7/01/2022

Mengenal Program Studi S1 Akuakultur Universitas Diponegoro Semarang

Salam sehat, salam bahagia dan salam sukses untuk sahabat Ahzaa. Masih semangat dong pastinya hari ini, yuk kami akan menambah semangat kamu nih. Syaratnya gampang banget loh, cukup simak artikel ini sampai ke pembahasan terakhir ya kawan.  Buat kamu yang suka berkecimpung di perikanan atau kelautan cocok banget nih menyimak artiel ini. Pembahasan artikel ini akan mengupas tuntas terkait Program Studi S1 Akuakultur UNDIP.

Tentang Prodi S1 Akuakultur UNDIP
Program Studi S1 Akuakultur UNDIP merupakan salah satu program studi yang terdapat dalam Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Program Studi ini sudah mendapatkan predikat Akreditasi A berdasarkan Nomor 1673/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/III/2020. Untuk gelar yang akan kamu terima jika dinyatakan lulus dari Program Studi S1 Akuakultur UNDIP yaitu dengan gelar Sarjana Perikanan (S.Pi). 

Image by suju-foto from Pixabay

Sebelum memilih kampus dan jurusan yang akan kamu tempuh, kamu juga perlu tau nih teman- teman terkait tujuan program yang dimiliki Program Studi S1 Akuakultur UNDIP diantaranya diantaranya,

1.  Menghasilkan Sarjana Perikanan yang memenuhi kriteria.
2.  Mendidik mahasiswa agar berkompeten dalam merancang, menerapkan, dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi akuakultur sesuai standar.
3.  Membekali mahasiswa agar terampil bekerja sama, berkomunikasi secara lisan dan tulisan, berpikir kritis, inovatif, dan mampu memanfaatkan berbagai sumber informasi dalam pemecahan masalah, memiliki etika dan integritas yang tinggi, menghargai keberagaman, mampu memimpin dan mengorganisasian sumber daya yang ada serta berjiwa kewirausahaan.

Materi Kuliah Prodi S1 Akuakultur UNDIP
Materi kuliah yang akan kamu terima jika menjadi mahasiswa Program Studi S1 Akuakultur UNDIP adalah teknologi pembenihan dan pemuliaan ikan, nutrisi dan pakan ikan, teknologi pembesaran ikan, lingkungan akuakultur, manajemen dan kesehatan ikan, ilmu dasar akuakultur dan ilmu pendukung, pengembangan akuakultur dan soft skill. Kamu juga harus tau nih teman- teman mengenai profil lulusan calon jurusanmu yang akan kamu tempuh selama kurang lebih 4 tahun. Profil lulusan Program Studi S1 Akuakultur UNDIP diantaranya adalah pelaku bisnis dan pengembang akuakultur, manajer, pendidik, penyuluh, peneliti dan konsultan serta penyelamat lingkungan.

Profil Lulusan Prodi S1 Akuakultur UNDIP
Selain profil lulusan, kompetensi lulusan yang terdapat di Program Studi S1 Akuakultur UNDIP, diantaranya adalah
1.  Mampu mengkultur dan memproduksi berbagai spesies kultivan akuakultur dengan kualitas produksi yang baik sesuai dengan standar yang telah diterapkan
2.  Mampu membuat dan mengembangkan bisnis di bidang akuakultur
3.  Mampu mengidentifikasi lokasi dan merancang wadah akuakultur yang tepat dengan kultivan yang dibudidayakan
4.  Mampu mengelola dan mengoperasikan bisnis akuakultur
5.  Mampu menganalisa kebutuhan, memformulasian dan membuat pakan buatan untuk kultivan akuakultur
6.  Mampu mengkultur dan memproduksi berbagai jenis pakan alami kultivan akuakultur
7.  Mampu menerapkan manajemen kesehatan ikan dan lingkungan, mendiagnosa dan mengendalikan penyakit pada kultivan akuakultur
8.  Memahami dan mampu menerapkan good aquacultur pracrises dan sustainable aquaculture
9.  Mampu mentransfer sains dan teknologi akuakultur yang relevan kepada peserta didik dan masyarakat serta menumbuhkan inovasi dalam bidang akuakultur
10. Mampu menjelaskan prinsi-prinsip sains, teknologi dan bisnis akuakultur sesuai dengan standar yang telah ditetapkan
11. Mampu merancang, melaksanakan dan menganalisa penelitian dalam bidang akuakultur sesuai dengan prosedur standar yang telah ditetapkan
12. Mampu mengidentifikasi, menganalisa dan merumuskan serta memberikan rekomendasi terhadap penyelesaian masalah dan dampak kegiatan akuakultur baik secara mandiri maupun kelompok
13. Mampu mengidentifikasi faktor-faktor yang memperngaruhi keberhasilan akuakultur baik faktor internal maupun eksternal.

Adapun metode pembelajaran dan asesmen yang akan kamu lalui di jurusan Program Studi S1 Akuakultur UNDIP adalah Tutorial, Student Center Learning (SCL), Asesmen melalui UTS, UAS, portofolio. Sedangkan untuk struktur dari persyaratan program yang wajib kamu tempuh jika menjadi mahasiswa Program Studi S1 Akuakultur UNDIP yaitu dengan menempuh jumlah SKS 144, semester yang ditempuh 8 semester sampai dengan 14 semester.

Dukungan fasilitas bagi mahasiswa jurusan Program Studi S1 Akuakultur UNDIP yang akan kamu terima yaitu ILS (Information and Learning Service), IT, perpustakaan, media, e-learning, pelatihan bahasa asing di pusat bahasa universitas, pelatihan IT, bimbingan dan konseling, UPT Laboratorium Terpadu, Lab. Budidaya Perairan, dan Lab. Pengembangan Wilayah Pantai. 

Pendaftaran
Kebijakan dan prasyarat admisi yang harus teman- teman perhatikan jika ingin mendaftar dan melanjutkan studinya di jurusan Program Studi S1 Akuakultur UNDIP, kamu harus mengikuti seleksi jalur SNMPTN/SBUB harus lulusan SMA/MA jurusan IPA, sedangkan melalui seleksi mandiri (SM)/SBMPTN dari SMA/MA/SMK jurusan IPA/IPS/Bahasa dengan berdasarkan hasil tes.

Kami kira cukup sampai di sini pembahasan mengenai jurusan Program Studi S1 Akuakultur UNDIP. Terima kasih sahabat ahzaa sudah meluangkan waktu mengunjungi blog kami dan selalu setia menyimak artikel yang kami suguhkan. Semoga informasi yang kami sampaikan mengenai jurusan Program Studi S1 Akuakultur UNDIP ini dapat bermanfaat untuk kamu dan juga lainnya ya, maka dari itu yuk share ke teman, sahabat, dan keluargamu agar mereka tidak tertinggal informasi ini. Sekian sahabat Ahzaa, sampai bertemu di pembahasan artikel selanjutnya. Jangan lupa tetap simak terus di blog kami. Salam.

No comments:

Post a Comment