2/22/2023

Apakah Tumbuhan juga Bernapas? Simak ya Penjelasannya Berikut ini!

Apakah tumbuhan juga bernapas seperti hewan dan manusia? Mungkin itulah pertanyaan yang sering terlintas dalam kehidupan kita sehari- hari. Yap, jawabannya tentu saja, Yap umbuhan juga bernapas layaknya organisme lainnya. 

Gambar oleh Bianca dari Pixabay 

Tumbuhan seperti hewan dan makhluk lainnya juga bernafas. Tumbuhan dalam kelangsungan hidupnya membutuhkan energi. Tumbuhan mendapatkan energi melalui proses respirasi di mana makanan berupa glukosa terurai dengan adanya oksigen untuk membentuk karbon dioksida dan air dengan pelepasan energi.

Energi tersebut digunakan oleh tanaman untuk melakukan berbagai proses kehidupannya. Jadi, Seperti organisme lain, tanaman juga bernafas untuk bertahan hidup. Respirasi pada tumbuhan berbeda dengan pada hewan . Dengan kata lain, pada tumbuhan, setiap bagian dapat secara mandiri mengambil oksigen dari udara, memanfaatkannya untuk memperoleh energi, dan mengeluarkan karbon dioksida.

Pernapasan pada Daun
Stomata
Source picture : Freepik


Pertukaran gas di daun selama respirasi terjadi melalui stomata yaitu pori-pori kecil di permukaannya. Adapun prosesnya yang terjadi adalah Oksigen dari udara masuk ke daun melalui stomata dan mencapai semua sel melalui proses difusi. Oksigen digunakan dalam respirasi di sel-sel daun. Karbon dioksida yang dihasilkan selama difusi keluar dari daun ke udara melalui stomata yang sama.

fotosintesis
Source Picture : Freepik


Reaksi fotosintesis membuat glukosa dan reaksi respirasi memecahnya. Dalam fotosintesis , energi yang masuk ke dalam reaksi adalah energi cahaya . Pada respirasi, energi yang keluar adalah energi kimia .

Pernapasan pada Akar
Sel- sel akar membutuhkan oksigen untuk melakukan pernapasan dan melepaskan energi untuk digunakan sendiri. Prosesnya yang terjadi adalah akar tanaman akan mengambil udara dari ruang antara partikel tanah. Rambut akar bersentuhan dengan udara dalam partikel tanah. Selanjutnya oksigen dari udara dalam partikel tanah berdifusi ke rambut akar dan mencapai semua sel akar untuk digunakan dalam pernapasan. Karbon dioksida yang dihasilkan dalam sel-sel akar selama pernapasan keluar melalui rambut akar yang sama melalui proses difusi.

Waktu Pernapasan pada Tumbuhan
Pernapasan pada tumbuhan terjadi sepanjang hari dan malam sehingga dihasilkan karbon dioksida. Namun, pada siang hari, jumlah karbon dioksida yang dilepaskan lebih sedikit dibandingkan dengan jumlah oksigen yang dihasilkan akibat dari hasil fotosintesis. 

Nah, sudah mengerti yaa, ternyata tumbuhan juga memerlukan napas seperti manusia maupun organisme lainnya.. Sekarang pertanyaannya, mengapa kita tidak boleh berada lama- lama di bawah pohon pada malam hari? Silahkan jawab pada kolom komentar yaa...

No comments:

Post a Comment