6/20/2022

Buku Guru dan Buku Siswa Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka

Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Dalam hal ini guru memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat ajar sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik. 

Gambar oleh Ylanite Koppens dari Pixabay

Nah, dengan diterapkannya kurikulum merdeka, tentunya ada yang berubah untuk jenjang SMP, salah satunya adalah mata pelajaran Informatika sebagai mata pelajaran wajib di SMP. Mata pelajaran Informatika berisi berbagai kompetensi untuk menunjang keterampilan berpikir kritis dan sistematis guna menyelesaikan beragam permasalahan umum meliputi penerapan logika proposisi, berpikir komputasional (computational thinking), penerapan teknologi informasi dan komunikasi, penggunaan sistem komputasi, penggunaan jaringan komputer dan internet, penerapan keamanan data dan informasi, analisis data, penerapan algoritma pemrograman, memahami dampak sosial informatika, dan penerapan teknologi digitalisasi industri. Selain itu mata pelajaran Prakarya menjadi salah satu pilihan bersama mata pelajaran Seni (Seni Musik, Seni Tari, Seni Rupa, Seni Teater). 

Adanya kurikulum merdeka pasti akan membuat beberapa perubahan baru, diantaranya penggunaan buku tes mata pelajaran. Berkaitan dengan hal tersebut Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan telah menyiapkan buku pendamping untuk siswa dan guru setiap mapel untuk sekolah yang menerapkan Kurikulum Merdeka yang tersedia untuk jenjang SD atau sederajat, SMP atau sederajat, SMA atau sederajat, dan SMK atau sederajat. 

Menginjak tahun ajaran baru ini bagi teman- teman yang mengajar jenjang SMP atau sederajat, bisa mempelajari dan memahami isi dari materi dalam buku- buku tersebut baik buku pegangan guru dan buku untuk pegangan siswa melalui tautan yang saya sediakan di bawah ini, 

 Buku Guru  Buku Siswa
 Pendidikan Agama dan Budi Pekerti Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
 PPKn PPKn
 Bahasa Indonesia Bahasa Indonesia
 Matematika Matematika
 IPA IPA
 IPS IPS
 Informatika Informatika
 PJOK PJOK
 Bahasa Inggris Bahasa Inggris
 Seni Teater Seni Teater
 Seni Musik Seni Musik
 Seni Rupa Seni Rupa
 Seni Tari Seni Tari

Dari buku- buku pendamping diatas, ada beberapa buku yang baru tersedia untuk buku guru saja seperti pada mapel PJOK, Seni teater, seni musik, seni rupa dan seni tari. Semoga saja melalui buku- buku pendamping untuk Kurikulum Merdeka dapat membantu mengimplementasikan kurikulum tersebut dengan baik.

Semoga Bermanfaat. 

No comments:

Post a Comment