2/08/2023

Skor TOEFL Rendah? Yuk Coba Atasi dengan Tips Berikut Ini!

Teman- teman, TOEFL merupakan salah satu tes kecakapan bahasa Inggris paling populer. Mengapa populer? Tes ini banyak digunakan sebagai prasyarat dalam berbagai kebutuhan misalnya saja keperluan dalam bidang akademis ketika melanjutkan kuliah ke luar negeri melalui beasiswa.

Yap, benar saja yaa teman- teman, salah satu contoh persyaratan skor TOEFL dalam beasiswa LPDP misalnya, mensyaratkan kemampuan bahasa Inggris TOEFL dengan skor minimal TOEFL ITP® 500, TOEFL iBT® 61 untuk pendaftar program magister dalam negeri atau pada program magister luar negeri dengan skor TOEFL iBT 80.


Tentu saja mencapai skor TOEFL dalam capaian tersebut bukanlah hal yang mudah, apalagi disyaratkan ujiannya melalui Educational Testing Service (ETS). Namun ada beberapa tips yang menjadi kunci untuk meningkatkan skor TOEFL teman- teman yaitu memanfaatkan strategi persiapan yang tepat. Seperti yang kita ketahui, soal-soal ujian TOEFL selalu mengikuti pola yang sama.

Oleh karena itu, jika teman- teman terbiasa dengan format ujian dan mengikuti teknik yang benar, yakinlah bahwa skor TOEFL teman- teman akan meningkat. Nah, berikut adalah beberapa tip berharga untuk membantu teman- teman dalam mempersiapkan TOEFL secara efektif dan tentu saja akan meningkatkan skor TOEFL kalian.

Ukur lebih dahulu Kemampuan Bahasa Inggris Teman- teman
Kita harus jujur dengan kemampuan  pemahaman bahasa Inggris kita. Sangatlah mustahil kita akan mendapatkan skor yang tinggi namun pemahaman bahasa Inggris TOEFL kita masih rendah. Belajar itu merupakan sebuah proses yang tidak hanya akan selesai dalam satu atau dua hari. Maka dengan mengetahui kemampuan bahasa Inggris kita, akan dapat kita ukur sejauh mana kemampuan dan mulai darimana kita belajar. Ingat yaa teman- teman, TOEFL bukanlah ujian yang murah loh, jadi persiapkan dengan baik sebelum beraksi, eh.. tes maksudnya. Jadi intinya mengidentifikasi tingkat bahasa Inggris sebelum mengikuti ujian membuat kita lebih percaya diri dan menghemat waktu serta uang.

Belajar dengan sumber yang berkualitas
Kita dapat belajar TOEFL melalui buku, kursus online atau melalui sumber lainnya. Tentu saja kita harus memastikan bahwa sumber tersebut memiliki kualitas  yang terbaik. Saat ini tersedia banyak sekali buku TOEFL yang bagus baik dalam materi maupun latihannya. Tersedia banyak buku TOEFL dari penerbit dalam negeri maupun luar negeri, silahkan dipilih yang terbaik. Kalau saya biasanya mencari bukunya melalui web toko buku Gramedia ya.. Teman- teman dapat buka melalui tautan web nya Disini

Cermati Pertanyaan dan Opsi yang Disediakan
Kadang kita merasa gugup saat mencoba ujian TOEFL. Oleh karenanya sikap yang terpenting adalah adalah menenangkan diri dan percaya diri. Sikap yang tenang akan membuat kita mampu memahami setiap pertanyaan dengan jelas dan menjawabnya dengan benar. Selain itu kita harus membaca pertanyaan dengan jelas dan meluangkan waktu untuk memahami artinya. Seringkali kita menemukan informasi tersirat atau tidak disebutkan secara langsung, seperti menanyakan makna kata yang dirujuk dalam teks yang maknanya mungkin tidak langsung terlihat dari bacaan tersebut. Dalam hal ini kita harus dapat menyimpulkan artinya. Baru kita pahami apa yang ditanyakan dan pastikan kita membaca semua pilihan jawaban dan memilih yang paling sesuai.

Melakukan Simulasi Tes
Banyak sumber persiapan TOEFL seperti buku dan kursus menyertakan tes latihan TOEFL iBT lengkap. Cara paling efektif untuk mengikuti tes latihan TOEFL adalah dengan mengikuti tes latihan di layar di komputer. Teman- teman dapat menemukan tes latihan di layar di salah satu buku persiapan TOEFL teratas seperti TOEFL iBT Barron, Panduan Resmi TOEFL iBT oleh ETS, maupun TOEFL iBT Prep Plus oleh Kaplan. Saat melakukan simulasi tes, kita biasakan saja mengerjakan tes seperti kita mengerjakan ujian sebenarnya dengan situasi yang tenang dan juga melengkapi setiap pertanyaan dengan jawaban yang sesuai. Selain sumber- sumber tersebut, dalam kursus TOEFL juga biasanya menyediakan simulasi tes lengkap dengan analisis baik kemampuan menulis, berbicara dan mendengar. 

Itulah beberapa tips meningkatkan skor TOEFL. Tentunya masih banyak yang belum bisa saya sebutkan. Namun pada intinya bahwa TOEFL bukanlah ujian yang mudah bagi sebagian besar dari kita. TOEFL memerlukan keterampilan yang baik dalam membaca, mendengarkan, berbicara, dan menulis bahasa Inggris dalam suasana akademik. Hal yang terbaik adalah persiapkan dengan matang TOEFL teman- teman apakah melalui kursus, buku, maupun latihan tes online. Dan akhirnya Good luck untuk persiapan TOEFL teman- teman dan raih Skor setinggi- tingginya...

Semoga Bermanfaat

No comments:

Post a Comment