2/20/2023

Mengenal Macam- Macam Jenis TOEFL dan Perbedaannya

Test of English as a Foreign Language (TOEFL) merupakan salah satu tes kecakapan bahasa Inggris paling populer. Tes ini banyak digunakan sebagai prasyarat dalam berbagai kebutuhan misalnya saja keperluan dalam bidang pekerjaan maupun akademis saat akan melanjutkan kuliah ke luar negeri. 

Ujian TOEFL terdiri dari empat bagian yaitu Reading, Listening, Speaking dan Writing. TOEFL resmi diselenggarakan oleh ETS (Educational Testing Service) dengan masa berlaku sertifikat selama 2 tahun. 


source : pixabay

Jenis Ujian TOEFL
Ada lima jenis ujian TOEFL yaitu TOEFL PBT, TOEFL CBT, TOEFL-iBT,  TOEFL ITP, dan TOEFL Junior Tests .Berikut uraian lengkapnya 

TOEFL PBT
Jenis ujian TOEFL PBT termasuk tipe TOEFL yang paling umum digunakan. TOEFL PBT dikerjakan secara offline berbasis kertas. Durasi pengerjaan ujian TOEFL PBT adalah 2 jam 25 menit dengan terdiri dari tiga bagian tes yaitu Reading, Listening dan Writing. 
  • Reading dikerjakan selama 54 menit dengan 30 soal. Dalam soal reading, terdapat tiga bacaan teks dengan masing-masing 10 pertanyaan.
  • Listening dikerjakan dalam waktu kira- kira 41 menit dengan  28 soal yang terdiri dari dua Percakapan dengan 3 ceramah hinggan total 28 pertanyaan.
  • Writing dikerjakan dalam waktu 50 menit. Dalam uji writing, peserta harus merespon 1 tugas terintegrasi dan 1 tugas mandiri

TOEFL CBT
TOEFL CBT merupakan ujian TOEFL memanfaatkan komputer dalam ujiannya. Ujian TOEFL jenis ini sering dipilih sebelumnya dalam menguji kemahiran bahasa Inggris para peserta. Namun tes ini kemudian digantikan oleh TOEFL iBT (Internet Based Test) dan  akhirnya dihentikan penggunaannya pada tahun 2006. 

TOEFL iBT: Internet Based Test
TOEFL iBT merupakan jenis ujian TOEFL yang menggantikan ujian berbasis komputer (Computer Based Test - CBT). Ujian TOEFL iBT terdiri dari empat bagian, yaitu meliputi reading (membaca), Listening (mendengarkan), Speaking (berbicara) dan Writing (menulis). Ujian TOEFL iBT ini berlangsung dalam total waktu pengerjaan empat jam. Untuk lebih lengkap tentang pengerjaan ujian TOEFL iBT, berikut rinciannya,
  • Reading (Membaca). Bagian ini memuat 10 pertanyaan yang harus dikerjakan dalam waktu 54-72 menit.  
  • Listening (mendengarkan). Pada bagian ini dikerjakan dalam waktu 41-57 menit dengan enam pertanyaan atau ceramah serta percakapan. 
  • Speaking (Berbicara). Dalam uji speaking, para peserta harus berbicara tentang suatu topik atau masalah akademik. Uji speaking biasanya dilakukan dalam waktu 17 menit.
  • Writing (Menulis). Dalam uji writing, para peserta memiliki waktu  50 menit untuk memberikan pendapat atau memberikan analisis yang logis setelah membaca dan mengikuti perkuliahan di kelas.

TOEFL ITP
TOEFL ITP (Institutional Testing Program) merupakan ujian TOEFL yang digunakan secara luas dalam konteks akademik untuk menilai kemahiran bahasa Inggris dari penutur bahasa Inggris non-native. Biasanya, ujian TOEFL ITP juga digunakan perekrutan dosen- dosen perguruan tinggi dengan persyaratan skor tertentu.

TOEFL Junior Test
TOEFL Junior Test menguji kecakapan bahasa Inggris siswa sekolah yang berusia diatas sebelas tahun. TOEFL Junior terdiri dari dua format, yaitu berbasis kertas dan berbasis komputer. Tes ini memiliki empat bagian utama yang meliputi; Pemahaman Membaca, Pemahaman Mendengar, Berbicara dan Menulis.

Selain kelima jenis TOEFL test yang disebutkan di atas, ada satu lagi uji TOEFL yang sering kita temukan dalam  dunia pekerjaan atau akademis yaitu TOEFL Prediction Test. TOEFL Prediksi merupakan tes yang digunakan sebagai prediksi untuk mengetahui perkiraan kemampuan bahasa Inggris. Tes ini sering disebut sebagai simulasi TOEFL. Struktur dalam tes juga hampir mirip dengan struktur tes TOEFL resmi yaitu mengukur keterampilan Listening, Reading dan Structure. 

Biasanya beberapa institusi perkuliahan menyelenggarakan TOEFL prediksi sebagai salah satu  syarat kelulusan bagi mahasiswanya. Biaya TOEFL Prediksi pun lumayan murah dibandingkan dengan TOEFL yang diselenggarakan ETS (English Test Service). Nah, untuk keperluan kuliah atau beasiswa keluar negeri, umumnya hanya memberlakukan ujian TOEFL resmi dari ETS. 

Itulah Macam- Macam Jenis TOEFL dan Perbedaannya. Semoga tulisan ini bisa memberikan gambaran tentang macam- macam ujian TOEFL yang ada saat ini. Silahkan ambil tes sesuai kebutuhan  dan kepentingan. Punya pengalaman dengan ujian TOEFL dari ETS? share di kolom komentar yaa...

Salam.

No comments:

Post a Comment