2/12/2023

Mencoba Fitur Baru Paper Mode di Quizizz, Serunya Bermain Kuis Tanpa Menggunakan Perangkat Smartphone

Quizizz masih menjadi web tool terbaik untuk membuat kuis interaktif dengan tampilannya yang sangat menarik dan intuitif. Beberapa fitur baru Quzizz dikembangkan, salah satunya yang terbaru adalah Fitur Paper Mode. Fitur Paper Mode Quizizz merupakan fitur Quizizz yang berguna untuk memainkan kuis di kelas tanpa menggunakan perangkat smartphone.



Ada dua prinsip pada penggunaan Paper Mode pada Quizizz ini . 
  • Pertama, guru sebagai administrator harus memiliki aplikasi pada gawai atau smartphone-nya. Aplikasi Quizizz yang dimiliki guru digunakan sebagai pemindai dari kode yang akan dimiliki siswa. 
  • Kedua, Guru mencetak kode kartu untuk setiap siswa dimana setiap  kartu memiliki nomor siswa yang berbeda-beda sesuai urutan presensi Hal ini untuk memudahkan guru dalam melakukan penilaian. 
Fitur ini tentu akan meningkatkan interaksi antara guru dan siswa dalam kelas. Nah, seperti apa keseruannya, pertama- tama kita mulai langkah pembuatannya yaa...

Langkah Pertama, Setting Via Komputer atau Laptop
Buka Akun Quizizz teman- teman, lalu pilih salah satu kuis yang sudah teman- teman buat pada sidebar kiri dashboard melalui "Kuisku". Pada kuis yang telah teman- teman buat, pilih "Mode Kertas" atau Paper Mode



Teman- teman akan melihat tampilan pop up seperti pada gambar di bawah


Untuk pengisiannya, silahkan perhatikan keterangan berikut,



1. "Centang pada Print Kartu QR untuk siswa Anda". Langkah ini memungkinkan teman- teman untuk mencetak kartu yang nantinya akan dimiliki siswa dimana setiap  kartu memiliki nomor siswa yang berbeda-beda sesuai urutan presensi. Jangan lupa Unduh Aplikasi Quizizz melalui smartphone yang teman- teman miliki.

2. Klik pada tombol PDF untuk mencetak kartu berisi QR Code. Setiap  kartu memiliki nomor siswa yang berbeda-beda sesuai urutan presensi, jadi nanti bagikan kepada siswa menurut presensi mereka

Petunjuk Penggunaan

Oya, jelaskan juga kepada siswa tentang cara menjawab melalui QR Code-nya yaa karena itu termasuk unsur yang penting dalam memilih jawaban.

kartu yang dibagikan menurut nomor absen

3. Pilih kelas. Hal ini memungkinkan teman- teman memilih kelas yang akan bermain dalam kuis tersebut. Fitur kartu berisikan QR kode tersebut di atas juga berkaitan dengan pemilihan kelas. Oiya, pada update terbaru Quizizz, fitur nomor 3 ini sudah bisa memberi nama siswa, jadi pada saat melakukan pemindaian, terdapat nama siswa secara otomatis. 

Cara beri nama siswa mode kertas dilakukan dengan Klik "Tugaskan"

update terbaru Quiziz yang memungkinkan ketika scan gambar sudah bisa memberi nama siswa

Gunakan kelas yang sudah ada atau buat grup baru untuk mode kertas dengan klik "Buat"


Beri nama satu persatu siswa lalu klik "Simpan". 


4. Kalau pengaturan dan langkah- langkah pada nomor tiga sudah selesai, silahkan Klik Mulai

Langkah Kedua, Setting Via Smartphone
Sudah download aplikasi Quizizz nya ya?Langkahnya, Teman- teman dapat memulai untuk memindai menggunakan Smartphone yang dimiliki dengan cara buka aplikasi Quizizz lalu klik Mode kertas atau Paper Mode untuk memulai mengumpulkan/memindai jawaban siswa dengan mudah.


Silahkan Pindai setiap kartu yang dimiliki siswa dengan klik Memindai Respons


Instruksikan mereka untuk mengangkat kartunya dan secara otomatis pada layar smartphone juga akan tertera nama siswa 


Hasil dari kuis akan diketahui melalui laporan pada dashboard kuis di Quizizz



Menarik Bukan? Yuk Dicoba...

Itulah cara memanfaatkan fitur baru Paper Mode Quizizz. Ada pengalaman, atau pertanyaan dalam memanfaatkan mode tersebut? boleh sharing di kolom komentar yaa...

Semoga Bermanfaat. 

No comments:

Post a Comment