7/14/2022

Materi Seni Rupa Kelas 1 SD Semester Ganjil dan Genap Kurikulum Merdeka

Hai sahabat Ahzaa, kembali lagi di AhzaaNet. Tulisan kali ini masih akan mengupas tentang materi- materi mapel khususnya yang satuan pendidikannya mulai menerapkan Kurikulum Merdeka. Baik, meneruskan tulisan sebelumnya tentang materi seni musik untuk kelas 1 SD Kurikulum Merdeka, kita lanjutkan lagi yaa dengan ulasan materi- materi pada mapel seni rupa kelas 1 SD Kurikulum Merdeka. 

Seperti kita ketahui yaa teman- teman, Pembelajaran seni rupa mengajak kita untuk dapat berpikir terbuka, apresiatif, empatik, serta menghargai perbedaan dan keberagaman. Selain itu, kita juga memperoleh pengalaman estetik sebagai hasil proses perenungan dari dalam maupun luar diri mereka yang dituangkan dalam karya seni rupa. Karya yang mencerminkan emosi dan hasil pemikiran mereka yang berdampak pada diri, lingkungan maupun masyarakat. 

Image by poverss from Pixabay


Pembelajaran seni rupa bertujuan menjadi wahana yang menyenangkan bagi siswa untuk mengalami bagaimana kreativitas dapat membantu meningkatkan kualitas hidupnya. Melalui pengalaman belajar yang menyenangkan, relevan dan dekat secara emosional dengan kehidupan siswa sehari-hari, Pendidikan Seni Rupa bertujuan menghasilkan siswa yang antusias untuk  terus belajar (life long learner), kreatif,  mampu berani mengekspresikan diri, gigih berusaha, reflektif, bernalar kritis, berkontribusi aktif bagi lingkungannya dan selalu membuat keputusan dengan tanggung jawab. 


Kembali lagi ke materi- materi yang akan diajarkan pada mapel seni rupa yaa teman- teman. Berdasarkan buku teks panduan guru mapel Seni Rupa terbitan Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, Materi seni rupa berisi kegiatan- kegiatan yang akan dilakukan selama kelas 1. Kegiatan tersebut akan disesuaikan dengan profil murid dan kondisi sebenarnya di lapangan. Nah, apa saja kegiatan- kegiatannya, berikut rinciannya.  

======================================================================================
1.  Seni di Sekitarku
Siswa berdiskusi mengenai aneka karya seni dan alasan mereka menciptakan karya seni. Peserta didik akan mengeksplorasi  cara menggunakan media yang tersedia (mungkin pensil, krayon, pensil warna, spidol, kapur atau media lainnya). Siswa berdiskusi mengenai aneka karya seni dan alasan mereka menciptakan karya seni.

2.  Aneka Garis
Siswa mengidentifikasi aneka garis yang terdapat di sekitar mereka. Garis dibagi berdasarkan bentuknya menjadi lurus, bergelombang, zigzag, spiral, melingkar, lengkung. Garis juga dibagi berdasarkan arahnya menjadi vertikal, horizontal dan diagonal. Mereka akan menerapkan pengertian tentang garis tersebut ke dalam sebuah karya 2 dimensi, dan membandingkan media yang berbeda untuk menggambar garis.

3. Garis yang Menunjukkan Gerakan
Siswa membentuk persepsi dan menggambarkan kualitas garis (misalnya tebal, tipis atau rapat, renggang) dengan cara menghubungkannya dengan suara atau gerakan
tertentu. Mereka kemudian membuat gambar menggunakan berbagai macam garis sebagai bentuk respon terhadap musik tertentu.

4. Garis Membuat Bentuk 
Siswa membentuk persepsi tentang bagaimana garis lurus dan garis lengkung membuat bentuk geometris dan bentuk organik. Mereka kemudian menerapkan aneka bentuk ke
dalam sebuah karya 2 dimensi sambil mengidentifikasi jenis garis dan ukuran bentuk yang digambarnya. 

5. Membuat Bentuk dengan Potong & Tempel
Siswa menggunakan pemahamannya akan berbagai bentuk untuk membuat kreasi binatang imajinasinya dalam bentuk kolase. Dalam proses membuat kolase, siswa juga akan berlatih menggunakan gunting dan lem dengan efektif.

6. Bentuk dalam Topeng
Siswa mendiskusikan mengapa orang menciptakan dan memakai topeng. Mereka akan mengidentifikasikan fitur-fitur yang terdapat dalam sebuah topeng, kemudian menciptakan topeng manusia atau hewan dengan bahan yang tersedia.

