2/09/2023

Mengenal Duolingo English Test, Alternatif Tes Kecakapan Bahasa Inggris Persyaratan Beasiswa

Teman- teman, Salah satu persyaratan beasiswa LPDP adalah memiliki sertifikat tes kecakapan bahasa Inggris seperti TOEFL, IELTS, Duolingo English Test (DET) maupun TOEP dengan skor tertentu yang dipersyaratkan. Nah, saat membaca persyaratan ini, ada satu tes yang mungkin tampak asing bagi kita sebagai tes kecakapan bahasa Inggris yaitu Duolingo English Test (DET). Sebenarnya apakah sih Duolingo English Test (DET) dan bentuk soal seperti apa yang diujikan serta skor pencapaiannya, mari kita bahas lebih lanjut melalui tulisan di bawah ini,

Duolingo English Test (DET) merupakan salah satu tes sebagai penilaian kecakapan bahasa Inggris yang digunakan untuk mengevaluasi kemampuan dalam membaca, menulis, berbicara, dan mendengarkan bahasa Inggris. Duolingo English Test (DET) terdiri atas soal pilihan ganda dan soal dengan pertanyaan terbuka untuk menilai kemampuan bahasa Inggris lisan dan tulisan. 

Gambar oleh F1 Digitals dari Pixabay

Saat ini banyak perguruan tinggi dan universitas di Amerika Serikat yang membutuhkan bukti kemampuan bahasa Inggris khususnya untuk calon siswa internasional. Duolingo English Test (DET) serupa dengan Tes kecakapan Bahasa Inggris seperti TOEFL maupun IELTS. Duolingo English Test (DET) dapat digunakan sebagai laporan skor sebagai pengganti tes- tes tersebut di banyak universitas. 

Tes Penempatan Siswa
Banyak universitas menggunakan Duolingo English Test (DET) sebagai tes penempatan untuk siswa internasional yang masuk. Hal ini ditujukan untuk menempatkan mahasiswa sesuai dengan tingkat kemampuan bahasa Inggrisnya dan memberikan layanan pendidikan yang baik sebagai pengalaman kuliahnya.

Selain untuk keperluan belajar di perkuliahan, Duolingo English Test (DET) juga digunakan dalam dunia kerja. Teman- teman dapat menyertakan tautan ke laporan skor Duolingo English Test (DET) pada resum lamaran kerja. Hal ini membantu calon pemberi kerja memverifikasi kecakapan bahasa Inggris sebagai bagian dari proses wawancara yang dilakukan. 

Syarat Tes
Untuk mengikuti Duolingo English Test (DET), syaratnya cukup mudah, teman- teman cukup mempersiapkan komputer atau laptop lengkap terhubung kamera dan koneksi internet yang lancar. Seluruh tes akan berlangsung secara online, dan pengawas akan meninjau rekaman untuk memastikan bahwa teman- teman mengikuti aturan yang ditetapkan. Syarat lainnya adalah tersedianya ruangan yang cukup terang dengan kamera video, mikrofon, dan speaker komputer. 

Durasi Tes
Durasi waktu pengerjaan Duolingo English Test (DET) adalah sekitar satu jam. Ada tiga bagian dari Duolingo English Test (DET) yang harus dikerjakan antara lain,
  1. Pendahuluan dan penyiapan (lima menit)
  2. Tes adaptif (45 menit)
  3. Wawancara video (10 menit)

Hasil tes akan diterima dalam waktu 48 jam. Sementara hasil tes dalam bentuk sertifikat akan berlaku selama dua tahun. Duolingo English Test (DET) memiliki aturan pengujian yang ketat untuk diikuti oleh semua peserta tes. Aturan-aturan ini termasuk yang berikut:
  • Telinga dan wajah tidak tertutup dan terlihat oleh pengawas setiap saat.
  • Menjauhkan perangkat seluler, catatan, dan buku teks dari area pengujian.
  • Selalu melihat layar perangkat setiap saat selama pengujian.
  • Selalu tetap berada di jendela tes setiap saat.
  • Menghindari penggunaan alat masukan teks prediktif dan perangkat lunak kamera web.

Kelebihan Duolingo English Test (DET)
Duolingo English Test (DET) memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan tes kecakapan bahasa Inggris lainnya, seperti ujian TOEFL dan IELTS. Hal ini dapat dilihat dari besaran biaya, kenyamanan dan kecepatan dalam penilaian.

Biaya Terjangkau
Biaya Duolingo English Test (DET) hanya sekitar $49 atau kalau dikurs-kan dalam rupiah sebesar Rp.700 ribuan plus pajak yang berlaku. Skor pencapaian dapat dikirimkan ke sekitar 40 institusi tanpa adanya biaya tambahan. Jika dibandingkan dengan Tes TOEFL, yang berkisar $200 atau 2,9 jutaan tentunya biaya Duolingo English Test (DET) berharga lebih murah. Sementara IELTS, mengenakan biaya lebih dari $200 atau 2,9 juta untuk ujiannya.

Fleksibel Tempat
Duolingo English Test dapat dikerjakan sesuai dengan keinginan kita. Kita dapat memilih lokasi yang tenang dan terang, tentu saja dengan perangkat komputer  baik dan koneksi internet yang lancar. Setelah membeli tes, teman- teman dapat mengikutinya kapan saja dalam 21 hari berikutnya. Jika teman- teman mengalami hari ujian yang buruk, kalian dapat dengan mudah mengikuti ujian lagi, sebanyak dua kali dalam periode 30 hari.

Kecepatan penilaian
Untuk mengetahui hasil tes yang dikerjakan, Duolingo English Test (DET) akan mengirimkan hasil tes dalam waktu 48 jam setelah pengerjaan tes.

Persiapan ujian
Sebagai tes adaptif, tingkat kesulitan pertanyaan untuk Duolingo English Test (DET) akan menyesuaikan saat teman- teman mengerjakan soal, dan kemungkinan besar kalian tidak akan dapat menentukan sebelumnya pertanyaan mana yang akan diterima pada hari tes. 

Duolingo memberikan panduan kesiapan ujian yang mencakup tes latihan gratis, panduan tes, ikhtisar selama proses tes, dan contoh setiap jenis pertanyaan pada tes. 

Itulah tentang Duolingo English Test (DET) sebagai tes alternatif untuk persyaratan beasiswa LPDP. Sekarang mau pilih yang mana, Duolingo English Test (DET), TOEFL, atau IELTS, pilih di kolom komentar yaa...

Salam. 

No comments:

Post a Comment