7/11/2022

Materi PPKn Kelas 7 SMP Semester Ganjil dan Genap Kurikulum Merdeka

Hai sahabat Ahzaa, tahun ajaran baru sudah dimulai yaa, saatnya menata hal yang baru untuk hal- hal yang lebih baik dari sebelumnya. Baik, pada tulisan ini akan saya sampaikan tentang materi PPKn untuk menghadapi pembelajaran pada semester ganjil maupun semester genap. Adapun materi untuk pembelajaran PPKn kelas 7 SMP kurikulum merdeka yang akan saya ulas berikut bersumber pada buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kelas 7 SMP terbitan Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dengan penulis Zaim Uchrowi dan Ruslinawati. 

Buku tersebut disiapkan oleh Pemerintah dalam rangka pemenuhan kebutuhan buku pendidikan yang bermutu, murah, dan merata sesuai dengan amanat dalam UU No. 3 Tahun 2017. Buku teks PPKn juga disusun dan ditelaah oleh berbagai pihak di bawah koordinasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Selain itu buku PPKn merupakan dokumen hidup yang senantiasa diperbaiki dan dimutakhirkan sesuai dengan dinamika kebutuhan dan perubahan zaman.


Dalam materi yang bersumber pada buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kelas 7 SMP kurikulum merdeka, bila dibandingkan dengan buku teks kurikulum sebelumnya, ada beberapa penyempurnaan yang dilakukan, salah satunya dengan penyesuaian terhadap perkembangan pesat teknologi informasi seiring gelombang Revolusi Industri 4.0 yang secara tidak langsung mengubah  kehidupan sosial, termasuk di lingkungan dunia pendidikan. Selain itu ada pendekatan - pendekatan yang dilakukan berbeda dengan materi pada kurikulum sebelumnya. Semoga saja materi- materi PPKn kelas 7 semester ganjil dan genap kurikulum merdeka dapat sinkron dengan gerakan Merdeka Belajar yang diluncurkan dalam membantu para siswa bersiap menghadapi tantangan global abad ke-21.

Source : https://bpip.go.id/


Untuk Materi PPKn SMP Kelas 7 Semester Ganjil dan Genap Kurikulum Merdeka terdiri dari 6 bab dengan sub bab - sub bab yang menyertainya. Materi - materi tersebut juga beberapa diantaranya saya lengkapi dengan latihan soal. Berikut materi dan latihan soal PPKn SMP Kelas 7 Semester Ganjil dan Genap Kurikulum Merdeka, 

Semester Ganjil
Bab I Sejarah Kelahiran Pancasila  
A. Latar Sejarah Kelahiran Pancasila
B. Kelahiran Pancasila
C. Perumusan Pancasila
D. Penetapan Pancasila


BAB II Norma dan UUD NRI Tahun 1945
A. Norma Masyarakat
B. Hak dan Kewajiban pada Norma
C. UUD NRI Tahun 1945 sebagai Dasar Hukum Tertulis Negara ....
D. Perumusan dan Pengesahan UUD NRI Tahun 1945
E. Amendemen UUD NRI Tahun 1945

Bab III Kesatuan Indonesia dan Karakteristik Daerah
A. Wilayah Negara Indonesia
B. Indonesia sebagai Negara Kesatuan
C. Persatuan dan Kesatuan Indonesia
D. Karakteristik Daerah dalam NKRI
E. Mempertahankan Persatuan dan Kesatuan

Semester Genap
Bab IV Kebinekaan Indonesia
A. Keragaman Gender
B. Keragaman Suku
C. Keragaman Budaya
D. Keragaman Agama
E. Keragaman Ras dan Antargolongan
F. Menjaga Nilai Penting Kebinekaan

Bab V Menghargai Lingkungan dan Budaya Lokal
A. Mengenal Lingkungan Sekitar
B. Menghargai Budaya Lokal
C. Menghargai Makanan Tradisional
D. Menghargai Produk dan Jasa Lokal
E. Apresiasi Lingkungan dan Budaya Lokal

Bab VI Bekerja Sama dan Bergotong Royong
A. Kerja Sama dan Budaya Gotong Royong
B. Nilai Penting Kerja Sama dan Gotong Royong
C. Landasan Karakter Kerja Sama dan Gotong Royong
D. Revolusi Mental
E. Penerapan Kerja Sama dan Gotong Royong

Oya, buat teman- teman yang akan belajar materi per-bab melalui latihan soal Latihan Soal PPKn Kurikulum Merdeka Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka, dapat menuju pada tulisan saya sebelumnya

Demikian Materi dan latihan soal PPKn Kelas 7 SMP Semester Ganjil dan Genap Kurikulum Merdeka Terbaru, semoga informasi di atas dapat membantu teman - teman dalam mengetahui materi- materi apa saja yang terdapat pada mapel PPKn kelas 7 SMP plus latihan soal per bab khususnya pada penerapan kurikulum merdeka. 

Semoga Bermanfaat. 

No comments:

Post a Comment