7. Warna, Garis dan Bentuk
Siswa mendiskusikan perencanaan penggunaan garis, bentuk dan warna dalam sebuah karya. Mereka akan menciptakan sebuah karya atau desain dan merencanakan warna.

8. Bentuk yang  Berulang
Siswa mengidentifikasi garis, warna dan bentuk yang membentuk susunan berulang. Mereka akan membuat karya 2D dengan perulangan garis, warna dan bentuk.

9. Bentuk Huruf
Siswa   mengenali tipografi sederhana, mereka mengetahui bahwa sebuah huruf dapat dituliskan dengan berbagai cara atau gaya. Mereka membuat sebuah papan nama atau kartu ucapan sederhana yang menggunakan tulisan tangan mereka sendiri.

10. Bentuk Besar dan Kecil dalam Arsitektur
Siswa mengamati aneka bentuk dan ukuran pada sebuah bangunan. Mereka belajar bahwa arsitektur merupakan bagian dari seni dan memiliki peran penting bagi kehidupan. Siswa dapat membuat gambar atau membuat kolase bentuk bangunan.

11. Membuat Model Bangunan
Siswa mempelajari mengenai arsitektur sebagai bagian dari seni. Mereka belajar bahwa sebuah model dapat membantu perencanaan bangunan yang sesungguhnya. Mereka dapat membuat gambar rumah dan model rumah dari karton atau barang daur ulang atau bahan lain yang tersedia disekitar.

12. Membuat Model sebuah Kota
Siswa mendiskusikan bagaimana keindahan kota mempengaruhi kebahagiaan mereka. Siswa membuat model tata letak kota sederhana dengan menggunakan model bangunan yang telah dibuat sebelumnya.

13. Lebih Jauh  Tentang Garis
Siswa mengamati aneka garis lurus dan lengkung dalam sebuah karya seni. Mereka diminta untuk mengembangkan sebuah garis menjadi bentuk yang mereka inginkan dan mereka dapat secara singkat menjelaskan bagaimana proses mereka mendapatkan gagasannya.

14. Tekstur dan Pola
Siswa diajak untuk mengamati bagaimana setiap benda memiliki tekstur yang berbeda.  Mereka diminta mencari benda yang memiliki tekstur kasar dan kemudian memindahkan kesan tekstur ke media 2 dimensi tersebut melalui teknik gosok atau membuat tekstur dengan mengulang garis atau bentuk tertentu.

15. Bentuk Pada Wajah
 Siswa mengenali bentuk-bentuk dasar yang terdapat dalam fitur yang membedakan wajah seseorang dengan yang lainnya. Misalnya hidung merupakan gabungan segitiga dan lingkaran. Mereka menggambar atau membuat kolase untuk membuat potret wajah sendiri atau orang lain.

16. Observasi Hewan dan Tanaman
Siswa mendiskusikan mengenai hewan kesayangan mereka. Apa ciri khas fisik hewanhewan tersebut yang membuatnya berbeda dengan hewan lain? Mereka menggambar atau melukis atau membentuk hewan kesayangan mereka dengan menggunakan media yang dipilih.

17. Warna Primer dan Warna Sekunder  
Siswa mengidentifikasi warna primer dan sekunder. Mereka mempelajari prosedur pencampuran warna dengan menggunakan media kering seperti krayon minyak dan media basah seperti cat atau pewarna makanan.

18. Membuat Campuran Warna Gelap dan Terang
Siswa mengidentifikasi warna gelap dan terang dalam sebuah karya seni. Mereka mempelajari prosedur pencampuran untuk menciptakan warna gelap dan terang dengan menggunakan media kering (krayon atau pensil warna) ataupun basah (cat atau pewarna makanan).

19. Keindahan Dedaunan
Siswa diajak untuk menyadari begitu banyak karya seni dibuat berdasarkan wimba dari alam sekitar. Siswa mendiskusikan aneka bentuk dedaunan yang ada di alam dan fitur fisik sehelai daun. Mereka akan membuat karya cetak dengan menggunakan pewarna basah dan dedaunan yang mereka pilih.

20. Temukan Inspirasi Karya Senimu
Siswa mendiskusikan mengenai keindahan yang mereka lihat atau bisa dikerjakan selama liburan. Mereka membuat karya yang terinspirasi oleh liburan mereka.
======================================================================================
Demikian Materi Seni Rupa Kelas 1 SD Semester Ganjil dan Genap Kurikulum Merdeka. Oya, buat teman- teman yang ingin mengunduh buku guru dan siswa kelas 1 SD Kurikulum Merdeka, bisa melalui tautan link berikut,

Buku Guru dan Buku Siswa Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka
Terima kasih. Semoga Bermanfaat.

Salam.

No comments:

Post a Comment