7/22/2022

Rangkuman Materi dan Latihan Soal Seni Musik Kelas 4 SD Semester 1 Kurikulum Merdeka Unit 1 Bunyi dan Jenis Jenis Alat Musik

Hai sahabat Ahzaa, mari kita lanjutkan belajarnya yaa.. Pada kesempatan ini kita akan belajar materi Seni Musik untuk kelas 4 SD Kurikulum Merdeka Semester 1 Unit 1 Bunyi dan Jenis- Jenis Alat Musik. 

Teman- teman pada unit ini akan mempelajari tentang alat musik, baik bunyi dan sumbernya. Juga tentang istilah- istilah dalam musik seperti irama, tempo, birama, nada serta alat musik ritmis dan melodis dan contohnya. Pada bagian akhir, teman- teman juga dapat menguji kompetensi tentang unit ini melalui latihan soal. 

Image by Steve Buissinne from Pixabay 


Rangkuman materi ini didasarkan pada buku guru Seni Musik Kelas 4 SD  Kurikulum Merdeka terbitan Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. 

Baik, langsung saja yaa, berikut rangkuman dan latihan Soal Materi Seni Musik Kelas 4 SD Semester 1 unit 1 Bunyi dan Jenis Jenis Alat Musik
=========================================================================================
1. Mengenal Bunyi dan Sumbernya
Alat alat musik berdasarkan cara memainkannya
- Alat musik pukul: Drum, marimba, piano, marakas, rebana, dan triangle.
- Alat musik gesek: Biola, viola, cello, rebab, dan contra bass.
- Alat musik tiup: Flute, trumpet, tuba, dan klarinet.
- Alat musik petik: Gitar dan  harpa.

2. Irama dapat disebut juga dengan ritme, gerakan berturut-turut secara teratur; turun naik lagu (bunyi dan sebagainya) yang beraturan.

3. Tempo adalah waktu yang menunjukkan cepat atau lambatnya lagu

3. Birama adalah pembagian ketukan dalam sebuah lagu berdasarkan ayunannya.

4. Contoh-contoh  Alat Musik Ritmis
- Kendang 
sumber : freepik.com
Kendang merupakan alat musik tradisional yang termasuk ke dalam alat musik ritmis yang dapat menghasilkan bunyi dengan cara dipukul menggunakan dua telapak tangan secara langsung maupun dengan dengan alat pemukul kendang. Biasanya kendang dapat ditemukan dalam permainan musik gamelan.

- Drum
sumber : freepik.com

Drum biasanya dimainkan dengan cara dipukul menggunakan sepasang stick (tongkat). Drum dapat dimainkan dalam jenis musik apapun seperti pop, march, jazz, rock, RnB, dangdut maupun berbagai pertunjukan tradisi. Drum pada umumnya tidak hanya berdiri sendiri saat dimainkan, melainkan disajikan dalam satu set yang terdiri dari Snare, Bass, Tom-Tom, Cymbal, dan hardware seperti pedal, tom holder, kursi drum, dan stand hi hat.

- Kastanyet
sumber : freepik.com

Kastanyet merupakan sebuah alat musik yang dimainkan dengan menepukkan kedua sisi hingga seperti sedang mencapit. Kastanyet terbuat dari  kayu berbentuk lingkaran dan menyerupai kerang. Alat musik ini sering digunakan untuk mengiringi beberapa tarian, khususnya tarian Flamenco yang berasal dari Spanyol.

- Tamborin
sumber : freepik.com

Tamborin merupakan sebuah alat musik ritmis yang dimainkan dengan cara ditabuhkan dengan tangan dan digoyang-goyangkan. Tamborin umumnya berbentuk lingkaran yang terbuat dari kayu ataupun plastik. Pada setiap bagian sisi bingkainya terdapat sepasang logam bulat tipis seperti simbal yang menghasilkan bunyi gemerincing ketika digoyangkan. Terdapat dua jenis tamborin, yakni tamborin yang terdapat membran yang menyelimuti salah satu sisi permukaannya (umumnya membran terbuat dari kulit sapi atau lembu) dan tamborin cik-cik yang tidak memiliki membran. Tamborin  banyak digunakan untuk mengiringi musik- musik ritual maupun kegamaan.

- Tifa
sumber : freepik.com

Tifa merupakan alat musik berbentuk bulat dari bahan kayu yang tebal dan dilapisi oleh kulit hewan. Alat musik Tifa berasal dari wilayah Indonesia bagian timur yaitu Papua dan Maluku. Perbedaan alat musik Tifa dari dua daerah tersebut adalah pada jenis ukiran dan hiasannya. Alat musik Tifa memiliki suara seperti kendang. Alat musik ini digunakan dalam berbagai upacara besar dan peringatan, pengiring tari- tarian seperti tarian gatsi, tarian asmat, dan jenis lainnya serta tarian sakral oleh suku- suku di Papua.

- Rebana
sumber : freepik.com

Rebana merupakan alat musik yang cara memainkannya dengan dipukul menggunakan telapak tangan. Rebana terbuat dari kayu berbentuk lingkaran pipih yang diselimuti membran yang terbuat dari kulit kambing. Rebana identik dengan musik- musik berbau Islami karena digunakan untuk mengiringi sholawat, kasidah, maupun tari zapin dan Hadroh. Rebana juga sebagai media untuk menyebarkan agama Islam pada masa Walisongo. Terdapat beberapa jenis rebana yang dikenal, antara lain rebana banjar, jidor, kombang, biang, marawis, hadroh, dan samroh.

