7/04/2022

Program Studi S1 Teknologi Hasil Perikanan Universitas Diponegoro Semarang

Hai sahabat Ahzaa, bagaimana kabarnya? Semoga selalu dilimpahkan kesehatan untuk kalian semua yaa. Baik, masih tentang ilmu kelautan nih, yuk buat kamu yang suka dengan kelautan boleh banget loh bergabung di Universitas Diponegoro dengan jurusan Program Studi S1 Teknologi Hasil Perikanan. Nah, sebelumnya, pahami dulu yuk Program Studi S1 Teknologi Hasil Perikanan UNDIP.

Program Studi S1 Teknologi Hasil Perikanan UNDIP  merupakan salah satu program studi yang terdapat dalam Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Program Studi S1 Teknologi Hasil Perikanan UNDIP telah mendapatkan predikat Akreditasi A berdasarkan Nomor 5053/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2017. Untuk gelar yang akan kamu terima jika dinyatakan lulus dari Program Studi S1 Teknologi Hasil Perikanan UNDIP  yaitu dengan gelar Sarjana Perikanan (S.Pi).

Image by Thomas Müller from Pixabay 


Sebelum memilih kampus dan jurusan yang akan kamu tempuh, kamu juga perlu tau nih sahabat Ahzaa terkait tujuan program yang dimiliki Program Studi S1 Teknologi Hasil Perikanan UNDIP  diantaranya adalah mendidik mahasiswa agar mampu merancang dan mengendalikan proses produksi hasil perikanan untuk menghasilkan produk bernilai tambah yang sesuai standar. Membekali mahasiswa agar terampil bekerja sama, berkomunkasi secara lisan dan tulisan, berpikir kritis dan memanfaatkan berbagai sumber informasi dalam pemecahan masalah, memiliki etika dan integritas yang tinggi, menghargai keberagaman, mampu memimpin dan mengorganisasikan sumber daya yang ada serta berjiwa kewirausahaan.

Sahabat ahzaa juga akan menjumpai mata kuliah dan materi yang akan kamu terima jika menjadi mahasiswa Program Studi S1 Teknologi Hasil Perikanan UNDIP diantaranya adalah 
  • Biokimia hasil perikanan
  • Mikrobiologi hasil perikanan
  • Teknologi penanganan
  • Teknologi pengolahan
  • Teknologi fermentasi
  • Bioteknologi
  • Diversifikasi dan pengembangan produk
  • Pemanfaatan limbah hasil perikanan
  • Pengujian mutu
  • Standarisasi dan penjaminan mutu
  • Teknologi pengemasan
  • Manajemen industri
Adapun profil lulusan Program Studi S1 Teknologi Hasil Perikanan UNDIP  diantaranya adalah manajer kendali mutu, manajer produksi pada industri pengolahan hasil perikanan, peneliti, penyuluh, administrator, guru, dosen, wirausahawan produk perikanan. Selain profil lulusan kamu juga harus tau mengenai kompetensi lulusan yang terdapat di Program Studi S1 Teknologi Hasil Perikanan UNDIP diantaranya adalah
  1. Mendemonstrasikan pengetahuan dan pemahaman terhadap konsep bidang teknologi hasil perikanan
  2. Menunjukkan kecakapannya dalam mengoleksi, menilai, mengevaluasi, menganalisis, dan mensitesis informasi ilmiah di bidang teknologi hasil perikanan dari berbagai sumber
  3. Bekerja secara aman, kompeten dan efektif pada berbagai kondisi tempat kerja
  4. Mendemonstrasikan kemampuan dalam mendesain, melaksanakan, memonitor, dan mengevaluasi outcome dari proyek yang dikerjakan dalam kelompok maupun individual
  5. Mendemontrasikan kemampuan melaksanakan dan melaporkan penelitian secara mandiri
  6. Bekerja dalam tim
  7. Menerapkan kemampuan berkomunikasi secara tertulis lisan/verbal dan visual, mengelola waktu, merencanakan proyek, dan analisis numeric serta teknologi informasi.
Metode pembelajaran dan asesmen yang akan kamu lalui di jurusan Program Studi S1 Teknologi Hasil Perikanan UNDIP  adalah Tutorial, Student Center Learning (SCL), Asesmen melalui UTS, UAS, portofolio. Sedangkan untuk struktur dari persyaratan program yang wajib kamu tempuh jika menjadi mahasiswa Program Studi S1 Teknologi Hasil Perikanan UNDIP  yaitu dengan menempuh jumlah SKS 144, semester yang ditempuh 8 semester sampai dengan 14 semester.

Dan untuk dukungan fasilitas bagi mahasiswa jurusan Program Studi S1 Teknologi Hasil Perikanan UNDIP  yang akan kamu terima yaitu ILS (Information and Learning Service), IT, perpustakaan, media, e-learning, pelatihan bahasa asing di pusat bahasa universitas, pelatihan IT, bimbingan dan konseling. Fasilitas tersebut dapat kamu gunakan sebaik-baiknya dan fasilitas yang tersedia akan mempermudah mahasiswa dalam proses pembelajaran di dalam kelas maupun di luar kelas. 

Kebijakan dan prasyarat admisi yang harus sahabat Ahzaa perhatikan jika ingin mendaftar dan melanjutkan studinya di jurusan Program Studi S1 Teknologi Hasil Perikanan UNDIP adalah seleksi jalur SNMPTN/SBUB harus lulusan SMA/MA jurusan IPA, sedangkan melalui seleksi mandiri (SM)/SBMPTN dari SMA/MA/SMK jurusan IPA/IPS/Bahasa dengan berdasarkan hasil tes.

Terima kasih sahabat Ahzaa sudah meluangkan waktu mengunjungi blog kami dan selalu setia menyimak artikel yang kami suguhkan. Semoga informasi yang kami sampaikan mengenai jurusan Program Studi S1 Teknologi Hasil Perikanan UNDIP  ini dapat bermanfaat untuk kamu dan juga lainnya. 

Jangan lupa share link artikel ini ke teman, sahabat, atau saudara kamu agar mereka juga mendapatkan informasi penting ini. Sekian yaa, sampai bertemu di pembahasan artikel selanjutnya. Berkah selalu untuk kalian, Salam.

No comments:

Post a Comment