7/24/2022

Kumpulan Latihan Soal Mapel PPKn Kelas 8 SMP/ MTs Semester 1 Kurikulum 2013 Lengkap

Hai sahabat Ahzaa, selamat datang kembali di AhzaaNet. Baik, pada hari ini saya akan mempublish kumpulan latihan soal untuk mapel PPKn Kelas 8 SMP/ MTs Kurikulum 2013 Semester 1 (Ganjil) secara lengkap. Seperti kita ketahui yaaa, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) merupakan salah satu mata pelajaran wajib untuk jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA. 

PPKn dirancang untuk menghasilkan siswa yang memiliki keimanan dan akhlak mulia sebagaimana diarahkan oleh falsafah hidup bangsa Indonesia, yaitu Pancasila sehingga dapat berperan sebagai warga negara yang efektif dan bertanggung jawab. Pembahasannya secara utuh mencakup Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika.

source : https://bpip.go.id/


Nah, untuk materi PPKn kelas 8 SMP/ MTs  mencakup tiga bab pokok diantaranya,
  • Bab 1 Memahami Kedudukan dan Fungsi Pancasila
  • Bab 2 Menumbuhkan Kesadaran terhadap UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
  • Bab 3 Memaknai Peraturan Perundang- Undangan
Buat teman- teman yang ingin belajar materi- materi tersebut melalui latihan soal, saya sudah sediakan kumpulan latihan soal secara lengkap berdasarkan materi yang diajarkan.

Latihan soal dibuat berdasarkan buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kurikulum 2013 terbitan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2017. 

Baik, langsung saja ya teman- teman, berikut Kumpulan Latihan Soal Mapel PPKn Kelas 8 SMP/ MTs Semester 1 Kurikulum 2013 Lengkap. Silahkan pilih latihan soal pada setiap tautan link di bawah bab (tulisan yang berwarna biru)

Kumpulan Latihan Soal Mapel PPKn Kelas 8 SMP/ MTs Semester 1 Kurikulum 2013 Lengkap

   Bab 1 Memahami Kedudukan dan Fungsi Pancasila
 A  Arti dan Kedudukan dan Fungsi Pancasila
 B  Makna Pancasila sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup
 C  Menyadari Menyadari Pentingnya Kedudukan dan Fungsi Pancasila dalam Kehidupan Bernegara
   Bab 2 Menumbuhkan Kesadaran terhadap UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
 A  Kedudukan dan Makna Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan   Kedudukan dan Fungsi UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
 B  Peraturan Perundang- Undangan dalam Sistem Hukum Nasional dan Melaksanakan dan   Mempertahankan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
   Bab 3 Memaknai Peraturan Perundang- Undangan
 A  Makna Tata Urutan Perundang- Undangan di Indonesia
 B  Proses Penyusunan Peraturan Perundang- Undangan dan Menampilkan Sikap Sesuai dengan        Peraturan Perundang-undangan
 

Semoga Bermanfaat

No comments:

Post a Comment