2/15/2023

Cara Mengatasi Beberapa Kendala Teknis saat Pendaftaran SNPMB 2023

Ada tiga jalur seleksi masuk perguruan tinggi negeri yaitu melalui sistem SNBP, SNBT 2023 dan jalur mandiri perguruan tinggi negeri. Jalur seleksi Nasional Berdasar Prestasi (SNBP) merupakan jalur seleksi berdasarkan hanya nilai akademik atau nilai akademik dan prestasi lainnya yang ditetapkan oleh masing-masing perguruan tinggi negeri. Sementara Jalur seleksi nasional berdasarkan tes (SNBT)  adalah jalur seleksi SNBT diambil berdasarkan hasil UTBK dan dapat ditambah dengan kriteria lain sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan PTN akademik,  PTN vokasi dan PTKIN yang bersangkutan. 

Pendaftaran SNBP 2023 saat ini masih dalam proses registrasi. Pendaftaran SNBP akan berlangsung selama dua minggu yaitu dimulai pada 14 Februari 2023 sampai dengan 28 Februari 2023. Panduan pendaftaran yang memuat segala proses pendaftaran dan penjelasan secara lengkap pun telah dirilis untuk memudahkan pada pendaftar dalam proses registrasi. 


Namun, terkadang dalam proses pendaftaran, pasti akan muncul berbagai kendala teknis seperti  eror ketika upload foto, kendala lupa email atau password, hingga kendala tidak menerima email aktivasi akun.

Image by <a href="https://pixabay.com/users/qimono-1962238/?utm_source=link-attribution&amp;utm_medium=referral&amp;utm_campaign=image&amp;utm_content=1875247">Arek Socha</a> from <a href="https://pixabay.com/?utm_source=link-attribution&amp;utm_medium=referral&amp;utm_campaign=image&amp;utm_content=1875247">Pixabay</a>
Source : Pixabay

Untuk mengatasi hal ini SNPMB telah membuat layanan Helpdesk Halo SNPMB. Terdapat beberapa artikel populer tentang kendala yang kerap terjadi dan juga penyelesaiannya.

Berikut rangkuman kendala yang mungin terjadi beserta penyelesaiannya dilansir dari layanan Helpdesk Halo SNPMB 2023 melalui laman  https://halo-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/ 

Pendaftar tidak menerima email aktivasi akun
Tidak menerima email aktivasi bisa jadi karena salah ketik ketika mengisikan alamat email ketika registrasi akun. Kasus ini banyak terjadi di setiap tahun. Mekanisme registrasi akun untuk mengatasi hal ini adalah sebagai berikut.
1. Siswa/sekolah melakukan registrasi dengan mengisikan data dan email.
2. Jika email benar maka email aktivasi akan dikirimkan ke inbox dan user dapat melakukan aktivasi. Akun aktif dan selesai.
3. Jika email benar tetapi tetap tidak menerima email aktivasi, maka siswa/sekolah dapat melakukan daftar ulang setelah 15 menit dari pendaftaran sebelumnya dengan email yang sama untuk mendapatkan email aktivasi yang baru.
4. Jika email salah, maka siswa/sekolah dapat menunggu 15 menit setelah pendaftaran yang pertama. Bisa menggunakan email yang benar untuk mendapatkan email aktivasi yang baru.

HTTP Error 500 atau Halaman Blank Ketika Upload Foto
Jika terjadi HTTP Error 500 atau halaman blank saat proses upload foto, maka dapat diperiksa dimensi foto. Dimensi foto yang tepat adalah ukuran  4x6 cm atau 8x12 cm, dengan ukuran filenya antara 80kb s.d 300 kb. 

Lupa email atau password
Jika pendaftar lupa password email maka dapat dilakukan reset password. Menu "lupa password" dapat ditemukan pada halaman  login portal SNPMB. Link untuk melakukan reset password akan dikirimkan ke email yang telah telah didaftarkan.

Tata cara dan format pengisian formulir portofolio
Portofolio merupakan syarat wajib bagi pendaftar yang memilih program studi bidang Seni dan Olahraga. Ketentuan dan format Portofolio setiap program studi dapat diunduh di laman http://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/.

Namun jika pendaftar masih belum menemukan jawaban atas permasalahannya, maka pendaftar dapat menanyakan pertanyaan spesifik melalui halaman Ticket Request di  


Semoga sukses.


No comments:

Post a Comment