itu, surat lamaran termasuk dalam surat pribadi yang sifatnya resmi atau formal. Surat lamaran ditujukan kepada suatu instansi sebagai permohonan untuk melamar pekerjaan sesuai dengan informasi yang didapatkan baik iklan yang ditawarkan. 

Photo by Jonas Jacobsson on Unsplas

Pengertian Surat Lamaran Pekerjaan
Disitat dari laman Kemdikbud, bahwa surat lamaran pekerjaan merupakan surat dari seseorang yang memerlukan pekerjaan kepada orang atau pejabat yang dapat memberikan pekerjaan atau jabatan. Surat lamaran pekerjaan juga merupakan surat permohonan yang dibuat oleh pencari kerja untuk dikirimkan kepada bahan usaha atau instansi agar mendapatkan pekerjaan atau jabatan sesuai dengan lowongan pekerjaan yang tersedia (Adlan dan Tanzili : 2006)

Dalam sebuah lamaran pekerjaan, ada beberapa aspek yang ditampilkan diantaranya penjelasan tentang kemampuan seseorang agar dapat terpilih sebagai kandidat yang tepat untuk menghisi lowongan tersebut. Selain itu juga terdapat kualifikasi pelamar, yang berisikan data- data pribadi pelamar dengan disertai lampiran- lampiran sebagai bahan pertimbangan bagi perusahaan atau instansi. 

Surat lamaran juga perlu menyebutkan sumber dari lamaran tersebut pada paragraf awal atau pembuka. Adapun sumber dasar surat lamaran dapat berasal dari iklan, informasi, pengumuman resmi, permohonan instansi disekolah maupun atas dasar inisiatif sendiri.

Fungsi Surat Lamaran Pekerjaan 
Surat lamaran pekerjaan dapat berfungsi sebagai tanda tertulis atau resmi pengajuan permohonan pekerjaan, sebagai alat komunikasi dan sebagai bahan pertimbangan. 

Sumber Dasar Pengajuan Surat Lamaran Pekerjaan
Teman- teman dapat membuka surat lamaran berdasarkan sumber dengan kalimat sebagai berikut :
Iklan 
  • Setelah membaca iklan yang dimuat dalam harian ... tanggal ... yang isinya menyatakan bahwa ....
  • Dalam harian ... tanggal ...  saya membaca iklan yang menyebutkan bahwa PT ... membutuhkan ... berkaitan dengan hal tersebut, maka ....

Informasi
  • Menurut informasi dari Bapak/ Ibu ... bahwa perusahaan Bapak/ Ibu membutuhkan ....

Pengumuman resmi 
  • Berkenaan dengan pengumuman nomor ... tanggal .... tentang penerimaan karyawan  PT .... maka yang bertanda tangan di bawah ini  :

Permohonan instansi pada sekolah 
  • Setelah mendapatkan informasi dari kepala sekolah tentang pemrohonan tenaga kerja ... 

Inisiatif sendiri 
  • Yang bertanda tangan di bawah ini, ... dengan ini mengajukan permohonan untuk dapat diterima sebagai karyawan pada ....

Lampiran Surat Lamaran Pekerjaan
Adapun hal- hal yang dapat dilampirkan dalam surat lamaran pekerjaan adalah sebagai berikut :
  1. Fotocopy KTP 
  2. Daftar Riwayat Hidup atau Curriculum Vitae (CV) 
  3. Fotocopy ijazah terakhir 
  4. Surat Pencari Kerja dari Disnaker 
  5. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
  6. Pas Foto 

Jenis- Jenis Surat Lamaran Pekerjaan 
Berdasarkan jenis pembuatannya, surat lamaran kerja dibedakan menjadi dua yaitu surat lamaran kerja gabungan,  yang disertai dengan Curriculum Vitae dan surat lamaran kerja terpisah, yang tidak disertai dengan curriculum vitae (CV).

Struktur Surat Lamaran Kerja
1. Tempat dan Tanggal Pembuatan  Surat
Tempat dan tanggal pembuatan surat lamaran kerja biasanya diletakkan pada bagian pojok kanan atas. Tempat dan tanggal memuat dimana dan kapan surat tersebut ditulis.

Tempat dan tanggal pembuatan surat lamaran kerja ditulis dengan diawali memakai huruf kapital dan penulisan antara tempat dan tanggal surat juga dipisahkan dengan tanda koma(,).

2. Alamat perusahaan yang dituju
Alamat perusahaan yang dituju ditulis pada bagian bawah sebelah kiri. Biasanya tujuan surat ditujukan kepada bagian Human Resource Department (HRD) perusahaan tersebut. Jika nama  bagian HRD pada perusahaan tersebut tidak diketahui namanya, maka cukup ditulis dengan kata Bapak/ Ibu ...

