2/15/2023

5 Cara Efektif Bagi Guru Untuk Menggunakan Canva dalam Pembelajaran di Kelas

Canva merupakan alat yang efektif membuat berbagai macam desain dengan mudah dan cepat. Dalam pembelajaran, kita dapat melibatkan Canva sebagai alat yang efektif untuk mendesain berbagai macam hal dan menggunakannya dalam kelas. 

Sebagai guru, kita dapat memanfaatkan Canva for Education. Melalui platform Canva for Education,  tersedia jutaan template yang dapat dipergunakan secara gratis. Teman- teman dapat memanfaatkan akun Belajar.id nya untuk login ke dalam Canva. Silahkan aktivasi akun Belajar.id nya terlebih dahulu untuk akses yang lebih luas. 

Nah, kita kembali ke karya yang dapat kita gunakan dalam kelas menggunakan Canva. Berikut ini 5 cara yang efektif bagi guru dalam menggunakan Canva dalam kelas seperti membuat tanda tangan email, membuat header, membuat buletin, membuat sertifikat pelajar maupun membuat rencana pembelajaran, lembar kerja dan sumber daya lainnya. 

Membuat Tanda Tangan Email
Template tanda tangan

Tanda tangan email termasuk dalam elemen penting dari komunikasi. Tanda tangan dapat berfungsi untuk menunjukkan kepribadian, memperkenalkan penulis email, dan memberikan informasi kontak yang diperlukan. Kita dapat membuat desain tanda tangan di Canva dengan cukup mudah. Kita dapat menelusuri dengan mengetikkan email signatures di kotak telusur untuk menemukan banyak template yang dapat dipilih. 

Membuat Header



Header merupakan suatu identitas tampilan website. Saat kita membuat Header yang menarik, secara langsung siswa juga akan terarah padakonten kita secara cepat. Header dapat ditempatkan pada situs seperti Google Sites, platform pembelajaran layaknya Google Classroom, Flipgrid, wakelet atau Microsoft Teams. Membuat Header dengan Canva sangat mudah. Kita bisa memanfaatkan template yang tersedia. 

Membuat Buletin atau Newsletter


Buletin sekolah merupakan sarana penyampaian komunikasi yang baik. Melalui buletin sekolah, siswa dapat menambah wawasan pengetahuan melalui literasi. Buletin dengan desain yang baik dan menarik akan menambah minat bagi siswa untuk membacanya. Kita dapat menggunakan Canva dalam mendesain buletin- buletin sekolah. 

Membuat Sertifikat Pelajar 


Salah satu cara untuk memotivasi siswa adalah dengan memberikan reward atau penghargaan. Penghargaan dapat memiliki efek positif bagi kemajuan belajar mereka.Kita dapat membuat sertifikat penghargaan bagi siswa yang berprestasi kemudian dapat dicetak dan dibagikan - baik di komputer atau perangkat seluler menggunakan Canva. 

Membuat Rencana Pelajaran, Lembar Kerja, dan Sumber Daya


Canva memungkinkan kita untuk membuat rencana pembelajaran, lembar kerja dan kebutuhan pembelajaran sendiri secara menarik. Menggunakan Canva untuk membuat rencana pembelajaran pasti bergunat. Dengan Canva, kita dapat melakukan keperluan editing secara cepat dan efisien. kita juga dapat berkolaborasi dengan rekan - rekan guru lain dalam merancang sumber daya yang menarik. Selain itu Canva juga merupakan tempat yang tepat untuk membuat lembar kerja dan sumber daya  sendiri. Kita dapat membuat konten spesifik sesuai target  kebutuhan siswa. Selain itu kita dapat melattih anak berkreasi sesuai dengan kemampuan mereka dalam memanfaatkan fitur Canva

Referensi10 Ways for Teachers to Use Canva in the Classroom (dengan perubahan yang disesuaikan sesuai kebutuhan pembelajaran di Indonesia)

Artikel ini bukan merupakan Post Berbayar (Paid Post)

No comments:

Post a Comment