2/17/2023

Langkah- Langkah Simulasi UTBK- SNBT 2023 & Materi Soal yang Diujikan

Jalur seleksi nasional berdasarkan tes (SNBT) merupakan salah satu jalur masuk perguruan tinggi negeri pada SNPMB 2023. Jalur SNBT menitikberatkan pada hasil UTBK dengan sistem yang masih menggunakan ujian tulis berbasis komputer (UTBK). 

Gambar oleh F1 Digitals dari Pixabay

Pada UTBK-SNBT 2023, para peserta dapat mengikuti simulasi UTBK- SNBT SNPMB 2023 untuk mempersiapkan tes. Melalui simulasi tersebut para peserta akan mendapatkan gambaran tipe soal yang sesuai dengan materi tes. 

Adapun materi dalam UTBK SNBT yang diujikan mencakup tiga materi utama yaitu Tes Potensi Skolastik, Literasi dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, serta penalaran Matematika. Rincian dari ketiga kategori tes adalah sebagai berikut,
 
A. Tes Potensi Skolastik (TPS)
TPS mengukur kemampuan kognitif yang dianggap penting untuk keberhasilan di sekolah formal khususnya pendidikan tinggi. TPS mengujikan kemampuan penalaran umum, kemampuan kuantitatif pengetahuan dan pemahaman umum serta kemampuan memahami bacaan dan menulis. Sementara kemampuan kuantitatif akan mencakup pengetahuan dan penguasaan matematika dasar. 

1. Penalaran Umum



2. Pengetahuan dan Pemahaman Umum



3. Pengetahuan Kuantitatif



4. Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis



B. Literasi dalam bahasa Indonesia dan literasi dalam bahasa Inggris. 
Tes ini bertujuan untuk mengukur kemampuan untuk memahami menggunakan mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks untuk menyelesaikan masalah dan mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia agar dapat berkontribusi secara produktif kepada masyarakat. 
1. Literasi dalam bahasa Indonesia



2. Literasi dalam bahasa Inggris



C. Penalaran matematika
Tes ini bertujuan untuk mengukur kemampuan berpikir menggunakan konsep prosedur fakta dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga negara Indonesia dan warga dunia.





Simulasi SNPMB 2023


Berikut langkah- langkah untuk mengikuti simulai SNPMB 2023,  
  • Buka web simulasi SNPMB 2023 melalui https://simulasi-tes.bppp.kemdikbud.go.id/
  • Isikan Nama Lengkap dan Asal Sekolah/Instansi. 
  • Klik Lanjutkan. 
  • Pilih subtes yang hendak dikerjakan. Subtes mencakup tujuh kategori yaitu Literasi Dalam Bahasa Indonesia, Literasi Dalam Bahasa Inggris, Pemahaman Bacaan dan Menulis, Penalaran Matematika, Penalaran Umum, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, dan Pengetahuan Kuantitatif. 
  • Pilih OK untuk melanjutkan. 
  • Sistem akan menampilkan soal dan waktu pengerjaan.

Selamat Berlatih

No comments:

Post a Comment