7/31/2022

Mengenal Soal AKM Literasi pada ANBK Kelas 5 SD/ MI, Bentuk Soal, Tips Mengerjakan dan Latihan Soal

Halo sahabat Ahzaa, kembali lagi di AhzaaNet. Baik, pada hari ini kita akan bahas tentang AKM Literasi pada ANBK Kelas 5 SD/ MI. Pemerintah menerapkan Asesmen Nasional sebagai program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. Nah, penilaian terhadap mutu satuan pendidikan akan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar seperti literasi, numerasi, dan karakter serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran. Adapun informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.

Image by Gerd Altmann from Pixabay

Pada kesempatan ini saya akan membahas salah satu dari instrumen- instrumen di atas yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Literasi. AKM literasi merupakan instrumen untuk menguji kemampuan dalam literasi. Menurut kamus online Merriam – Webster, Literasi merupakan suatu kemampuan atau kualitas melek aksara di dalam diri seseorang dimana di dalamnya terdapat kemampuan membaca, menulis dan juga mengenali serta memahami ide-ide secara visual. Tentu saja pada AKM Literasi tersebut, teman- teman akan berhadapan dengan soal- soal evaluasi berkaitan dengan teks atau bacaan. 

Perlu diketahui ya teman- teman, bahwa soal- soal yang diujikan pada AKM Literasi ANBK akan berbeda dengan soal- soal yang teman- teman hadapi biasanya. Ada beberapa poin pokok dalam soal AKM Literasi diantaranya, Soal berupa pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, menjodohkan, isian dan uraian

Pada soal- soal yang biasa teman- teman kerjakan sebelumnya, mungkin hanya akan muncul soal- soal seperti pilihan ganda, isian dan uraian saja, namun pada soal AKM literasi, teman- teman akan menghadapi bentuk- bentuk soal lain seperti pilihan ganda kompleks dan menjodohkan. 

Pada soal AKM Literasi, teman- teman akan menjumpai teks bacaan, seperti teks bacaan jenis teks  informasi maupun jenis teks fiksi. Adapun lingkup konteks bacaan dapat berupa personal, soisal budaya, maupun saintifik.

Soal- soal AKM Literasi diujikan dalam level tertentu, seperti mudah, sedang maupun sulit. Untuk level mudah misalnya, teman- teman dihadapkan pertanyaan seputar informasi berkaitan dengan teks atau bacaan. Sementara untuk level sedang, teman- teman diuji kemampuannya dalam mengintegrasi kan dan menginterpretasikan  isi dari teks atau bacaan. Pada level sulit, teman- teman diuji kemampuannya dalam hal refleksi dan evaluasi bacaan. 

Bentuk- bentuk soal AKM Literasi
Soal Pilihan Ganda
Soal pilihan ganda mungkin sering teman-teman hadapi saat ujian di sekolah. Terdiri dari pertanyaan, dengan beberapa opsi, dan satu jawaban benar yang harus dijawab.

Soal pilihan ganda kompleks
Soal pilihan ganda kompleks terdiri atas pokok pertanyaan dengan beberapa pernyataan yang dipilih dengan memberi tanda seperti centang pada kolom kotak yang disediakan. Jawaban atas pertanyaan dapat lebih dari satu.

Soal menjodohkan 
Soal ini terdiri dari dua lajur, kanan dan kiri atau atas dan bawah. Pada lajur pertama,   berupa pokok soal dan pada lajur kedua berupa jawaban soal. Teman- teman harus menjodohkan, menyesuaikan, dan menghubungkan dua lajur tersebut dengan benar.

Soal isian
Pada soal isian ini, teman- teman dihadapkan pada pertanyaan yang harus dijawab secara singkat berupa kata, frasa, simbol atau  angka. 

Soal uraian
Soal uraian menguji teman- teman tentang bagaimana menuliskan gagasan dalam bentuk uraian tertulis. Soal uraian berupa kalimat tanya atau perintah yang ditujukan dalam mengekspresikan dan mengemukakan gagasan. 

Tips Mengerjakan soal AKM Literasi
Pemahaman bacaan soal
Soal AKM Literasi berbentuk teks bacaan, sehingga membutuhkan pemahaman soal dan ketelitian. Seperti yang sudah saya uraikan tadi, ada beberapa jenis soal AKM Literasi, seperti pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, soal menjodohkan, soal isian atau soal esai. 

Perhatikan tingkat kesulitan soal
Ada beberapa soal yang terhitung mudah, sedang juga ada beberapa soal yang dikategorikan dalam level sulit. Pada soal level mudah, mungkin teman- teman hanya perlu ketelitian dalam menemukan setiap informasi dalam bacaan, sedangkan pada level sedang maupun sulit, teman- teman tidak hanya menemukan informasi tersurat saja namun juga tersirat, yang seolah- olah membutuhkan kejelian dan pola berfikir tingkat tinggi.  

Latihan Soal AKM Literasi
Soal AKM Literasi berbentuk teks bacaan, maka disini yang harus diperbanyak adalah porsi membaca dan latihan mengerjakan soal.  Semakin banyak membaca, maka kemampuan akan memahami bacaan akan terasah serta latihan yang akan membantu dalam memfokuskan tujuan serta arah dari pertanyaan.

Masih Bingung tentang Soal AKM Literasi?
Teman- teman dapat mencoba simulasi pusat yang diadakan oleh Pusmendik. Dalam simulasi tersebut, teman- teman akan dihadapkan bentuk- bentuk soal AKM Literasi. Teman- teman bisa mengecek langkah- langkah mengikuti simulai AKM Literasi Membaca pada tulisan saya sebelumnya.

Baca Juga :


Download dan Latihan Soal AKM Literasi
Untuk menguji kemampuan teman- teman dalam soal AKM Literasi, ada beberapa latihan soal yang dapat teman- teman kerjakan dan latih. Teman- teman bisa melihat pada post saya sebelumnya tentang Seri Latihan Soal dan Pembahasan AKM Literasi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Kelas 5 SD/ MI  2022/ 2023. Teman- teman juga bisa mengunduh soal untuk dapat dikerjakan secara offline. Ada dua paket soal yang dapat teman- teman coba antara lain melalui tautan berikut,



Demikian tulisan Mengenal Soal AKM Literasi pada ANBK Kelas 5 SD/ MI, Bentuk Soal, Tips Mengerjakan dan Latihan Soalnya. Semoga artikel ini dapat membantu  teman- teman yang akan menghadapi ANBK 2022/ 2023 khususnya pada instrumen AKM Literasi. Apabila bermanfaat, jangan lupa share yaa... Juga follow blog saya untuk mendapatkan update tulisan- tulisan menarik, latihan- latihan soal dan sebagainya.

Salam.

No comments:

Post a Comment