2/17/2023

Mengenal Seesaw, Platform Digital untuk Pemberian Tugas, Interaksi Kelas, dan Portofolio Digital dalam Pembelajaran

Seesaw merupakan sebuah platform digital yang memungkinkan guru dalam memberikan tugas bagi siswa, dan memberikan umpan balik di antara aktivitas kelas lainnya. Tugas - tugas yang diberikan  dapat berupa video, foto, teks, gambar, file, maupun gambar. 

Selain itu, guru juga dapat menggunakan Seesaw untuk membuat blog kelas, berkomunikasi dengan siswa dan keluarga, membuat dan mengatur aktivitas pembelajaran, serta menilai pekerjaan siswa melalui portofolio digital. 

Penggunaan Seesaw sangat mudah karena antarmuka yang mudah dipahami. Seesaw dirancang untuk guru, siswa, dan keluarga. Aplikasi ini populer di kalangan guru tingkat sekolah dasar, guru mata pelajaran di sekolah menengah, namun paling sering digunakan di sekolah dasar. 

Mengenal Fitur Seesaw

Beberapa fitur Seesaw yang berguna bagi siswa antara lain sebagai berikut,
Pemberian Tugas
Guru dapat menetapkan semua jenis tugas di Seesaw, baik lembar kerja digital maupun tugas yang melibatkan integrasi platform lain seperti Google Docs. 

Blog kelas
Opsi ini memungkinkan guru untuk membuat ruang belajar bersama, yang memberi siswa kesempatan untuk berkolaborasi, serta melihat dan mengomentari pemikiran satu sama lain. Blog, yang ditempatkan di alamat web/URL terpisah, dapat dilindungi kata sandi, dan guru dapat memilih untuk memoderasi postingan. Video ikhtisar tentang blog Seesaw ini membahas berbagai bagaimana dan mengapa menggunakan fitur ini.

Komunikasi dan umpan balik
Guru dapat mengomentari kiriman siswa dengan rekaman audio atau komentar tertulis untuk memberikan umpan balik, pengalihan, dan dorongan. Guru dapat mengirim pengumuman grup ke kelas atau keluarga, dan mereka dapat mengirim pesan pribadi individu melalui sistem pesan dalam Seesaw. Keluarga juga dapat memilih untuk mendapatkan pembaruan dan pemberitahuan saat siswa sudah menyelesaikan tugas.

Pengaturan aktivitas
Seesaw memungkinkan pengguna melakukan membuat, berbagi, dan mengatur aktivitas. 

Portofolio digital
Siswa dapat menyusun pekerjaan mereka dalam portofolio digital, baik dengan menyimpan pekerjaan yang telah mereka selesaikan secara online, atau dengan menggunakan aplikasi untuk memotret benda- benda yang dibutuhkan dalam pembelajaran mereka. Hal ini memungkinkan guru untuk menilai kemajuan siswa dari waktu ke waktu. Dalam video tentang menggunakan Seesaw sebagai portofolio ini, seorang siswa menjelaskan bagaimana dia dapat mengambil gambar dan menambahkan entri ke dalam portofolio Seesaw miliknya.

Memulai Seesaw
Untuk lebih jelasnya, berikut langkah- langkah bagaimana memulai Seesaw.
Bagi guru dan siswa, memulai Seesaw dapat melalui web browser atau melalui aplikasi smartphone. Aplikasi smartphone dapat diunduh melalui Playstore atau Appstore . Dalam tutorial berikut, saya menggunakan web browser. 
Bagi pengguna guru, pada tampilan pertama Seesaw, silahkan pilih I'm a Teacher. Sedangkan untuk siswa, pilih opsi I'm a Student

Lakukan proses login melalui https://app.seesaw.me/. Jika belum memiliki akun Seesaw, daftar terlebih dahulu, bisa menggunakan email Google. Selesaikan proses hingga berhasil. 

Buat kelas terlebih dahulu, Klik pada admin Seesaw, lalu Create New Class





Beri nama kelas dan pilih jenjang kelas 

Kelas akan otomatis tampil pada dashboard seesaw teman- teman.

Memberikan Penugasan bagi Siswa

Klik Add lalu pilih Assign Activity


Buatlah aktivitas baru, lalu isikan nama aktivitas, instruksi, Tambahkan instruksi contoh multimedia melalui Add Multimedia Example or Instructions

Lampirkan tugas yang ingin disisipkan seperti foto, gambar, video, dokumen upload, catatan atau tautan link. Sebagai contoh saya akan melampirkan dokumen sebagai tugas untuk siswa, maka pada bagian Attach Item, klik Upload.


Pilih File yang akan diupload, bisa dari komputer atau Google Drive


Berikut tampilan dokumen yang sudah terseleksi untuk diupload. Dokumen juga dapat ditambahkan teks, audio, atau foto. Klik centang bila sudah siap untuk upload.





Hasil upload pada aktivitas yang kita lakukan sebelumnya


Rencana tugas yang dibuat sudah masuk pada Resource Library. Klik Assign untuk melakukan penugasan



Kita bisa menugaskan ke kelas yang sudah kita buat. Jika kita mengajar banyak kelas dalam jenjang yang sama, maka kita bisa memilih beberapa kelas sekaligus.


Nah, kita tunggu respon dari siswa. Kita bisa menggunakan media sosial atau grup kelas untuk memberitahukan tentang tugas yang harus dikerjakan. 

Instruksikan siswa untuk daftar lalu login serta memberikan respon tugas tersebut.

Kita bisa cek tugas siswa melalui halaman Activities .


Menarik bukan? 
Buat teman- teman yang sudah memiliki pengalaman menggunakan Seesaw, bisa tulis di kolom komentar yaa...

Selamat mencoba

No comments:

Post a Comment