2/06/2023

Mencoba Vocaroo, Web Tool Gratis untuk Membuat Perekam Suara Online

Halo sahabat Ahzaa, pada tulisan kali ini saya akan mengulas sebuah aplikasi berbasis web tool untuk membuat perekam suara online (online voice recorder) dengan Vocaroo. 

listening section/ source : Canva

Vocaroo merupakan alat perekam suara yang dirancang untuk memudahkan perekaman dan berbagi klip audio singkat. Penggunaannya pun cukup mudah, teman- teman  cukup buka situs web Vocaroo(open in new tab) dan tekan tombol rekam. Apabila teman- teman sudah menyambungkan ke perangkat  mikrofon, maka kalian langsung dapat memulai membuat dan membagikan rekaman Vocaroo.

Dalam pembelajaran, Vocaroo dapat menjadi alat yang efektif untuk menugaskan siswa dengan tugas yang berkaitan dengan rekaman. Selain itu siswa dapat terlibat dalam tugas berbasis audio, instruksi, atau umpan balik cepat. 

Penggunaannya pun cukup mudah, tidak diperlukan pendaftaran atau informasi masuk, dan setelah perekaman klip selesai, teman- teman diberi pilihan untuk mengunduh audio atau membagikannya melalui tautan, tautan sematan, atau kode QR. 

Kelebihan Vocaroo
Seperti disebutkan di atas, salah satu bagian terbaik tentang Vocaroo adalah kemudahan penggunaannya. 

Nah, berikut tutorial untuk memulai menggunakan Vocaroo. Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, Vocaroo merupakan sebuah aplikasi berbasis web tool yang memungkinkan kita merekam atau mengunggah klip audio tanpa membutuhkan instalasi atau akun tertentu untuk menggunakannya. Adapun untuk memulainya, persiapkan headset terlebih dahulu ya.

Berikut langkah- langkahnya, 
Untuk merekam suara, klik tombol rekam (recorded) dan mulailah berbicara. 
Klik "allow" pada settingan browser

Setelah selesai, teman- teman dapat mendengarkan kembali rekaman yang sudah dibuat. 

Terakhir, simpan dan bagikan rekaman teman- teman dengan menggunakan berbagai pilihan baik email, kode QR, tautan langsung, atau gunakan tautan sematan untuk memasukkannya ke blog atau situs web. 
Tidak hanya itu saja, Vocaroo juga memungkinkan anda untuk mengunduh klip audio yang sudah anda buat tadi dalam bentuk format MP3, Ogg, FLAC atau WAV.

Mudah bukan? 
Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment