2/13/2023

Mengenal Pear Deck, Webtool Pembelajaran Interaktif dalam Kelas Melalui Presentasi

Pear Deck merupakan sebuah webtool yang memungkinkan guru membuat dan menyajikan presentasi kelas di layar lebar secara interaktif dengan melibatkan siswa melalui perangkat mereka. Prinsip Pear Deck adalah menggabungkan slide presentasi dengan pertanyaan interaktif untuk membantu menjalankan pembelajaran berbasis inkuiri. Tentunya hal ini  menjadikan siswa untuk bekerja secara mandiri baik di dalam kelas maupun jarak jauh.

Melalui Pear Deck teman- teman dapat melihat secara langsung siswa yang berpartisipasi pada saat pembelajaran berlangsung. Tanggapan dari para siswa akan muncul di layar guru secara real time, meskipun dilakukan secara jarak jauh. 

Pear Deck


Teman - teman dapat dengan mudah membuat, membagikan, dan mempresentasikan presentasi Pear Deck mereka langsung dari laptop atau tablet. Yang dibutuhkan saat menggunakan Pear Deck adalah Google Slide. 

Template Tersedia
Pear Deck menyediakan berbagai macam template yang memberikan kemudahan dalam membuat presentasi secara interaktif. Ada enam jenis pertanyaan formative yang dapat dibuat melalui Pear Deck, diantaranya,
  • Draggable, instruksi untuk memintal siswa menyeret titik, pin, atau penanda lainnya. Pertanyaan ini biasanya merujuk pada gambar atau peta
  • Drawing, memberikan pilihan bagi siswa untuk menyatakan ekspresi mereka dengan lembar jawaban lembar kosong untuk menggambar.
  • Pertanyaan yang membutuhkan jawaban teks pendek atau teks panjang.
  • Soal pilihan ganda dengan jawaban ya/tidak, benar/salah, atau A,B,C,D.
  • Number, memberikan jawaban hanya nomor untuk sebuah pertanyaan, dan lihat rentang jawaban siswa.
  • Web, memberikan keleluasaan untuk mencari informasi melalui website
Sistem Kerja Pear Deck
Teman- teman akan menerima kode singkat setelah proyek dibuat. Kode tersebut dikirim kepada siswa melalui Google Classroom atau grup media sosial. Setelah mendapatkan kode, siswa dapat mengunjungi situs web Pear Deck dan memasukkan kode untuk dibawa ke presentasi.

Tanggapan siswa muncul di layar guru secara real time. Teman- teman akan diberikan pilihan mengunci layar siswa agar tidak mengubah jawaban mereka. Selama presentasi, guru dapat mundur ke slide sebelumnya untuk menambahkan pertanyaan tambahan.

Fitur Pear Deck
Pear Deck menawarkan banyak sumber daya bagi guru untuk membantu membuat dan bekerja dengan presentasi. Guru dapat memanfaatkan galeri pertanyaan, artikel bantuan, dan forum pengguna untuk mengembangkan ide dan kreatifitas.

Biaya Pear Deck
Pear Deck hadir dalam tiga paket yaitu basic (gratis), individual premium dan School & Districts

Basic
Fitur ini gratis dengan menawarkan sebagian besar fitur utama termasuk pembuatan pelajaran, integrasi Google dan Microsoft, Kunci dan Timer siswa, templat untuk digunakan, dan akses ke Pabrik Flashcard.

Individual Premium
Individual Premium seharga $149,99 per tahun. Paket ini memiliki semua hal di atas serta kemampuan untuk melihat dan menyorot respons berdasarkan nama, mendukung pekerjaan jarak jauh dan asinkron dengan mode Student Paced, menambahkan respons yang dapat diseret dan dapat digambar, menambahkan pertanyaan langsung dan aktivitas, bagikan perkembangan siswa dengan Takeaways, dapatkan Pembaca Imersif, tambahkan audio ke slide, dan banyak lagi.

School & Districts
Sekolah dan distrik dengan harga khusus termasuk semua laporan di atas ditambah pelatihan, dukungan khusus, dan integrasi LMS dengan Canvas dan Schoology.

Bagaimana? Tertarik mencobanya? Atau ada yang sudah mencoba Pear Deck, Yuk tulis pengalamannnya pada kolom komentar yaa...

Semoga Bermanfaat

No comments:

Post a Comment