2/25/2023

Mencoba Fitur Canva untuk Membuat Website Pembelajaran

Canva memiliki berbagai macam fitur yang memudahkan kita dalam membuat perangkat mengajar. Kita bisa mendesain, membuat pembelajaran interaktif, audioclip, presentasi, video pendidikan, infografik, lesson plan, jadwal kelas, website dan masih banyak lagi perangkat- perangkat yang menarik untuk para siswa. Kesimpulannya, Canva merupakan alat yang efektif membuat berbagai macam desain dengan mudah dan cepat. 

Guru- guru di Indonesia pun diberikan wadah untuk dapat memanfaatkan platform Canva for Education. Platform Canva for Education memungkinkan kita menggunakan jutaan template dalam Canva. Teman- teman dapat memanfaatkan akun Belajar.id untuk login ke dalam Canva . 

Nah, pada kesempatan ini akan saya bahas salah satu fitur Canva yaitu pembuatan website khususnya website pembelajaran melalui platform tersebut. Website saat ini digunakan dalam berbagai keperluan baik dalam bidang bisnis, penjualan, portofolio maupun pendidikan. Dalam pendidikan, misalnya, kita,  sebagai guru, akan lebih mudah dalam mentransfer ilmu melalui materi atau konten yang dibuat. Sekarang ini belajar dapat dilakukan dari mana saja, kapan saja dan website merupakan sarananya. 



Baik, untuk membuat Website melalui fitur Canva, ada beberapa langkah mudah untuk dilakukan. Namun sebelum website secara teknis dibuat, maka hal yang paling utama adalah kita tentukan dahulu pembelajaran seperti apa sih yang akan kita tuangkan melalui web kita. Setelah kita tentukan, kita akan mulai membuat web pembelajarannya. 

Berikut tahapan- tahapannya,

Buka Canva, pastikan bahwa teman- teman sudah login menggunakan akun Belajar.id



Cara termudah untuk membuat website pada Canva adalah dengan menggunakan fitur templat yang tersedia. Pada bilah pencarian, karena yang akan dibuat adalah web pendidikan, maka ketikkan saja "educational website"



Pilih salah satu templat yang tersedia. Disini saya memilih Template Green Yellow Bold Geometric Class Education Website. Template ini memungkinkan saya membuat konten pembelajaran dalam kelas. Template ini berisi beberapa slide atau halaman ke bawah. 



Kustomisasikan templat dengan memilih Customize this Template



Kita bisa atur templat web yang dipilih sebelumnya melalui halaman editor. Ubah setiap elemen sesuai kebutuhan web yang akan kita buat

a. Buat judul
b. Edit setiap tombol 
c. Gunakan elemen- elemen Canva yang tersedia



Langkah selanjutnya kita buat CTA (Call to Action) dari tombol- tombol yang dibuat. CTA merupakan arahan untuk para audiens web untuk berinteraksi pada web kita. CTA dapat berupa tombol atau tautan link. Untuk membuatnya, pilih pada tombol yang akan diarahkan, misalnya saja kita buat tombol "Agenda Harian" yang akan menuju pada halaman untuk Agenda Harian lalu klik simbol Link pada bagian pojok kanan atas



Tombol Agenda Harian berada pada halaman dua web yang dibuat, maka pilih 2-untitled. Klik Done jika sudah selesai


Untuk melihat hasil tampilan web kita, maka klik Pratinjau (Preview). Coba klik pada tombol tadi yang sudah kita buat, nanti secara otomatis tampilan akan menuju ke halaman yang dimaksud. Kita bisa melihat tampilan website kita melalui layar dekstop maupun smartphone. Resolusi layar akan menyesuaikan secara otomatis


Teman- teman dapat langsung Publish Website bila sudah mantap atau melakukan editing lagi jika ada yang masih kurang. 


Coba yaa kita Publish Website yang sudah kita buat. Kita bisa publish menggunakan Free Domain dari Canva. Klik Continue bila sudah siap..


Pada halaman ini, kita isikan deskripsi dari website dan pada bagian Hide My Website from Search Engine, kita centang saja. Hal itu kita lakukan karena website kita ditujukan untuk kalangan kita sendiri misalnya dalam lingkup kelas sehingga website kita akan tersembunyi dari mesin pencari seperti Google. Klik Publish bila sudah selesai.


Website kita sudah Live yaa sekarang.. Klik View Website untuk melihatnya


Inilah hasil dari website yang sudah dibuat.


Mudah bukan?

Langkah- langkah di atas hanyalah dasar pembuatan website melalui Canva. Tentunya teman- teman dapat mengembangkan kreasinya dengan lebih baik lagi menggunakan Canva dalam membuat website pembelajaran. Punya pengalaman dengan Canva dalam pembelajaran? Yuk share di kolom komentar yaa...

Selamat Mencoba.

No comments:

Post a Comment