2/15/2023

Aturan Pemilihan Jurusan Pendaftaran SNBP 2023, Simak Ketentuannya

Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB)  2023 terdiri atas dua jalur seleksi, yakni SNBP dan SNBT (Seleksi Nasional Berdasarkan Tes). Untuk jalur SNBP digelar dengan mekanisme seleksi berdasarkan prestasi akademik dan non-akademik. 

Gambar oleh Gerd Altmann dari Pixabay

Pendaftaran SNBP 2023 sudah resmi dibuka 14 Februari 2023 sampai dengan 28 Februari 2023. Sebelum mendaftar, teman- teman dapat membaca dengan saksama panduan pendaftaran yang memuat segala proses pendaftaran dan penjelasan secara lengkap. 


Pada seleksi penerimaan SNBP tahun ini, ada aturan yang berbeda dibandingkan dengan seleksi sebelumnya yaitu pemilihan jurusan lintas program S1 dan D3 pada pilihan jurusan 1 dan 2. 

Pilihan prodi pada SNPMB 2023 memungkinkan para peserta untuk memilih prodi di jenjang S1 atau S1 Terapan (D4) maupun bisa memilih jurusan D3. Sehingga jumlah PTN dengan prodinya masing-masing yang bisa dipilih peserta akan semakin banyak. 

Aturan Pilihan Jurusan SNBP 2023
Berikut rangkuman aturan pilihan jurusan SNBP 2023 dari sosialisasi lewat kanal Youtube SNPMB BPPP,
  • Pemilihan Prodi pada SNBP 2023 ini sifatnya tanpa batasan asal jurusan. Siswa eligible pada pendaftaran SNBP 2023 dapat memilih prodi tanpa dibatasi asal jurusannya di SMA. Saat ini tidak ada aturan pengelompokan siswa dari jurusan IPA, IPS, atau Bahasa, yang mengharuskan mendaftar di prodi-prodi tertentu. 
  • Siswa yang nantinya dinyatakan terima dalam SNBP baik pada pilihan satu atau dua wajib untuk melakukan daftar ulang sebagai syarat bagi peserta untuk sepenuhnya menjadi mahasiswa di PTN yang dipilih. Siswa yang mengundurkan diri, maka ia tidak diperbolehkan mengikuti seleksi jalur lainnya, yaitu UTBK-SNBT.
  • Peserta  diperbolehkan untuk memilih prodi pilihannya pada jenjang program studi (prodi) yang berbeda secara kombinasi seperti jenjang S1, S1 Terapan (D4), maupun Diploma 3 (D3). Sebagai contoh peserta SNBP 2023 memilih jurusan S1 sebagai pilihan pertama, maka ia boleh memilih prodi D3 sebagai pilihan kedua. Tetapi, jika siswa memutuskan memilih dua program studi (prodi), maka ia terikat dengan ketentuan pemilihan PTN. 
  • Siswa yang memilih 2 prodi, salah satu jurusan harus berada di PTN yang berada di provinsi sama dengan SMA/MA/SMK asal. Sementara peserta yang hanya memilih satu prodi dibebaskan memilih PTN di provinsi mana pun.
Cek Daya Tampung PTN
Buat teman- teman yang mendaftar, sebelum memilih program studi dan perguruan tinggi tujuan, kalian dapat mengecek daya tampung dari masing- masing Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia pada SNPMB tahun 2023 ini melalui  tautan berikut, sidata-ptn.ltmpt.ac.id/ptn_sn.php

Pada laman tersebut terdapat 94 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) se-Indonesia. Kalian dapat mengetahui  profil perguruan tinggi, jurusan, jenjang,  info daya tampung dan jumlah peminat di tahun sebelumnya. Selain itu juga akan menampilkan ada tidaknya portofolio dalam prodi tersebut. 

Selamat Berjuang

Semoga Sukses

Salam.

No comments:

Post a Comment