Contoh : 
Yth. Bapak/ Ibu HRD PT  Ahzaa Media 
Jl. Raya Truntum Nomor 19
Semarang

Penggunaan Yth ditujukan kepada subjek tertentu, namun apabila ditujukan kepada subjek tertentu, maka dapat digunakan kata "kepada". Penggunaan kedua kata tersebut secara bersamaan seharusnya dihindari.  

3. Salam Pembuka Surat 
Salam pembuka surat ditulis dengan pembuka seperti "Dengan hormat", yang kemudian diikuti oleh pembuka surat dengan kata pengantar. Biasanya untuk kata pengantar berisikan pembuka dimana penulis surat mendapatkan informasi tentang lowongan pekerjaan tersebut.

Contoh :
Dengan Hormat,
Berdasarkan informasi lowongan pekerjaan yang ditampilkan pada laman Jobstreet, maka saya bermaksud untuk mengajukan lamaran pekerjaan di perusahaan yang Bapak/ Ibu pimpin untuk menempati posisi sebagai Public Relations.

4. Isi Surat 
Pada bagian isi surat, dapat dituliskan tentang data diri, seperti nama lenghkap, tempat, tanggal lahir, alamat, nomor telepon/ HP, e-mail, serta pendidikan terakhir. Pada bagian isis surat inilah dapat disebutkan kemampuan yang dimiliki misalnya soft skill dan hard skill. 

Contoh :

Dengan ini saya
nama                             : Fira Taffana
tempat tanggal lahir      : Semarang, 17 Agustus 2001
alamat                           : Jalan Mawar  nomor 16, Semarang
e-mail                            : fira.taffana01@gmail.com
no HP                             : 089777777123

Saya merupakan fresh graduate Sarjana Ilmu Komunikasi Universitas Brawijaya. Semasa kuliah, saya aktif dalam organisasi di Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi dan pernah menjabat sebagai Ketua Divisi Media Komunikasi dan Informasi. Saya memiliki kemampuan komunikasi yang baik, kreatif, dan dapat bekerja sama dalam tim. 

5. Lampiran 
Pada bagian lampiran, dapat diisikan dokumen- dokumen yang dapat dijadikan sebagai lampiran serta pendukung sebagai persyaratan pelamar. Dokumen pelamar dapat berupa daftar riwayat hidup (CV), fotocopy ijazah, pas foto dan portofolio. Pelamar juga dapat melampirkan fotocopy sertifikat lomba, pelatihan maupun seminar pada bagian lampiran ini.

Sebagai bahan pertimbangan, berikut saya lampirkan
a. pas foto,
b. fotocopy KTP,
c. daftar riwayat hidup,
d. fotocopy ijazah terakhir,
e. fotocopy transkrip nilai, 
f. surat tanda pencari kerja,
g. SKCK,
h. sertifikat keikutsertaan organisasi.

Penulisan pada bagian lampiran ini, setiap awal baris ditulis dengan huruf kecil dan pada bagian akhir baris digunakan tanda koma, terkecuali untuk baris terakhir.

 
6. Penutup Surat
Bagian penutup berisikan harapan yang besar agar dapat diterima pada perusahaan tersebut dan diakhiri dengan ucapan terima kasih.

Contoh :
Demikian Surat Lamaran pekerjaan ini saya buat. Saya harap, Bapak/ Ibu dapat mempertimbangkan dan memberi kesempatan agar saya dapat menjelaskan potensi saya lebih rinci pada tahapan berikutnya. Atas perhatian Bapak/ Ibu, saya mengucapkan terima kasih.

7. Tanda tangan dan nama pelamar
Tanda tangan dan nama pelamar ditulis pada bagian kanan surat. 

Contoh :
Hormat saya,

(tanda tangan) 

Fira Taffana

Kaidah Kebahasaan Surat Lamaran Pekerjaan
Surat Lamaran Pekerjaan memiliki unsur kebahasaan diantaranya sebagai berikut :
1. Menggunakan bentuk surat standar
2. Menggunakan bahasa yang baik dan benar
3. Menggunakan kata- kata sopan 
4. Menggunakan kata pengantar yang jelas, singkat, padat, informatif dan tepat sasaran. 
5. Tulisan yang bersih, mudah dibaca seusai dengan ejaan
6. Melengkapi bagian surat dengan norma bahasa surat.

Itulah cara membuat surat lamaran pekerjaan. Semoga tulisan di atas dapat membantu teman- teman dalam belajar materi Bahasa Indonesia kelas 12 SMA/ SMK. 

Semoga Bermanfaat.

Salam.

No comments:

Post a Comment