2/13/2023

Membuat Pembelajaran yang Menarik dengan Integrasi Quizizz dengan Canva : Menambahkan Meme Canva di Quizizz

Kita mengenal Canva sebagai alat yang efektif membuat berbagai macam desain dengan mudah dan cepat. Kita juga mengenal Quizizz sebagai platform penilaian, instruksi, dan latihan yang menarik sehingga menjadikan pembelajaran menjadi lebih interaktif dan menyenangkan. 

Nah, bagaimana kalau kedua platform tersebut dikombinasikan dalam membuat sebuah pembelajaran yang sangat menarik dikelas. Saat ini Canva merancang koleksi template meme bagi siswa secara khusus untuk diintegrasikan ke dalam kuis yang dibuat di Quizizz.

Namun sebelum kita masuk ke dalam langkah- langkah pembuatan, ada syarat yang harus dipenuhi yaitu teman- teman harus memiliki akun Canva for education (Canva untuk pendidikan) yang berkaitan dengan akun Belajar.id . Apabila teman- teman belum mengaktifkan akun Belajar.id, boleh diaktifkan terlebih dahulu yaa... 

Baik, kita lanjutkan tentang integrasi Canva ke Quizizz . Ada beberapa langkah yang dapat dilakukan antara lain sebagai berikut,

Langkah Pertama,
Masuk ke Canva untuk Pendidikan. Canva for Education 100% gratis untuk guru, siswa, dan sistem sekolah namun syaratnya harus sudah melakukan aktivasi akun belajar.id

Di Canva, ketik "Quizizz" atau "Teacher meme" di bilah pencarian. Teman- teman akan menemukan lebih dari 30 templat meme yang dapat disesuaikan yang siap diunggah di Quizizz. 


Kita bisa melihat semuanya dengan memilih see all



Pilih salah satu meme yang kita inginkan lalu edit meme tersebut dengan Customize. 


Kita dapat menambahkan nama atau foto, mengedit teks, menyisipkan grafik, dansebagainya. Selain itu kita dapat membuat meme untuk keberhasilan dan meme untuk kegagalan siswa dalam menjawab pertanyaan. 



Setelah selesai, klik "Bagikan" atau share di pojok kanan atas dan klik "unduh" desain yang sudah dibuat. 

Langkah kedua
Kita masuk ke akun Quizizz
Di Quizizz, klik "Memes" di bilah sisi kiri, lalu klik Buat Meme. 



Klik Buat meme



Beri nama kumpulan Meme yang kita buat sebelumnya di Canva


Tambahkan meme yang sudah kita buat tadi di Canva


Unggah meme dari template Canva yang baru disesuaikan, pastikan untuk menyertakan setidaknya satu opsi untuk tanggapan yang benar dan salah.



Selesai deh... Sekarang meme yang telah dibuat di Canva sebelumnya sudah masuk ke dalam Quizizz dan siap untuk digunakan saat kita menjalankan kuis.

Nah, Saat teman- teman menyelenggarakan Kuis secara Langsung berikutnya, jangan lupa aktifkan setelan "Tampilkan Meme" dan pilih koleksi template Canva yang sudah diupload.

Selamat Mencoba

Demikian Membuat Pembelajaran yang Menarik dengan Integrasi Canva dan Quizizz : Menambahkan Meme Canva di Quizizz. Ada yang sudah pernah mencoba sebelumnya? Bisa diceritakan yaa pengalamannya melalui kolom komentar di bawah...

Semoga Bermanfaat. 

No comments:

Post a Comment