7/01/2022

Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro Semarang, Info Kuliah dan Prospek Lulusannya

Salam sukses sahabat Ahzaa, bagaimana nih kabar kamu hari ini? Semoga selalu dalam keadaan sehat dan bahagia selalu. Pada kesempatan ini kami akan mengulas tentang Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat UNDIP.

Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat UNDIP merupakan salah satu program studi yang terdapat dalam Fakultas Kesehatan Masyarakat UNDIP. Pada tahun 2018 Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat UNDIP sudah mendapatkan predikat Akreditasi A berdasarkan Nomor 0689/LAM-PTKes/Akr/Sar/IX/2018. Gelar yang akan kamu terima jika dinyatakan lulus dari Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat UNDIP yaitu dengan gelar Sarjana Kesehatan Masyarakat (S.K.M). 

Image by Megan Rexazin from Pixabay


Sahabat ahzaa juga harus tau nih terkait tujuan program yang dimiliki Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat UNDIP diantaranya adalah
1.  Kemampuan untuk melakukan kajian dan analisa.
2.  Kemampuan untuk merencanakan dan mengembangkan kebijakan kesehatan.
3.  Kemampuan untuk melakukan komunikasi.
4.  Kemampuan untuk memahami budaya lokal.
5.  Kemampuan untuk melakukan pemberdayaan masyarakat.
6.  Memahami dasar-dasar ilmu kesehatan masyarakat.
7.  Kemampuan untuk merencanakan dan mengelola sumber dana.
8.  Kemampuan untuk memimpin dan berfikir sistem.

Kamu juga akan menerima mata kuliah diperkuliahan Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat UNDIP  materi yang akan kamu terima jika menjadi mahasiswa Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat UNDIP diantaranya memiliki 7 bagian atau departemen dan 9 perminatan, yaitu
1)  Administrasi dan Kebijakan Kesehatan (AKK)
2)  Biostatistik dan Ilmu Kependudukan (Biostat)
3)  Epidemiologi dan Penyakit Tropik (Epidemiologi)
      Entomologi
4)  Gizi Kesehatan Masyarakat (Gizi Kesmas)
     Kesehatan Ibu dan Anak (KIA)
5)  Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)
6)  Kesehatan Lingkungan (KL)
7)  Pendidikan Kesehatan dan Ilmu Perilaku (PKIP)

Kamu juga harus tau nih sahabat ahzaa mengenai profil lulusan Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat UNDIP diantaranya adalah menghasilkan SKM yang berjiwa Pancasila dan mempunyai kepedulian social, serta berkualifikasi lengkap seperti yang tertuang dalam profil lulusan, disingkat MIRACLE (Manajer, Innovator, Role Model, Apprentice, Comunitarian, Leader, Educator).

Selain profil lulusan sahabat ahzaa juga harus tau mengenai kompetensi lulusan yang terdapat di Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat UNDIP, diantaranya adalah
1.  Mendemonstrasikan pengetahuan dan pemahaman terhadap konsep bidang teknik kimia 
2.  Menunjukkan kecakapannya dalam mengoleksi, menilai, mengevaluasi, menganalisis, dan mensitesis informasi ilmiah di bidang teknik kimia dari berbagai sumber
3.  Bekerja secara aman, kompeten dan efektif pada berbagai kondisi tempat kerja
4.  Mendemonstrasikan kemampuan dalam mendesain, melaksanakan, memonitor, dan mengevaluasi outcome dari proyek yang dikerjakan dalam kelompok maupun individual
5.  Mendemontrasikan kemampuan melaksanakan dan melaporkan penelitian secara mandiri
6.  Bekerja dalam tim
7.  Menerapkan kemampuan berkomunikasi secara tertulis lisan/verbal dan visual, mengelola waktu, merencanakan proyek, dan analisis numeric serta teknologi informasi.

Metode pembelajaran dan asesmen yang akan lalui di jurusan Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat UNDIP adalah Ujian Tengah Semester (UTS), Ujian Akhir Semester (UAS), Penugasan Mandiri, Ujian Praktikum dan Ujian Skripsi yang dilaksanakan dengan beberapa cara yaitu ujian ntertulis, lisan, tugas penulisan makalah atau seminar dan kombinasi dari berbagai vara tersebut. Sedangkan untuk struktur dari persyaratan program yang wajib kamu tempuh jika menjadi mahasiswa Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat UNDIP yaitu dengan menempuh jumlah SKS 146, semester yang ditempuh 8 semester sampai dengan 14 semester.

Fasilitas bagi mahasiswa jurusan Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat UNDIP yang akan kamu terima yaitu ILS (Information and Learning Service), IT, perpustakaan, media, e-learning, pelatihan bahasa asing di pusat bahasa universitas, pelatihan IT, bimbingan dan konseling. 

Kebijakan dan prasyarat admisi yang harus sahabat ahzaa perhatikan jika ingin mendaftar dan melanjutkan studinya di jurusan Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat UNDIP, kamu harus mengikuti seleksi jalur SNMPTN/SBUB harus lulusan SMA/MA jurusan IPA, sedangkan melalui seleksi mandiri (SM)/SBMPTN dari SMA/MA/SMK jurusan IPA/IPS/Bahasa dengan berdasarkan hasil tes.

Nah, terima kasih sahabat Ahzaa sudah meluangkan waktunya untuk membaca dan selalu setia meyimak artikel yang kami sajikan. Semoga informasi yang kami sampaikan tentang Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat UNDIP ini dapat bermanfaat bagi kamu dan orang lain, silahkan bagikan kepada teman, sahabat dan keluarga kamu agar  tidak ketinggalan informasi penting ini. Cukup sampai sini dulu pembahasan kali ini kawan, sampai jumpa di pembahasan artikel selanjutnya. Jangan lupa ikuti kami dan simak selalu update blog kami. Salam.

No comments:

Post a Comment