7/04/2022

Program Studi S1 Perikanan Tangkap Universitas Diponegoro Semarang, Info Kuliah dan Prospek Kerjanya

Hai sahabat Ahzaa, salam sukses selalu yaa. Tetap semangat yukk kawan hadapi kehidupan dengan senyuman. Kesuksesan adalah dari kekonsistensian prinsip hidup yang sudah kamu buat, percayalah jika kamu fokus menjalani segala apa pun yang kamu lakukan dan tetap konsisten niscaya kesuksesan itu akan menghampirimu. Nah, Buat kamu yang suka dengan ilmu perikanan cocok nih ambil Program Studi S1 Perikanan Tangkap UNDIP. 

Program Studi S1 Perikanan Tangkap UNDIP  merupakan salah satu program studi yang terdapat dalam Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Program Studi S1 Perikanan Tangkap UNDIP pada tahun 2020 telah mendapatkan predikat Akreditasi A berdasarkan Nomor 1681/AK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/III/2020. Untuk gelar yang akan kamu terima jika dinyatakan lulus dari Program Studi S1 Perikanan Tangkap UNDIP  yaitu dengan gelar Sarjana Perikanan (S.Pi). 

Sebelum memilih kampus dan jurusan yang akan kamu tempuh, kamu juga perlu tau nih sahabat Ahzaa terkait tujuan program yang dimiliki Program Studi S1 Perikanan Tangkap UNDIP  diantaranya adalah mencetak lulusan yang handal dan profesional dalam bidang penangkapan ikan khususnya yang bersifat ramah lingkungan serta menciptakan sistem manajemen pemasaran dalam upaya mewujudkan kesejahteraan masyarakat. 

Image by Dimitris Vetsikas from Pixabay 

Adapun mata kuliah yang akan dijumpai pada Program Studi S1 Perikanan Tangkap UNDIP adalah 
  • Sistem informasi perikanan tangkap
  • Mesin kapal perikanan
  • Teknologi penangkapan ikan
  • Metode penangkapan ikan
  • Eksplorasi perikanan tangkap
  • Manajemen industri perikanan tangkap
  • Manajemen agrobisnis perikanan tangkap
  • Ekonomi perikanan
  • Penyuluhan dan komunikasi perikanan
 
Kamu juga harus tau nih sahabat Ahzaa mengenai profil lulusan calon jurusanmu yang akan kamu tempuh selama kurang lebih 4 tahun. Profil lulusan Program Studi S1 Perikanan Tangkap UNDIP  diantaranya departemen/ Dinas Perikanan dan Kelautan, Lembaga Penelitian dan Pengembangan, swasta dan konsultan. Selain profil lulusan sahabat ahzaa juga harus tau mengenai kompetensi lulusan yang terdapat di Program Studi S1 Perikanan Tangkap UNDIP , diantaranya adalah
  • Mendemontrasikan pengetahuan dan pemahaman terhadap konsep bidang bahasa dan sastra Indonesia
  • Menunjukkan kecakapannya dalam mengoleksi, menilai, mengevaluasi, menganalisis, dan mensitesis informasi ilmiah di bidang bahasa dan sastra Indonesia dari berbagai sumber
  • Bekerja secara aman, kompeten dan efektif pada berbagai kondisi tempat kerja
  • Mendemontrasikan kemampuan dalam mendesain, melaksanakan, memonitor, dan mengevaluasi outcome dari proyek yang dikerjakan dalam kelompok maupun individual
  • Mendemontrasikan kemampuan melaksanakan dan melaporkan penelitian secara mandiri
  • Bekerja dalam tim
  • Menerapkan kemampuan berkomunikasi secara tertulis lisan/verbal dan visual, mengelola waktu, merencanakan proyek, dan analisis numeric serta teknologi informasi.

Metode pembelajaran dan asesmen yang akan kamu lalui di jurusan Program Studi S1 Perikanan Tangkap UNDIP  adalah Tutorial, Student Center Learning (SCL), Asesmen melalui UTS, UAS, portofolio. Sedangkan untuk struktur dari persyaratan program yang wajib kamu tempuh jika menjadi mahasiswa Program Studi S1 Perikanan Tangkap UNDIP  yaitu dengan menempuh jumlah SKS 144, semester yang ditempuh 8 semester sampai dengan 14 semester.

Dukungan fasilitas bagi mahasiswa jurusan Program Studi S1 Perikanan Tangkap UNDIP  yang akan kamu terima yaitu ruang kuliah, Lab. Pengembangan Wilayah Pantai Jepara, Laboratorium, perpustakaan, kapal latih acahovie. Fasilitas tersebut dapat kamu gunakan sebaik-baiknya yah sahabat ahzaa dan fasilitas yang telah tersedia juga akan mempermudah mahasiswa dalam proses pembelajaran di dalam kelas maupun luar kelas. 

Kebijakan dan prasyarat admisi yang harus sahabat Ahzaa perhatikan jika ingin mendaftar dan melanjutkan studinya di jurusan Program Studi S1 Perikanan Tangkap UNDIP adalah seleksi jalur SNMPTN/SBUB harus lulusan SMA/MA jurusan IPA, sedangkan melalui seleksi mandiri (SM)/SBMPTN dari SMA/MA/SMK jurusan IPA/IPS/Bahasa dengan berdasarkan hasil tes.

Cukup sampai di sini pembahasan mengenai jurusan Program Studi S1 Perikanan Tangkap UNDIP. Terima kasih sudah meluangkan waktu mengunjungi blog kami dan selalu setia menyimak artikel yang kami suguhkan. Semoga informasi yang kami sampaikan mengenai jurusan Program Studi S1 Perikanan Tangkap UNDIP  ini dapat bermanfaat dan berkah selalu untuk kalian. Sekian yaa, sampai bertemu di pembahasan artikel selanjutnya. Jangan lupa tetap simak terus informasi lainnya di blog kami. Salam.

No comments:

Post a Comment