7/12/2022

Materi Matematika Kelas 7 SMP Semester Ganjil dan Genap Kurikulum Merdeka

Halo sahabat Ahzaa, kembali lagi di AhzaaNet yaa. Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang materi- materi apa saja yang terdapat dalam mapel Matematika kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka. Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum terbaru yang saat ini mulai diterapkan di sekolah- sekolah dan tahun ini merupakan tahun kedua dari penerapan Kurikulum Merdeka. Pada tahun pertama, kurikulum merdeka hanya diterapkan pada sekolah- sekolah penggerak, namun pada tahun ini (2022) diperluas lagi penerapan Kurikulum Merdeka ke sekolah- sekolah lain sehingga diharapkan pada tahun 2024, kurikulum tersebut sudah merata diterapkan di semua sekolah. 

source : Pixabay


Materi untuk mapel Matematika kelas 7 SMP ini berdasarkan Buku teks siswa Matematika kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka terbitan Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Buku teks pelajaran tersebut, merupakan terjemahan dan saduran Buku Matematika untuk Sekolah Menengah Pertama dari buku asli berjudul Mathematics for Junior High School yang disusun dan diterbitkan oleh Gakko Tosho Co., Ltd. untuk mendukung pembelajaran pada satuan pendidikan di Indonesia.

Nah, kembali lagi ke materi apa saja yang akan diajarkan pada pembelajaran Matematika kelas 7 SMP semester ganjil dan genap yaa. Terdapat tujuh bab untuk mapel Matematika Kelas 7 SMP Kurikulum merdeka. Nah, lebih jelasnya berikut rincian- rincian materi yang akan dipelajari baik pada semester ganjil maupun semester genap. 

Semester 1
Bab 1
Bilangan Bulat
1. Bilangan Positif dan Negatif
2. Penjumlahan dan Pengurangan
3. Perkalian dan Pembagian

Bab 2
Aljabar
1. Aljabar dalam Kalimat matematika
2. Menyederhanakan Bentuk Aljabar

Bab 3 
Persamaan Linear
1. Persamaan dan Pertidaksamaan
2. Penerapan Persamaan Linear

Bab 4
Perbandingan Senilai dan Perbandingan Berbalik Nilai

1. Fungsi
2. Perbandingan Senilai
3. Perbandingan Berbalik Nilai
4. Menerapkan Perbandingan Senilai dan Perbandingan Berbalik Nilai

Semester 2
Bab 5
Bangun Datar
1. Sifat- sifat bangun datar
2. Melukis garis, Sudut, dan bangun Datar
3. Transformasi Bangun Geometri

Bab 6 
Bangun Ruang
1. Sifat- Sifat Bangun Ruang
2. Berbagai Cara mengamati Bangun Ruang
3. Pengukuran Bangun Ruang

Bab 7
 Menggunakan Data
1. Bagaimana Menyelidiki Kecenderungan Data
2. Menggunakan Data

========================================================================================
Demikian Materi Matematika Kelas 7 SMP Semester Ganjil dan Genap Kurikulum Merdeka Terbaru, semoga informasi di atas dapat membantu teman - teman dalam mengetahui materi- materi apa saja yang terdapat pada mapel Matematika kelas 7 SMP  khususnya pada penerapan kurikulum merdeka. 

Semoga Bermanfaat. 

No comments:

Post a Comment