2/07/2023

Serunya Belajar dengan Menjelajah Dunia Seni Melalui Google Arts and Culture

Google Art and Culture merupakan salah satu platform Google untuk menampilkan tentang seni, sejarah, dan tempat-tempat menakjubkan yang ada di seluruh dunia. Melalui Google Art and Culture, teman- teman dapat berkunjung ke museum-museum seluruh dunia, melihat lukisan-lukisan terkenal, mengamati aneka artefak langka, dan menonton pertunjukan kelas dunia. Selain itu kalian juga dapat mempelajari tokoh sejarah, rangkaian peristiwa bersejarah, dan aneka objek seni. Dalam arti lain, Google Art and Culture memberikan kita kesempatan untuk melihat berbagai karya- karya tersebut melalui web browser atau smartphone kita.

image credit : Google Arts and Culture

Cara mengaksesnya cukup mudah yaa teman- teman, Google Art and Culture tersedia dalam berbagai platform seperti browser web maupun aplikasi pada sistem operasi iOS dan Android. Saat kita menggunakan aplikasi baik iOS maupun Android, terdapat pilihan untuk Google Cast ke layar yang lebih besar. Nah, buat teman- teman guru, hal tersebut dapat menjadi opsi yang berguna dalam pembelajaran kelompok di dalam kelas.

Untuk memulainya, teman- teman dapat masuk menggunakan akun Google, sudah punya semua kan? Hal ini berguna ketika kita ingin menyimpan sesuatu yang dibutuhkan.

Teman- teman dapat menjelajah dengan berbagai cara, mulai dari menelusuri berdasarkan artis atau peristiwa bersejarah hingga menelusuri menggunakan lokasi geografis,  bahkan tema, seperti warna. Jangan kaget yaa, Google Art and Culture ini menawarkan akses ke koleksi museum serta situs dunia nyata dengan gambar yang diambil dari database Google. Hal inilah yang memungkinkan kita untuk mengunjungi lokasi seperti instalasi seni atau bahkan tempat non-seni.

Keterangan dalam karya seni
Image Credit : Google Arts and Culture

Hal yang menarik dari Google Arts and Culture adalah fitur augmented reality yang membuat perjalanan virtual menjadi sangat eksploratif. Misalnya, teman- teman dapat menggerakkan objek menggunakan visual 3D animasi seperti kerangka hewan dinosaurus. 

Pada beberapa objek juga terdapat keterangan berupa narasi yang akan memberikan penjelasan yang lengkap akan objek tersebut. 

Narasi dalam objek Museum Louvre
Image Credit : Google Arts and Culture

Google Arts and Culture juga menawarkan eksperimen dan permainan interaktif untuk memungkinkan interaksi lebih lanjut dengan apa yang ditampilkan seperti penggunaan kamera untuk melakukan hal-hal seperti mengambil foto hewan peliharaan dan membuat karya seni dengan hewan peliharaan tersebut agar muncul untuk dijelajahi. 

Meskipun layanan Google Arts and Culture gratis. Namun layanan ini selalu berkembang dan menawarkan konten baru, yang menjadikan platform ini selalu menarik. Tertarik mengunjunginya? buka aja di https://artsandculture.google.com/

Semoga Bermanfaat

No comments:

Post a Comment