2/14/2023

Pendaftaran SNBP 2023 dimulai, Yuk Simak Tata Cara dan Ketentuannya

Pendaftaran Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) akan dimulai pada hari Selasa, 14 Februari 2023 jam 15.00 WIB. SNBP merupakan salah satu jalur dari Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) tahun 2023.  

Siswa Eligible SNBP 2023
SNBP hanya dapat diikuti oleh siswa eligible dengan ketetapan sekolah. Siswa eligible merupakan siswa yang layak untuk mengikuti Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2023). 

Photo by Clark Tibbs on Unsplash


Adapun syarat yang dinyatakan layak sebagai Siswa Eligible SNBP 2023 adalah siswa SMA/MA/SMK kelas terakhir (kelas 12) pada tahun 2023 yang memiliki prestasi unggul antara lain :
  • Memiliki prestasi akademik dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing PTN.
  • Memiliki NISN dan terdaftar di PDSS.
  • Memiliki nilai rapor semester 1 s.d. 5 yang telah diisikan di PDSS.
  • Peserta yang memilih program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah Portofolio.
Pemilihan PTN
Syarat untuk pemilihan program studi bagi siswa eligible SNBP 2023 diantaranya:
  • Setiap siswa dari jurusan IPA, IPS atau Bahasa dizinkan memilih program studi di PTN.
  • Setiap siswa dapat memilih dua program studi dari satu PTN atau dua PTN.
  • Jika memilih dua program studi, salah satu harus berada di PTN pada provinsi yang sama dengan SMA/MA/SMK asalnya.
  • Jika memilih satu program studi, dapat memilih PTN yang berada di provinsi mana pun.
  • Pemeringkatan siswa yang layak ikut SNBP diserahkan sepenuhnya pada sekolah dengan mempertimbangkan kuota 40 persen dari jumlah siswa. Dalam hal ini sekolah harus memastikan jika siswa akan mengambil SNBP tersebut, sehingga kuota 40 persen itu terpenuhi.

Penetapan siswa eligible SNBP 2023 sudah dibuka mulai 3 Januari – 8 Februari 2023. Pada pendaftaran SNBP 2023, sekolah diwajibkan sudah melakukan finalisasi PDSS terutama pada siswa yang eligible tersebut. 

Ketentuan Pendaftaran SNBP SNPMB 2023 
Pendaftaran SNBP oleh siswa eligible berlangsung dari 14-28 Februari 2023 melalui laman SNPMB 2023 di http://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/

Pendaftar dapat memiliki dua program studi (prodi) dari satu PTN atau dua PTN. Adapun ketentuan pemilihan prodi yaitu apabila pendaftar memilih satu prodi, maka dia berhak mengambil satu prodi di provinsi mana pun. Tetapi apabila yang diambil dua prodi, maka lokasi pilihan PTN mesti satu provinsi dengan SMA/MA/SMK asalnya. 

Tahapan mendaftar SNBP
1. Siswa yang datanya telah masuk dalam PDSS, melakukan pendaftaran SNBP  melalui https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id
2. Siswa yang mendaftar memilih paling banyak dua PTN. Kemudian cetak dan simpan kartu pendaftaran sampai semua proses SNBP selesai. 
3. Peserta memilih program studi Bidang Seni dan Olahraga, maka ada tambahan untuk wajib mengisi portofolio. Cetak dan simpan kartu pendaftaran sampai semua proses SNBP selesai. 
4. Seleksi akan dilakukan berdasarkan kriteria yang ditetapkan masing-masing PTN setelah data pendaftaran dari siswa masuk ke sistem. 
5. Pengumuman hasil Daftar peserta yang lolos SNBP 2023 disampaikan melalui laman SNPMB atau mirrornya pada tanggal 28 Maret 2023, pukul 15.00 WIB. 

Bagi calon mahasiswa yang lolos SNBP diwajibkan mengikuti proses daftar ulang di PTN yang menerimanya. Calon mahasiswa secara resmi diterima jika sudah memenuhi persyaratan dalam daftar ulang. 

Cetak Kartu
Pencetakan kartu peserta SNBP dapat dilakukan lewat situs SNPMB 2023 pada laman https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id melalui akun masing-masing. 

Kartu peserta SNBP baru akan muncul setelah siswa melakukan finaliasasi pendaftaran SNBP. Kartu peserta SNBP tidak boleh hilang dan harus disimpan sampai dengan hasil seleksi pengumuman serta daftar ulang SNBP selesai dilakukan.


No comments:

Post a Comment