- Simbal Tangan
sumber : freepik.com

Simbal merupakan salah satu alat musik ritmis yang terbuat dari lempengan logam pipih berbentuk lingkaran dengan bagian tengah yang menonjol dan berlubang. Berdasarkan fungsinya, simbal merupakan alat musik perkusif yang dimainkan untuk memberi ketukan pada irama tertentu dalam sebuah lagu. Simbal dapat dimainkan dengan cara dipukul menggunakan stick (ketika menjadi satu kesatuan dengan drum set) ataupun dengan membenturkan dan menggesekkan satu sama lain (simbal tangan). Simbal tangan umumnya digunakan dalam format Marching Band, Drum Band, atau ansambel Tanjidor.

- Triangel
sumber : freepik.com

Triangel merupakan alat musik yang terbuat dari logam baja yang berbentuk segitiga dengan salah satu ujung terbuka. Pada salah sudutnya terdapat lubang kecil yang berfungsi untuk mengaitkan tali berbahan kawat atau nilon sebagai pegangan. Triangel dimainkan dengan cara memukul bagian dalam menggunakan alat pemukul berbentuk tongkat kecil yang terbuat dari bahan logam. 

- Ketipung
sumber : freepik.com

Ketipung merupakan alat musik ritmis yang bunyinya menyerupai kendang. Ketipung memiliki ukuran yang kecil dengan membran berdiameter sekitar 20-40cm. Dalam memainkan ketipung diperlukan teknik khusus karena pemain tidak menggunakan seluruh telapak tangannya seperti kendang, melainkan ada beberapa ketukan yang hanya dibunyikan dengan memakai jari saja. Ketipung dapat menghasilkan bunyi seperti “pung” dan “tak” yang memiliki peran penting dalam permainan musik dangdut.

- Marakas
sumber : freepik.com

Marakas merupakan alat musik ritmis yang dimainkan dengan cara digoyangkan oleh tangan. Marakas biasanya terbuat dari kayu, atau labu kering, atau plastik dengan bagian dalam yang diisi material berpartikel kecil  seperti biji-bijian atau bahan lain yang dapat beresonansi dengan lapisan utamanya. Zaman dahulu alat musik marakas digunakan sebagai alat untuk ritual penyembuhan oleh beberapa masyarakat di benua Afrika dan Amerika Selatan. Marakas memiliki peran penting dalam beberapa format musik di Amerika Latin, seperti dalam Cuba, Salsa, Rumba, Trova, dan Charanga. Format musik lain seperti band dan orkestra juga seringkali menggunakan marakas dalam permainannya.

5. Nada merupakan bunyi yang memiliki keteraturan frekuensi. 

6. Tinggi rendah nada ditentukan oleh dua faktor seperti getaran dan frekuensi bunyi. Misalnya jika frekuensi bunyinya besar, maka nada akan menjadi tinggi, dan sebaliknya jika frekuensinya kecil maka nadanya akan rendah.

7. Contoh bunyi yang memiliki nada tinggi adalah suara seorang penyanyi seriosa, suara burung gagak dan sebagainya. Sedangkan contoh suara dengan nada rendah adalah  suara berbicara dari bapak- bapak

8. Pengenalan nada diatonis dapat dilakukan dengan hand sign dalam metode Kodaly

hand sign dalam metode Kodaly

9. Alat musik melodis merupakan alat musik yang memiliki irama dan nada, tetapi cenderung tidak bisa atau memiliki keterbatasan untuk bermain  dalam sebuah harmoni akor.

10. Contoh - contoh alat musik melodis adalah biola, cello, flute, terompet, tuba, klarinet, pianika, rekorder dan lain-lain.

11. Musik ansambel merupakan kombinasi beberapa jenis alat musik yang bisa dimainkan secara harmonis
===================================================================================
Untuk menguji kompetensi teman- teman berikut latihan soal yang bisa dikerjakan atau dilatih. Latihan soal unit 1 tentang Bunyi dan Jenis alat musik terdiri dari 30 soal pilihan ganda lengkap dengan kunci jawabannya. Baik, langsung saja yaa berikut latihan soalnya,

Latihan Soal Materi Seni Musik Kelas 4 SD Semester 1 
Unit 1 Bunyi dan Jenis Jenis Alat Musik

1. Alat musik seperti drum, marimba, marakas  merupakan alat musik yang dimainkan dengan cara ....
A. digesek
B. dipukul
C. ditiup
D. dipetik



2. Berikut ini yang termasuk kelompok alat musik yang dimainkan dengan cara digesek adalah ....
A. flute, trumpet, tuba
B. tuba, harpa, klarinet
C. biola, cello, contra bass
D. marimba, marakas, rebana



3. Flute dan klarinet merupakan alat musik yang dimainkan dengan cara ....
A. digesek
B. dipukul
C. ditiup
D. dipetik



4. Harpa termasuk dalam jenis alat musik ....
A. tiup
B. gesek
C. petik
D. pukul



5. Gerakan berturut-turut secara teratur; turun naik lagu atau bunyi  yang beraturan dalam musik dikenal dengan istilah ....
A. tempo
B. irama
C. birama
D. nada


Lanjut ke nomor soal berikutnya yaa >>>>>> Halaman 2

2 comments:

  1. ini seru banget menyenangkan

    ReplyDelete
  2. sangat seru dan kisi kisi nya seperti untuk ulangan semester 1

    ReplyDelete