7/01/2022

Mengenal Lebih Dekat Program Studi S1 Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro Semarang

Hai sahabat Ahzaa, selamat datang kembali di AhzaaNet. Baik, pada kesempatan ini kami akan mengulas tentang kuliah yang berhubungan dengan ilmu kelautan. Jurusan ini cocok sekali untuk kamu yang ingin melanjutkan studimu di ilmu kelautan. 

Program Studi S1 Ilmu Kelautan UNDIP merupakan salah satu program studi yang terdapat dalam Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Untuk Akreditasi, Program Studi S1 Ilmu Kelautan UNDIP mendapatkan predikat Akreditasi A berdasarkan Nomor 3168/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/V/2021. Sementara gelar yang akan kamu terima jika dinyatakan lulus dari Program Studi S1 Ilmu Kelautan UNDIP yaitu dengan gelar Sarjana Kelautan (S.kel). 

Image by Jacek Kijewski from Pixabay 

Sebelum memilih kampus dan jurusan yang akan kamu tempuh, kamu juga perlu tau nih terkait tujuan program yang dimiliki Program Studi S1 Ilmu Kelautan UNDIP diantaranya adalah menghasilkan sarjana dengan kompetensi COMPLETE (Communicator, Professional, Leader, Enterpreneur, Thinker, Educator) yang mampu melakukan untuk kerja dengan menggunakan konsep, teori dan metode bidang ilmu kelautan.

Selama kuliah, kamu akan menerima mata kuliah atau materi tentang biodiversitas sumber daya kelautan, eksplorasi dan bioprospeksi kelautan, bioteknologi kelautan, konservasi sumber daya kelautan, mitigasi bencana dan pencemaran laut, dinamika laut dan instrumental kelautan. Kamu juga harus tau nih mengenai profil lulusan calon jurusanmu Profil lulusan Program Studi S1 Ilmu Kelautan UNDIP diantaranya adalah pelaku bisnis dan pengembang akuakultur, manajer, pendidik, penyuluh, peneliti dan konsultan serta penyelamat lingkungan.

Selain profil lulusan kamu juga harus tau mengenai kompetensi lulusan yang terdapat di Program Studi S1 Ilmu Kelautan UNDIP, diantaranya adalah
1.  Mamiliki perilaku benar, berbudaya, dan bermental unggul dengan profil lulusan COMPLETE (Communicator, Professional, Leader, Enterpreneur, Thinker, Educator)
2.  Menguasai konsep, teori dan metode Ilmu Kelautan khususnya bidang konservasi biodiversitas kelautan dan bioteknologi kelautan
3.  Mampu melakukan unjuk kerja dengan menggunakan konsep, teori dan metode Ilmu Kelautan khususnya bidang konservasi biodiversitas kelautan dan bioteknologi kelautan.

Metode pembelajaran dan asesmen yang akan kamu lalui di jurusan Program Studi S1 Ilmu Kelautan UNDIP adalah kuliah, responsi dan tutorial, seminar (kolokium), praktium, praktik kerja lapangan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, asesmen melalui UTS, UAS dan portofolio. Sedangkan untuk struktur dari persyaratan program yang wajib kamu tempuh jika menjadi mahasiswa Program Studi S1 Ilmu Kelautan UNDIP yaitu dengan menempuh jumlah SKS 144, semester yang ditempuh 8 semester sampai dengan 14 semester.

Dukungan fasilitas bagi mahasiswa jurusan Program Studi S1 Ilmu Kelautan UNDIP yaitu marine station teluk awur Jepara, Lab. Biologi Laut, Lab. Oseanografi, Lab. Komputasi, Lab. Bioteknologi Laut, IT, perpustakaan, pelatihan bahasa asing di pusat bahasa universitas, bimbingan dan konseling, UPT Laboratorium Terpadu, Lab. Budidaya Perairan, dan Lab. Pengembangan Wilayah Pantai. Fasilitas tersebut dapat kamu gunakan sebaik-baiknya yah, fasilitas yang sudah disediakan Program Studi S1 Ilmu Kelautan UNDIP akan mempermudah mahasiswa dalam proses pembelajaran di dalam kelas maupun luar kelas, begitupun mahasiswa juga akan lebih merasa nyaman dan aman. 

Jika kamu berminat untuk bergabung di Program Studi S1 Ilmu Kelautan UNDIP, mari catat kawan kebijakan dan prasyarat admisi yang harus sahabat ahzaa perhatikan jika ingin mendaftar dan melanjutkan studinya di jurusan Program Studi S1 Ilmu Kelautan UNDIP, kamu harus mengikuti seleksi jalur SNMPTN/SBUB harus lulusan SMA/MA jurusan IPA, sedangkan melalui seleksi mandiri (SM)/SBMPTN dari SMA/MA/SMK jurusan IPA/IPS/Bahasa dengan berdasarkan hasil tes.

Terima kasih sudah meluangkan waktu mengunjungi web kami dan selalu setia menyimak artikel yang kami suguhkan. Semoga informasi yang kami sampaikan mengenai jurusan Program Studi S1 Akuakultur UNDIP ini dapat bermanfaat untuk kamu. Agar orang disekitar kamu juga mendapati informasi ini, maka dari itu yuk share ke teman, sahabat, dan keluarga kamu link artikel ini. Sekian yaa, sampai bertemu di pembahasan artikel selanjutnya. Jangan lupa tetap simak terus di web kami, berkah selalu untuk kalian semua. Salam.

No comments:

Post a Comment