7/13/2022

Materi Bahasa Inggris Kelas 4 SD Semester 2 (Genap) Kurikulum Merdeka

Hai sahabat Ahzaa, Yuk kita lanjutkan lagi ulasan tentang materi- materi yang terdapat pada mapel Bahasa Inggris kelas 4 SD Kurikulum Merdeka. Kali ini kita akan lanjut ke ulasan materi untuk semester 2 (genap) setelah pada posting sebelumnya sudah saya jabarkan untuk materi bahasa Inggris Kelas 4 SD Semester 1 kurikulum merdeka. Tulisan ini merupakan rangkaian penjabaran materi untuk membantu teman- teman yang  ingin mengetahui tentang materi- materi yang akan dipelajari khususnya untuk kelas 4 SD Kurikulum Merdeka. 

Photo by Ave Calvar on Unsplash



Berdasarkan buku teks terbitan Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi terdapat 7 unit pembelajaran pada semester 2 (genap) ini mencakup unit 8 sampai unit 12. Kita jabarkan yaa per unitnya, 
===================================================================================
Unit 8 
Be on time!
Pada bab ini akan dipelajari tentang bagaimana menanyakan waktu, cara membaca waktu jam dan sebagainya. Disamping itu akan diajarkan juga tentang bagaimana menanyakan waktu untuk aktivitas yang menunjukkan kebiasaan.

Unit 9 
I go to School After Having Breakfast
Masih dengan bentuk kalimat Simple Present Tense yang menunjukkan aktivitas kebiasaan sehari- hari. Teman- teman akan belajar bagaimana menanyakan kegiatan sehari- hari dan bagaimana menjawabnya menggunakan kalimat yang sesuai. Juga kalian akan belajar mengenai kosakata baru yang menunjukkan kata kerja untuk menyatakan aktivitas harian. 

Unit 10 
He Always Gets Up at 5 O’clock
Pada bab ini teman- teman akan belajar tentang pemakaian kata keterangan frekuensi (adverb of frequency) dalam kalimat Simple pResent Tense yang menunjukkan kebiasaan. Bentuk adverb of frequency adalah seperti always, usually, sometimes, never, dsb. Materi pada unit ini juga memadukan materi pada unit - unit sebelumnya seperti penerapan keterangan waktu pada kalimat

Unit 11 
How Do You Go to School?
Pada unit ini teman- teman akan belajar tentang penggunaan keterangan cara pada kalimat. Selain itu, masih berkaitan dengan materi- materio pada unit sebelumnya, pemakaian kalimat bentuk Simple Present Tense diterapkan untuk menyatakan peristiwa saat ini terjadi. 

Unit 12
He Goes to School by Bike
Pada unit ini, dipelajari bagaimana membuat kalimat yang benar dengan menerapkan struktur kalimat yang tepat seperti penggunaan subjek kalimat, kata kerja dan keterangan dalam sebuah kalimat. Materi- materi ini sudah dipelajari pada unit- unit sebelumnya. 
===================================================================================
Baik, demikian Materi Bahasa Inggris Kelas 4 SD Semester Genap Kurikulum Merdeka. Oya, buat teman- teman yang ingin mengunduh buku guru dan siswa kelas 4 SD Kurikulum Merdeka, bisa melalui tautan link berikut,
Jangan lupa bagikan bila bermanfaat yaa... Terima kasih. Salam.

No comments:

Post a Comment