7/17/2022

Ringkasan Materi dan Contoh Latihan Soal Tentang Buah dan Biji sebagai Bagian Tubuh Tumbuhan, Struktur, Jenis dan Fungsinya

Hai sahabat Ahzaa, kembali lagi di AhzaaNet. Pada kesempatan ini saya akan menyajikan ringkasan materi untuk teman- teman yang sedang mempelajari materi bagian tubuh tumbuhan atau struktur dan fungsi tumbuhan. Nah, materi ini dapat dijumpai di jenjang sekolah dasar (SD) maupun jenjang sekolah menengah pertama (SMP). 

Photo by corina ardeleanu on Unsplash

Bagian tubuh tumbuhan terdiri dari akar, batang, daun, bunga dan biji. Teman- teman, sebelumnya sudah saya sajikan ringkasan dan latihan soal untuk salah satu bagian tubuh tumbuhan yaitu akar,  batang, daun dan bunga.  Teman- teman dapat melihat pada tulisan sebelumnya. 


Pada kesempatan kali ini akan saya sajikan untuk ringkasan bagian tubuh tumbuhan lainnya yaitu Buah dan Biji.  Ringkasan materi tentang bagian tubuh tumbuhan khususnya Bunga juga saya lengkapi dengan latihan soal pada bagian akhir untuk menguji seberapa jauh teman- teman menguasai materi yang dipelajari. 
======================================================================================  
1. Buah dan Biji merupakan hasil dari pembuahan yang terjadi di dalam bakal buah

2. Bagian- bagian buah dan biji
A. Bagian buah terdiri atas kulit, daging buah dan biji
- kulit merupakan bagian terluar buah
- daging buah merupakan bagian buah yang dapat dimakan
- biji merupakan cikal bakal terbentuknya tumbuhan baru

B. Bagian biji terdiri atas kulit, lembaga, dan cadangan makanan
- kulit berfungsi untuk melindungi lembaga
- lembaga merupakan cikal bakal tumbuhan baru
- cadangan makanan diperuntukkan bagi cikal bakal tanaman baru

3. Buah Sejati
Buah sejati dapat dibedakan menjadi buah sejati tunggal kering, buah sejati tunggal berdaging, buah sejati ganda dan buah sejati majemuk
- buah sejati kering terdiri atas buah padi atau kariopsis, kurung atau akenium, keras atau nut, samara, berbelah atau schizocarp, kendaga atau rhegma, dan buah kotak seperti buah bumbung atau follicle, polong atau legume, loment, lobak atau silique, lobak pendek atau siliqle dan buah kotak sejati atau capsule
- buah sejati tunggal berdaging meliputi buah buni atau berrymentimun atau pepo, jeruk atau hesperidium, batu atau drupe, dan delima.
- buah sejati ganda disebut juga buah agregat yang terdiri atas buah buni majemuk, batu majemuk dan kurung majemuk.

4. Buah semu
Buah semu terjadi dari bakal buah dan bagian- bagian bunga lain. Bagian bunga tersebut menjadi bagian yang dominan dalam pembentukan buah, sedangkan bakal buahnya sendiri kurang berkembang.

5. Fungsi buah
- sebagai cadangan makanan
- alat perkembangbiakan
- pelindung biji
- dimanfaatkan untuk kepentingan manusia

6. Fungsi biji
- hasil pembuahan atau penyerbukan bunga
- alat perkembangbiakan
- cadangan makanan bagi tumbuhan baru

======================================================================================
Untuk menguji materi tentang "buah dan biji" di atas, teman- teman bisa berlatih soal materi di atas secara online. Terdapat 10 buah soal yang bisa dikerjakan secara online dengan skor pencapaian otomatis saat selesai mengerjakan latihan.

Latihan Soal tentang Buah dan Biji pada halaman berikutnya yaa >>>>>>> Halaman 2

No comments:

Post a Comment