2/14/2023

Simulasi SNPMB 2023, Berikut Tata Cara Login dan Kategori Tes yang Diujikan

SNPMB merupakan Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru yang ditetapkan berdasarkan Permendikbudristek nomor 48 tahun 2022. Terdapat tiga jalur seleksi masuk perguruan tinggi negeri tahun 2023 diantaranya adalah Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) dan Seleksi Mandiri oleh perguruan tinggi negeri. 

Jalur seleksi Nasional Berdasar Prestasi merupakan jalur seleksi berdasarkan hanya nilai akademik atau nilai akademik dan prestasi lainnya yang ditetapkan oleh masing-masing perguruan tinggi negeri. Sementara untuk jalur seleksi nasional berdasarkan tes (SNBT) diambil berdasarkan hasil UTBK dan dapat ditambah dengan kriteria lain sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan PTN akademik, PTN vokasi dan PTKIN yang bersangkutan. 

Gambar oleh F1 Digitals dari Pixabay

Sistem Ujian SNBT 2023 masih menggunakan ujian tulis berbasis komputer (UTBK). Adapun materi dalam UTBK yang diujikan mencakup tiga materi utama antara lain :
a. Tes Potensi Skolastik (TPS)
TPS mengukur kemampuan kognitif yang dianggap penting untuk keberhasilan di sekolah formal khususnya pendidikan tinggi. TPS mengujikan kemampuan penalaran umum, kemampuan kuantitatif pengetahuan dan pemahaman umum serta kemampuan memahami bacaan dan menulis. Sementara kemampuan kuantitatif akan mencakup pengetahuan dan penguasaan matematika dasar. 

b. Literasi dalam bahasa Indonesia dan literasi dalam bahasa Inggris. 
Tes ini bertujuan untuk mengukur kemampuan untuk memahami menggunakan mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks untuk menyelesaikan masalah dan mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia agar dapat berkontribusi secara produktif kepada masyarakat. 

c. Penalaran matematika
Tes ini bertujuan untuk mengukur kemampuan berpikir menggunakan konsep prosedur fakta dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga negara Indonesia dan warga dunia.

Berkaitan dengan soal- soal tersebut di atas, Balai Pengolahan Penguji Pendidikan (BPPP) memberikan simulasi berupa latihan soal sejenis yang akan diujikan dalam Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2023 mendatang. Simulasi SNPMB 2023 dapat dimanfaatkan siswa SMA/SMK/Sederajat yang hendak mengikuti SNBT 2023. Pendaftaran SNBT 2023 sendiri dijadwalkan pada 23 Maret hingga 14 April 2023. 

Simulasi SNPMB 2023


Berikut langkah- langkah untuk mengikuti simulai SNPMB 2023,  
  • Buka web simulasi SNPMB 2023 melalui https://simulasi-tes.bppp.kemdikbud.go.id/
  • Isikan Nama Lengkap dan Asal Sekolah/Instansi. 
  • Klik Lanjutkan. 
  • Pilih subtes yang hendak dikerjakan. Subtes mencakup tujuh kategori yaitu Literasi Dalam Bahasa Indonesia, Literasi Dalam Bahasa Inggris, Pemahaman Bacaan dan Menulis, Penalaran Matematika, Penalaran Umum, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, dan Pengetahuan Kuantitatif. 
  • Pilih OK untuk melanjutkan. 
  • Sistem akan menampilkan soal dan waktu pengerjaan.

Selamat Berlatih

No comments:

Post a Comment