7/13/2022

Materi Bahasa Inggris Kelas 4 SD Semester 1 (Ganjil) Kurikulum Merdeka

Hai sahabat Ahzaa, kembali lagi di AhzaaNet yaa.. Kali ini saya lanjutkan lagi ya untuk menjabarkan materi- materi yang terdapat pada mapel kelas 4 SD Kurikulum Merdeka. Sebelumnya sudah saya ulas untuk mapel Matematika dan IPAS, pada kesempatan ini akan saya bahas untuk mapel Bahasa Inggris  Kelas 4 SD Semester 1 (Ganjil) Kurikulum Merdeka. 

Baca Juga :


Berdasarkan buku teks terbitan Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi terdapat 7 unit pembelajaran pada semester 1 (ganjil) ini. Baik, saya jabarkan materi per bab nya yaa..

Gambar oleh Biljana Jovanovic dari Pixabay

===================================================================================
Materi Bahasa Inggris Kelas 4 SD Semester Ganjil Kurikulum Merdeka

Unit 1 What Are You Doing?
Pada bab ini akan dipelajari tentang pemakaian kalimat yang menunjukkan kegiatan yang saat ini sedang dilakukan. Biasanya kalimat- kalimat bentuk Present Continuous, seperti pemakaian bentuk kata kerja (verb) -ing. Nah, teman- teman bisa belajar tentang struktur dan penerapan bentuk tersebut pada bab ini.  

Unit 2 There Are 67 English Books
Pada bab ini teman- teman akan belajar tentang bentuk "expletive there" yang menunjukkan keberadaan suatu benda, seseorang dan sebagainya. Bentuk There diikuti oleh bentuk be (is/ are, was, were) plus kata benda yang mewakili an indefinite person ( orang yang tidak tentu) atau sesuatu (things). Di samping itu, teman- teman juga akan mempelajari tentang bentuk numbers (angka- angka)

Unit 3 My Living Room is Beside The Kitchen
Pada bab ini teman- teman akan belajar tentang bentuki preposisi seperti beside dan behind. Penggunaan preposisi tersebut akan diterapkan pada hal yang riil di sekitar rumah seperti menunjukkan posisi benda di kamar mandi, kamar tidur, ruang keluarga dan sebagainya.
Oya, teman- teman juga akan mempelajari tentang beberapa kata sifat yang menunjukkan keadaan ruangan, lingkungan dan sebagainya seperti penggunaan kata sifat (adjective) clean, dirty, big, large, dsb. 

Unit 4 Cici Cooks Cici Cooks in The Kitchen
Pada unit ini teman- teman akan belajar tentang penggunaan kalimat yang menunjukkan peristiwa saat ini dan kebiasaan setiap hari. Penggunaan bentuk Simple Present Tense akan dipelajari pada unit ini. Pada kalimat bentuk Simple Present Tense memang akan dipelajari penggunaan bentuk kata kerja berdasarkan subject kalimat. Kalian harus dapat menyesuaikan pemakaian subject dan kata kerjanya. Selain itu juga akan dipelajari penggunaan kalimat negatif dalam situasi tertentu. 

Unit 5 Where is My Pencil
Pada bab ini teman- teman akan mempelajari kalimat tanya yang menanyakan keberadaan benda dengan menggunakan kata tanya "Where". Selain itu kalian juga akan mempelajari kosakata benda- benda yang ada di bagian- bagian rumah kalian seperti benda- benda di kamar tidur (bedroom), ruang keluarga (living room). Teman- teman juga akan merefresh kembali materi pada bab sebelumnya tentang There is/are

Unit 6 The Stove in the Kitchen
Pada unit ini masih dengan pelajaran vocabulary (kosakata) untuk memperdalam pemahaman kosakata teman- teman khususnya di lingkungan rumah. Selain itu akan diterapkan juga materi pada unit sebelumnya tentang penggunaan kalimat baik positif maupun negatif bentuk Simple Present Tense yang menunjukkan peristiwa saat ini.

Unit 7 I Can Make Fried Egg in the  Kitchen
Pada unit ini dibahas tentang penggunaan bentuk auxiliary "Can" baik untuk kalimat positif maupun negatif. Penggunaan "Can" digunakan untuk menyatakan kemampuan (ability) dalam melakukan sesuatu. 
===================================================================================

Baik, demikian Materi Bahasa Inggris Kelas 4 SD Semester Ganjil Kurikulum Merdeka. Untuk bahasan materi Bahasa Inggris Kelas 4 SD Semester Genap Kurikulum Merdeka akan saya ulas pada artikel berikutnya. 

Baca Juga :

Oya, buat teman- teman yang ingin mengunduh buku guru dan siswa kelas 4 SD Kurikulum Merdeka, bisa melalui tautan link berikut,
Jangan lupa bagikan bila bermanfaat yaa... Terima kasih. Salam.

No comments:

Post a Comment